Evaluasi Pelaksanaan Program Pencegahan dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dari Bullying dan Kekerasan Seksual di MTs Nurul Huda Jakarta

Dedi Muliadi, Syaibatul Aslamiyah, Mega Mesra Resmi, Dede Rosyada, Popi Puadah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program pencegahan bullying dan kekerasan seksual di MTs Nurul Huda Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan instrumen berupa kuesioner. Sampel terdiri dari 80 siswa, 10 guru, dan 5 staf sekolah yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pencegahan telah dilaksanakan dengan cukup baik, dengan skor rata-rata 78,6% (kategori "baik"). Namun, terdapat kelemahan dalam aspek pelaporan kasus dan konseling lanjutan. Rekomendasi ditujukan pada penguatan sistem pelaporan dan peningkatan keterlibatan siswa dalam kampanye anti-kekerasan. Selain itu, partisipasi aktif guru dan tenaga kependidikan perlu ditingkatkan agar program pencegahan dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan. Perlu adanya evaluasi rutin serta integrasi program ke dalam kurikulum untuk membangun budaya sekolah yang aman dan peduli. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak sekolah, pemerintah, serta lembaga terkait dalam menyusun strategi pencegahan kekerasan berbasis satuan Pendidikan.


Keywords


bullying, kekerasan seksual, program pencegahan, lingkungan belajar, evaluasi program.

References


Ady Dharma, D. S. (2023). Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif di Sekolah. SPECIAL Special and Inclusive Education Journal, 3(2), 115–123. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no2.a6642

Devi, R. S., Mulyasari, E., & Anggia R, G. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 517–526. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.669

Hajaroh, M. (2019). POHON TEORI EVALUASI KEBIJAKAN DAN PROGRAM (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). Foundasia, 9(1), 27–42. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26149

Indonesia, K. P. dan K. R. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Republik Indonesia, 53, 16. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_82_15.pdf

Iskandar, A. A., & Nur, S. (2023). Kajian Sosiologi Terhadap Problematika Bullying Dan Kekerasan Seksual Di Dunia Pendidikan. Sawerigading : Journal Of Sosiology, 2(1), 1–11.

Marfu’ah, U., Rofi’ah, S., & Maksun. (2021). Sistem Pencegahan Dan Penanganan KekerasanSeksual Di Kampus. Kafa’ah Journal, 11(1), 95–106. http://kafaah.org/index.php/kafaah/index

Putri, H. A., & Hibana. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 754–767. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.14536

Rahmawati, I. S. (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128–136. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229

Rusdianah, E., & Widiarini, R. (2019). Eavluation of the healthy Indonesia program with the family approach (PIS-PK): a case study at primary health service. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 8(4), 175–183. https://jurnal.ugm.ac.id/jkki/article/view/50710

Setyorini, S. (2023). Penerapan Cognitive Behavioral Dalam Mengatasi Masalah Bullying Pada Remaja. Jurnal Konseling Gusjigang, 9(1), 155–165. https://doi.org/10.24176/jkg.v9i1.8890

Sidauruk, A. D. B. (2023). Kedudukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Sebagai Lembaga Negara Independen Dalam Perlindungan Hak-Hak Anak di Indonesia: Analisa Perbandingan Lembaga Negara Anak di Tiongkok dan Britania Raya. Neoclassical Legal Review: Journal of Law and Contemporary Issues, 2(1), 23–35. https://doi.org/10.32734/nlr.v2i1.11386

Unesco. (2021). Inklusi dan Pendidikan: Semua Berarti Semua. Https://Unesdoc.Unesco.Org/Ark:/48223/Pf0000380076_Ind, 35.

Wa, O. :, Meliyani, O., Filsafat, H., Pendidikan, S., Pendidikan, K., &

Uny, F. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak (Sra) Di Smp Negeri 17 Kendari, Sulawesi Tenggara Implementation of the Child-Friendly School (Cfs) Policy in Smp Negeri 17 Kendari, Southeast Sulawesi. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(2), 174. https://www.inews.id/

Wafa, Z., Dewi Kusumaningtyas, E., & Sulistiyaningsih, E. F. (2023). Peran Sekolah Dalam Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Grobogan. Journal of Elementary Education Edisi, 7(3), 2614–1752.

Zahroh, F. L., Hilmiyati, F., & Banten, H. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan. 1052–1063. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.36585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.