Modul Tajwid TPACK di PAI: Pengaruh terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1993–2000. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.703
Agustina, N., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran Pada FKIP-Universitas Baturaja. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 83. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i9.713
Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 167–176. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4241
Arikunto, Prof. Dr. S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Kelima Bel). Rineka Cipta.
Bambang Styacipta. (2016). Pemanfaatan Informasi Hasil Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran. In Pusat pengembangann dan pemberdayaan Pendidikan dan yenaga Kependidikan Seni dan Budaya, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (Pertama). Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
Bruno, L. (2019). Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699).
Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26
Gito Supriyadi, M. P. (2011). Pengantar Teknik Evaluasi Pembelajaran (Cetakan pe). lntimedia Press.
Istuningsih, W., Baedhowi, B., & Bayu SANGKA, K. (2018). The Effectiveness of Scientific Approach Using E-Module Based on Learning Cycle 7E to Improve Students’ Learning Outcome. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 75–85. https://doi.org/10.24331/ijere.449313
Lestari, R., Faelasofi, R., & Suminto, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Numerasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh. JURNAL E-DuMath, 7(2), 42–50. https://doi.org/10.52657/je.v7i2.1543
Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997
Miftahurrohmah, & Fatimah, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI SHALAT PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII SMP ISLAM ULIL ALBAB. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.33507/.v1i1.300
Muhamad Kamil, M. N. F. B., & Nik Yusoff, N. M. R. B. (2022). Penggunaan Modul dalam Meningkatkan Penguasaan Makhraj Huruf Hijaiyah Murid Tahun 1. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(3), e001391. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i3.1391
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3073
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Nabillah Tasya & Abadi Agung Prasetyo. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.
Nanda Putri, W., & Afrizon, R. (2020). Analisis Validasi Modul Fisika Bermuatan Literasi Saintifik Pada Materi Gerak Lurus Dan Gerak Parabola. Physics Education, 13(1), 185–192.
Nevrita, N., Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709
Nursa’ban, E., Ewisahrani, E., & Fathurrahmaniah, F. (2021). Penggunaan Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i2.2004
Oktaviyanti, I., & Rosyidah, A. N. K. (2019). Korelasi Antara Hasil Tes Lisan Dengan Hasil Tes Tertulis Pada Mahasiswa Pgsd Unram. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.33366/ilg.v2i1.1514
Pabisa, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul dan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kejar Paket B di Kabupaten Barru. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1269. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.5112
Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 21–25. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Ilmiah Curere, 4(1), 33–42.
Prayoga, T., Ajar, B., Pembelajaran Bagian, P., Pembelajaran, P., & Priambodo, Y. (2016). Teknik Penyusunan Modul Related papers langkah langkah pembuat an modul Harpaariht a Tarigan. 1–7.
Prof. Jogiyanto HM.,Akt.,MBA, Ph. D. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informatika (Pertama). Andi Offset.
Rima Arini, dkk. (2021). Identifikasi Profil Hasil Belajar Siswa Ditengah Pandemic Covid-19 Terhadap Pembelajaran IPA Berbantuan Aplikasi Google Form. Vol 4, No 1 (2021). https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8480
Rohmah, N. (2015). Psikologi Pendidikan (Sutomo, Ed.; Pertama). Kalimedia.
Salsabila, N., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (e-Module) Kimia berbasis Kontekstual sebagai Media Pengayaan pada Materi Kimia Unsur. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(2), 103–111. https://doi.org/10.21009/JRPK.092.07
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA; STUDI LITERATUR. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250
Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797–802. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Suciati, D. (2019). Integrasi Teori dan Praktek Pembelajaran (keenam). Universitas Terbuka.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (ke Sembila). Alfabeta.
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan TPACK ( Technological, Pedagogical, and Content, Knowladge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Syamsussabri, M., Sueb, S., & Suhadi, S. (2019). Kelayakan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Environmental Worldview dan Environmental Attitudes. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1207. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12709
Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291
Ulfa, S. W. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biolokus Jurnal Biolokus, 1(1), 1–10.
Siregar, S. M., & Lubis, M. A. (2020). The Effect of TPACK-Based Module on Students' Understanding of Mathematics Concepts. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 5(2), 121-128.
Rahmadani, Y., & Nasution, A. H. (2019). The Implementation of TPACK-Based Module in English Learning on Students' Speaking and Writing Skills. Journal of Language Teaching and Research, 10(1), 75-82.
Aini, N. (2021). The Implementation of TPACK-Based Module in Biology Learning on Students' Concept Understanding and Practical Skills. Journal of Biology Education, 2(1), 20-28.
Sari, R. P., & Lestari, D. A. (2018). The Impact of TPACK-Based Module on Students' Achievement and Motivation in Physics Learning. Journal of Physics Education, 7(2), 102-109.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.35914
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:

Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.