Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta

Rossalina Eka Putri, Dartim Dartim

Abstract


Penelitian dilaksanakan guna menganalisis peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam, menerapkan metode penelitian kualitatif, peneliti menghimpun data melalui observasi dan sekaligus melakukan wawancara bersama kepala sekolah secara langsung di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Kepala sekolah melakukan peningkatan supervisi akademik pembelajaran PAI, melakukan peningkatan profesionalisme guru PAI, mengadakan berbagai pembiasaan keagamaan serta berkolaborasi bersama orang tua peserta didik untuk dapat mempengaruhi peningkatan mutu PAI di sekolah. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Jika kepala sekolah sebagai supervisor dapat menjalankan perannya tersebut dengan baik, mutu pendidikan PAI di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta berpotensi mengalami peningkatan. TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Malay Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Malay to English
Never translate Malay
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Supervisor, Principal Supervision, Quality Of Islamic Religious Education

References


Ahmad, Syarwani. 2013. “Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 17(1): 127–47. doi:10.21831/pep.v17i1.1365.

Andiarini, silvya eka, imron arifin, and ahmad nurabadi. 2018. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan.” Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan 1(2): 238–44.

Asrita, Riswel. 2022. “Asrita. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97.” Hijri 11(2): 159.

Bahiyah, Umamatul, and Septi Gumiandari. 2024. 4 General and Specific Research Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Melalui Aplikasi Plotagon Pada Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/744/784.

Dewi, Putri Puspa, Junaidi, Wedra Aprison, and Charles. 2022. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI Di SMA Negeri 1 Tigo Nagari.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4): 5834–42.

Hasanah, Miftahul Laili, and Muhammad Kristiawan. 2019. “Supervisi Akademik Dan Bagaimana Kinerja Guru.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3(2): 97. doi:10.29240/jsmp.v3i2.1159.

Hidayatullah, U H, M Afifulloh, and ... 2022. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agam Islam Di SMP Raudlatul Muta’allimin.” Vicratina: Jurnal Ilmiah … 7(1991).

Istanto, I, and P Pertiwi. 2022. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar.” Proceeding Annual Conference on … 2(April): 517–28.

Istanto, Istanto. 2022. “Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 16(6): 1991. doi:10.35931/aq.v16i6.1256.

Jadidah, Amatul. 2021. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam: Problematika Dan Solusi.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 6(1): 65–82. doi:10.55187/tarjpi.v6i1.4347.

Kepala, Peran, Sekolah Dalam, Meningkatkan Kualitas, Guru Pendidikan, Agama Islam, Di Smp, and Al- Ikhlas Pekanbaru. “208-Article Text-548-1-10-20210225.” 9(2): 150–61.

Marfinda, Elvi. 2022. “Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Danperankomitesekolahterhadapkinerjaguru.” ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik 2(3): 238–48.

Negeri, Pendidikan Menengah. 2018. “Jl. Colombo No. 1, Depok, Sleman 55281, Yogyakarta, Indonesia *.” 6(2): 183–92.

Panji, Aji Luqman. 2023. “Supervisi Akademis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 009 Penajam Kab . Penajam Paser Utara.” 06(01): 10355–68.

“PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBINA PROFESIONALISME GURU Fitriani 1.” 2019. (1): 730–44.

Qoridah, I A, and D Dartim. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 7 Karanganyar(The Role of Islamic Religious Education Teachers in Improving Islamic Religious Learning Activities at SMP Muhammadiyah 7 Karanganyar).” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan … 8(4). https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/26354%0Ahttps://jim.usk.ac.id/sejarah/article/download/26354/12437.

Raberi, Ariyadi, Happy Fitria, and Yessi Fitriani. 2020. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Al-Qiyam 1(1): 11–20. doi:10.33648/alqiyam.v1i1.123.

Rifki Solana, Muhammad, and Dea Mustika. 2023. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Pendidikan.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 406–18. doi:10.37985/murhum.v4i1.231.

Sayuti, Fauzi. “Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Fauzi Sayuti (Dosen Stai Al-Khairat Pamekasan).”

Supervisi, Peran, Kepala Sekolah, Meningkatkan Kinerja, Guru Pendidikan, Jurusan Pendidikan, Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, and D A N Ilmu. 2017. “Oleh : ARDIK NURCAHYANI NIM : 210313165.”

Suradi, A. 2018. “Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Academic Supervision of Headmaster on Teacher Performance of Islamic Religious in Elementary School 79 Bengkulu City.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 5(1): 13–29.

Thahir, Muthahharah, Ananda Rachmaniar, and Wahyuni Thahir. 2024. “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik.” Indonesian Journal of Educational Counseling 8(1): 99–107. doi:10.30653/001.202481.343.

Waliudin, Achmad Shaffan, Prim Masrokan Mutohar, and Binti Maunah. 2023. “Peran Dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Guru Pada Sman 1 Srengat Kabupaten Blitar.” SKILLS : Jurnal Riset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam 1(2): 88–95. doi:10.47498/skills.v1i2.1425.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.36491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.