Evolusi Kurikulum Pendidikan di Indonesia dan Peran Teknologi Media Pendidikan
Abstract
Artikel ini membahas perjalanan evolusi kurikulum pendidikan di Indonesia sejak Kurikulum 1947 hingga Kurikulum Merdeka. Setiap kurikulum dianalisis berdasarkan latar belakang, tujuan, ciri khas, serta tantangan implementasinya. Selain itu, dipaparkan pula peran teknologi media pendidikan yang berkembang dari media sederhana seperti papan tulis dan proyektor hingga pemanfaatan pembelajaran daring dan artificial intelligence. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur dari dokumen resmi pemerintah, buku akademik, dan sumber daring. Hasil kajian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum di Indonesia mencerminkan adaptasi terhadap dinamika sosial, politik, ekonomi, serta perkembangan teknologi. Integrasi teknologi media pendidikan terbukti menjadi katalisator penting dalam efektivitas implementasi kurikulum.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.38018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
Diindeks oleh:

Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.