Optimalisasi Pelaksanaan Kurikulum Al-Azhar Mesir Melalui Multaqo Muallimin Azhari Di Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo
Abstract
Abstract: This study is motivated by the implementation of the Al-Azhar Curriculum in Indonesia. Based on this background, the research aims to analyze the implementation of the Al-Azhar Curriculum in Madrasah Aliyah (MA) at Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo and to examine the role of the Multaqo Muallimin Azhari approach in optimizing the implementation of the Al-Azhar Curriculum in the same institution. This research falls under the category of a Case Study with a Qualitative approach. The findings indicate that the planning of the Al-Azhar Curriculum involves collaboration among the foundation board, school principal, vice principal of curriculum, coordinators, and teachers. The Multaqo Muallimin has proven to be effective in enhancing teacher competence through regular training, evaluation, and program mapping. The implementation of the Al-Azhar Curriculum has been shown to provide significant academic value and global competitiveness when carried out systematically and professionally.
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pelaksanaan Kurikulum Al-Azhar di Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian bertujuan menganalisis Pelaksanaan Kurikulum Al-Azhar Mesir di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo dan menganalisis Multaqo Muallimin Azhari dalam mengoptimalkan pelaksanaan kurikulum Al-Azhar Mesir di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian Studi Kasus (Case study research) dengan metode Kualitatif. Temuan peneliti dalam penelitian ini perencanaan dan pelaksanaan kurikulum Al-Azhar dilakukan kerja sama oleh pihak yayasan, kepala madrasah, waka kurikulum, koordinator, dan pendidik. Multaqo Muallimin bisa dikatakan efektif dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan berkala, evaluasi, dan pemetaan program kerja. Kurikulum Al-Azhar Mesir ini terbukti memberi nilai tambah akademik dan kompetitif secara global bila diimplementasikan secara sistematis dan professional.
Keywords
References
Agustina, Aulia, Bahrani Bahrani, And Akhmad Ramli. 2024. “Analisis Dampak Supervisi Terhadap Kinerja Pendidik.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al Munadzomah 04.
Ahmad, Abdul Kadir. 2020. “Integrasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Al Azhar Asy Syarif Di Mtsn Al Azhar Asy Syarif Indonesia.” Jpg: Jurnal Pendidikan Guru 1 (3): 151. Https://Doi.Org/10.32832/Jpg.V1i3.3286.
Bawono, Icuk Rangga, And Rochmat Aldy Purnomo. 2023. Badan Layanan Umum Daerah Pengelolaan Sampah: Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Berbasis Lingkungan Dan Edukasi (Tpa Ble). Gracias Logis Kreatif.
Daga, Agustinus Tanggu, Safrul, Al Ghazali, Eka Sukmawati, And Muhammad Arsyad. 2025. “Studi Literatur Perbandingan Inovasi Dalam Sistem Pendidikan Berbasis Teknologi Modern Indonesia Dan Singapura.” Copyright @ Agustinus Tanggu Daga, Safrul, Al Ghazali, Eka Sukmawati, Muhammad Arsyad Innovative: Journal Of Social Science Research 5: 3995–4008.
Diniyyah Al-Azhar Tv, Diniyyah Al-Azhar Tv, Dir. 2021. Multaqo Muallimin Azhari Diniyyah Al-Azhar Jambi-Bungo-Tebo.
Fidayani, Eka Fitria, And Farikh Marzuki Ammar. 2023. “The Use Of Azhari Curriculum In Arabic Language Learning At Islamic Boarding School.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6 (1): 25–45. Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V6i1.2866.
Hadi, Abd, Asrori, And Rusman. 2021. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Cv. Pena Persada.
Hayat, Mardiatul. 2020. “Implementasi Kurikulum Al-Azhar Kairo Di Sd Azhari Islamic School Lebak Bulus Jakarta Selatan.” Al-Hikmah : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam 2 (1).
Hurriyah, Nur Khulailatul. 2023. “Manajemen Kurikulum Terintegrasi Antara Kurikulum Azhari Mesir, Kmi Gontor, Dan Kemenag Dalam Meningkatkan Tafaqquh Fi Al-Din Siswa (Studi Kasus Di Madrasah ’Aliyah Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 Singosari Malang).” Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Jumari. 2020. “Evaluasi Model Cipp Pada Program Sekolah Ramah Anak.” Prosiding Knpi: Konferensi Nasional Pendidikan Islam.
Lasiyono, Untung, And Wira Yudha Alam. 2024. Metode Penelitian Kualitatif. Mega Press Nusantara.
Muflikhun. 2020. “Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren Modern Di Smait Al-Kahfi Bogor.” Tesis, Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Muhamad, Safril, Arif Budi Rahardjo, And Firman Mansir. 2023. “Penerapan Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Di Sdit Alam Nurul Islam Yogyakarta.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V12i02.3161.
Naila Putri, Zahra Prameswari. 2024. “Komponen Dan Filosofi Perencanaan Pembelajaran Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 3.
Panigoro, Rifian, Ekrayanti Lawanga, And Nurfia Alista Pakaya. 2022. “Membangun Generasi Qur’ani: Kajian Implementasi Kurikulum Al-Azhar Kairo Mesir Di Azhari Islamic School Gorontalo.” Irfani:Jurnal Pendidikan Islam 18. Https://Journal.Iaingorontalo.Ac.Id/Index.Php/Ir/Article/View/3002/1547.
Pratama, Bagus Aji, Trisno Martono, And Sudarno. 2022. “Efektivitas Implementasi Kurikulum International Baccalaureate (Ib) Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Al Firdaus Sukoharjo.” Bise: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi 8.
Putri, Eka Julia, Marhatul Fatwa, Nurul Anjani Daulay, And M. Abdillah Khairi. 2024. “Evaluasi Penilaian Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Journal Of Creative Student Research 2.
Ramadianti, Astria Ayu. 2023. Analisis Global Implementasi Kurikulum Cambridge Dalam Dunia Pendidikan.
Sulistiyo, Urip. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Pt Salim Media Indonesia.
Ulya, Azizah, And Nurdyansyah Nurdyansyah. 2024. Implementasi Kurikulum Azhari Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ma Darul Fikri. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Https://Doi.Org/10.21070/Ups.6410.
Yaniawati, Poppy, And Rully Indrawan. 2024. Metodologi Penelitian: Konsep, Teknik, Dan Aplikasi. Pt Refika Aditama.
Yusuf, Achmad. 2021. Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius Di Pesantren Ngalah Pasuruan - Rajawali Pers. Pt. Rajagrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i2.37956
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:

Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.