Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak, Budaya Religius terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di MAN 2 Agam Kecamatan Tilatang Kamang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis pengaruh kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Agam, Untuk menganalisis pengaruh budaya religious terhadap kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Agam, Untuk menganalisis signifikan Pengaruh kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak dan budaya religious terhadap kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data siswa di MAN 2 Agam Kecamatan Tilatang Kamang dengan Jumlah responden 181 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda. Penelitian menyimpulkan bahwa: Hasil pengujian B (koefisien) sebesar 0,124 dan uji “t” pada hipotesis I sebesar 2.749 ini berarti thitung > ttabel sebesar (2.749 > 1.973) dan signifikansi t lebih kecil dari 0,05 (0.007 < 0,05 ) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak (X1) berpengaruh signifkan terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa (Y) MAN 2 Agam Kecamatan Tilatang Kamang, hipotesis II pengujian nilai B sebesar 0,556 pengujian uji “t” (6.911 > 1.973) dan signifikansi (0,000 < 0,05) maka Budaya Religius (X2) berpengaruh terhadap Kecerdasan Spiritual siswa (Y) MAN 2 Agam Kecamatan Tilatang Kamang, dan Hipotesis III hasil Uji R adjusted Square sebesar 0, 431 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara Bersama-sama Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak (X1) dan Budaya Religius (X2) terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa (Y) di MAN 2 Agam Kecamatan Tilatang Kamang dengan presentase 43% sedangkan 57% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack This page is in Indonesian Translate to English- Afrikaans
- Albanian
- Amharic
- Arabic
- Armenian
- Azerbaijani
- Bengali
- Bulgarian
- Catalan
- Croatian
- Czech
- Danish
- Dutch
- English
- Estonian
- Finnish
- French
- German
- Greek
- Gujarati
- Haitian Creole
- Hebrew
- Hindi
- Hungarian
- Icelandic
- Indonesian
- Italian
- Japanese
- Kannada
- Kazakh
- Khmer
- Korean
- Kurdish (Kurmanji)
- Lao
- Latvian
- Lithuanian
- Malagasy
- Malay
- Malayalam
- Maltese
- Maori
- Marathi
- Myanmar (Burmese)
- Nepali
- Norwegian
- Pashto
- Persian
- Polish
- Portuguese
- Punjabi
- Romanian
- Russian
- Samoan
- Simplified Chinese
- Slovak
- Slovenian
- Spanish
- Swedish
- Tamil
- Telugu
- Thai
- Traditional Chinese
- Turkish
- Ukrainian
- Urdu
- Vietnamese
- Welsh
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, A. G., & Emosi, R. S. M. K. (2001). Emotional Spiritual Quotient: Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.
Akhyar, M., & Kosim, M. (2024). Gagasan Pembaharuan Pendidikan Islam Berkemajuan Perspektif KH Ahmad Dahlan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(1), 1–19.
Akhyar, M., Zakir, S., Ilmi, D., & Febriani, S. (2024). Evaluation Of The Implementation Of The Lecture Process For Postgraduate PAI Students At UIN Imam Bonjol Padang In The Digital Era. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 16(1), 14–32.
Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.
Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2014). Komplemen Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Integratif Pelengkap Manajemen Pendidikan Islam. Teras.
Farid, S. (2021). Manajemen Pondok Pesantren Al-Badar Bilalang dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri MTS. IAIN Parepare.
Hafiz, A., Romdaniah, L., Nizar, R. A., Mauliza, S., Nata, A., & Mu’ti, A. (2023). Teori Pendidikan Ibn Sina dan Jean Piaget: Perbandingan antara Perkembangan Kognitif dan Pertumbuhan Usia Peserta Didik. Rayah Al-Islam, 7(3), 1268–1285.
Juandi, A., & Sontani, U. T. (2017). Keterampilan dan kreativitas mengajar guru sebagai determinan terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 130.
Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156.
Mulyasa, E. (2019). Standar kompetensi dan sertifikasi guru.
Nasution, N., & Suriani, C. (2016). Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma N. 1 Kualuh Leidong Kabupaten Labuhan Batu Utara TP 2015/2016. Jurnal: Pelita Pendidikan, 4(2).
Nurjanah, S. (2021). Pengaruh Budaya Religius terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas Atas MI Nurul Huda Margorejo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(2), 193–200.
Nursyamsi, N. (2014). Pengembangan Kepribadian Guru. Al-Ta Lim Journal, 21(1), 32–41.
Rochman Chaerul. (2017). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. nuasansa Cendekia.
Sahlan, A. (2010). Mewujudkan budaya religius di sekolah: upaya mengembangkan PAI dari teori ke aksi. UIN-Maliki Press.
Suharsono. (2005). Melejitkan IQ, IE dan IS. Inisiasi Press.
Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah.. dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110.
Tebba, S. (2004). Kecerdasan Sufistik. Kencana.
Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.32079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.