Transformasi Pembelajaran PAI dalam Era Merdeka Belajar: Studi Pendekatan Pembelajaran Mendalam di SMP Muhammadiyah Margasari
Abstract
Pendekatan Pembelajaran Mendalam merupakan strategi penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses transformasi pembelajaran PAI, tantangan dan peluang implementasi pendekatan pembelajaran mendalam, serta pengaruhnya terhadap pemahaman dan partisipasi siswa di SMP Muhammadiyah Margasari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, dilengkapi teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam telah membawa perubahan signifikan dalam pembelajaran PAI, baik dari segi pemahaman konseptual maupun partisipasi aktif siswa. Siswa tidak hanya memahami nilai-nilai agama secara teoretis, tetapi juga mampu merefleksikan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa tantangan seperti perlunya pelatihan guru dan penguatan infrastruktur digital. Secara keseluruhan, pendekatan pembelajaran mendalam berpotensi menjadi model pembelajaran PAI yang efektif dalam mendukung visi Merdeka Belajar. Sebagai saran, diperlukan peningkatan kapasitas guru dan pengembangan modul berbasis proyek untuk memperkuat implementasi pembelajaran
Keywords
References
Arifuddin, Yosi, N., & Marlina. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 70–78. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i1.717
Deny Khusnul, K., & Muhammad Rohmad, A. (2025). Analisis Pendekatan Deep Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMKN Pringkuku. 5, 866–879.
Hasibuan, A. R. G., Amalia, A., Resky, M., Adelin, N., Muafa, N. F., & Zulfikri, M. A. (2024). Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka (Tinjauan Holistik Paradigma Ki Hajar Dewantara Sebagai Pendekatan). NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 663–673. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2287
Kemendikdasmen. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam: Menuju Indonesia Bermutu untuk Semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet. Ke-38). PT Remaja Rosdakarya.
Murdilah, U., Mira, & Farhurohman, O. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3.
Mutmainnah, N., Adrias, & Aissy Putri Zulkarnain. (2019). Implementasi Pendekatan Deep Learning Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bahasa Indonesia, 17, 87–98.
N.K. Widiastini, I.M.Sutama, & I.N.Sudiana. (2023). Penerapan Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2220
Nurdini, Setiadi, K., Fratiwi, N. J., Septiani, S., Hidayati, W., & dkk. (2024). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI ERA (A. C. Purnomo (ed.)). PT Sada Kurnia Pustaka.
Putri, S. V., Putri, S. V., Gadang, A. B., Tangah, K. K., Padang, K., & Barat, S. (2025). Pengaruh Desain Pembelajaran Terhadap PAI Prestasi Belajar dan Karakter Siswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang , Indonesia. 3.
Santiani, Effendi, Salam, Fathur Rahman, R., & Erniati, B. (2025). Transformasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Sarwandi (ed.); Cet. Perta). PT. Mifandi Mandiri Digital.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (S. Y. Suryandari (ed.); Cet. Kedua). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. Ke-12). PT Remaja Rosdakarya.
Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. 2(2), 69–77.
Tian, X., Park, K. H., & Liu, Q. (2023). Deep Learning Influences on Higher Education Students’ Digital Literacy: The Meditating Role of Higher-order Thinking. International Journal of Engineering Pedagogy, 13(6), 33–49. https://doi.org/10.3991/ijep.v13i6.38177
Ulill Amri, M., & Badrus, Z. (2025). Tinjauan Pendekatan Pembelajaran Mendalam Kemdikdasmen Perspektif Pendidikan Islam. 5(1), 75–85.
Vasile, C. (2024). Do we still need deep learning? Journal of Educational Sciences & Psychology, 14 (76)(1), 1–3. https://doi.org/10.51865/jesp.2024.1.01
Wijaya, S., Syarif Sumantri, M., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495–1506. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450
Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini (Cet. Ke-1). Selat Media. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Zuariah, S. K., Khoirany, N. S., Nurantika, R., & Rahmani, S. N. (2024). Tantangan Guru Dan Siswa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. 2(03), 172–179. https://doi.org/10.58812/spp.v2i03
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i2.37448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:

Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.