Pengembangan Website EDU STEM EDP untuk Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar

Elsa Ayu Humaira, Astri Sutisnawati, Din Azwar Uswatun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kelayakan dan efektivitas media pembelajaran website berbasis STEM EDP dalam meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Data diperoleh melalui angket, tes praktik, dan wawancara. Hasil validasi menunjukkan nilai 86% dari ahli dengan kategori sangat layak, 81% dari praktisi, dan 81% dari siswa dengan kategori layak. Literasi digital siswa meningkat signifikan, dengan rata-rata skor awal 20,67 menjadi 39,77 setelah menggunakan media, dan N-Gain sebesar 0,6436 atau 64% dengan kategori cukup efektif. Media ini terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Website ,STEM ,EDP, Literasi Digital, Abad-21

References


Abdul Sakti. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. 7.

Darniyanti, Y., Hader, A. E., & Putri, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SD.

Fadhilah, P. N., Wardatussaidah, I., & Wardhani, P. A. (2024). Analisis Pendekatan Steam Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar Kelas V. 09.

Faizah, N., Septiana, D., & Yulianty, R. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Stem Di Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Ipa. 3(2).

Lutfiah, D. (2023). Penggunaan Aplikasi Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Ipas Kelas 4 Sdn Ngaglik 01 Batu. 2.

Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). Efektifitas Aplikasi Website Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Akademika, 11(02), 283–294. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0.

Mu’minah, I. H. (2020). Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 2. 5.

Nisa, N. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar. 05(01).

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Panjaitan, D. J., Ridwan, M., & Aprilia, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1524. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4875

Rahma, S. R., Nanda Faradita, M., & Ayu Afiani, K. D. A. A. (2024). Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPAS Sekolah Dasar kelas V pada Kurikulum Merdeka: Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 231–241. https://doi.org/10.37150/perseda.v7i3.2505

Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Instructional Development Journal (IDJ)

Ressi, M., Saihan, & Usriyah, L. (2024). Pengelolaan Pendidikan Moral dan Keterampilan Abad Ke-21 untuk Meningkatkan Daya Saing di Dunia Digital (Kecerdasan Buatan). Instructional Development Journal (IDJ), 7(3), 533–545.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Saidah, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website.

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155

Sapphira, A. P. V., & Wahyuningsih, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process (Edp) Berbasis Stem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. 12(3).

Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327–3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962

Suswandari, A. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran STEM Bagi Siswa dalam Meningkatkan Literasi Digital Keterampilan di Sekolah Dasar.

Sutisnawati, A., Hamidah Suryani Lukman, & Elnawati. (2022). Pengembangan Aplikasi Kopi D’lima Untuk Pembelajaran Merdeka. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1582–1592. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3268

Syukri, M., Halim, L., Mohtar, L. E., & Soewarno, S. (2018). The Impact of Engineering Design Process in Teaching and Learning to Enhance Students’ Science Problem-Solving Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 66–75. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12297

Widiyanti, I., Putra, P. D. A., & Anggraeni, F. K. A. (2021). Pengembangan UKBM Dengan Pendekatan Engineering Design Process (Edp) Untuk Meningkatkan Literasi Stem Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(3), 83. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i3.25272

Wijanarti, W., Degeng, I. N. S., & Untari, S. (2019). Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 393. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12161

Zhan, X., Sun, D., Wan, Z. H., Hua, Y., & Xu, R. (2021). Investigating Teacher Perceptions of Integrating Engineering into Science Education in Mainland China. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(7), 1397–1420. https://doi.org/10.1007/s10763-020-10117-2

Zulqadri, D. M., & Nurgiyantoro, B. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Dan Literasi Digital Siswa Kelas V SD/MI. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 25(1), 103–120. https://doi.org/10.17933/iptekkom.25.1.2023.103-120




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.35476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.