Persepsi Siswa terhadap Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Kelas VII.3 di SMP Negeri 13 Pekanbaru Tahun pelajaran 2016/2017

Husni Sasmita

Abstract


This study aims to determine and describe student perceptions towards the 2013 curriculum on art and culture subjects (music arts) in Public Middle School 13 Pekanbaru. The perception in question is the response of students to the 2013 curriculum in the eye art and culture lessons (music arts). Based on the results of this study, it can be concluded that students in the State Junior High School 13 Pekanbaru in the 2016/2017 school year have a good perception 2013 curriculum. This is evidenced from 40 respondents, there are 10 students (25%) have a good perception, 18 students (45%) have fairly good perceptions high and there are 9 students (22.5%) who have poor / less high perceptions, 3 students (7.5%) have very poor perceptions.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

________________. 2013. Prosedur Penelitian. Cetakan kelimabelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Azwar, Saifuddin. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell. 2013. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dewi, Ervina. 2013. Persepsi Guru Pendidikan Seni Musik Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Musik di SMP Negeri Se-Kotamadya Yogyakarta. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FBS UNY.

Haryadi, Frans. 1978. Metode Pendidikan Seni Musik Untuk SD dan SMP. Jakarta: Depdikbud.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jamalus. 1998. Musik dan Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV Titik Terang.

Kusmayadi dan Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Memorita, Victoria. 2008. Persepsi Guru Pendidikan Seni Musik tentang Pelaksanaan KTSP Mata Pelajaran Seni Musik di SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FBS UNY.

Mujiyah, 1988. Persepsi Guru Tentang Pengembangan Program Belajar Mengajar Pada Guru-guru SD se-Kabupaten Sleman. DIY. Laporan Penelitian.Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2008. Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riduwan. 2005. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohman, Arif. 2009. Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.

Sadiman, dkk. 1990. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiarto. 2001. Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ketigabelas. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v1i1.6417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.