Pendidikan Agama Islam dan Pencegahan Pergaulan Bebas di SMP Swasta Bandung

Ibnu Aulaz, Miswar Rangkuti

Abstract


Pergaulan bebas merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang dari norma agama dan sosial yang sering dihadapi disetiap jenjang lembaga pendidikan. Namun, pada kenyatannya masih terdapat banyak guru yang belum bisa memberikan upaya dalam mencegah pergaulan bebas tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru PAI dalam mencegah pergaulan bebas, tepatnya di SMP Swasta Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan: reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru PAI sudah memberikan upaya-upaya untuk mencegah para siswa terjerumus kedalam pergaulan bebas. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan pendekatan individual dan bekerja sama dengan pengajar dan konselor, memberikan arahan tentang pentingnya kehidupan yang damai dalam kehidupan sehari-hari, tidak berperang satu sama lain dengan menanamkan empati dan keragaman sosial, memberikan sanksi bagi siswa yang merokok, bolos dan yang berkelahi. Selain itu, upaya seperti sholat berjamaah, mengaji dan menulis Al-Qur`an serta saling menghormati satu sama lain selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Spritual, Program, Kegiatan Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Verdian Septriadi. (2016). PERILAKU MEROKOK SISWA SMP DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus Siswa SMP di Kota Pekanbaru). JOM FISIP, 3(1), 1–16.

Andayani, L., Sos, S., & Kadir, A. R. (2022). DAMPAK PERGAULAN BEBAS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DI KALANGAN MAHASISWA FESSOSPOL UNIVERSITAS SAINS DAN TEKNOLOGI JAYAPURA. Jurnal Jendela, 10(01), 1–7.

Ash-Shan’ani, M. bin I. A.-A. (2008). Subul As-Salam Syarb Bulugh Al-Haram. Darus Sunnah Press.

Astuti, A., & Putri, A. (2022). Studi Tentang Peserta Didik Yang Sering Membolos Pada Pembelajaran Daring Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2536), 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.59185

Bisman Ritonga; Ahamd Syahri Mubarak; Hasan Basri. (2023). Pendekatan Humanistik dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Murabbi, 8(2), 12. https://doi.org/doi: https://doi.org/10.35891/amb.v7i2.3046

Denni Dahlan dan Heri Tahir. (2014). TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP PERKELAHIAN KELOMPOK DI KELURAHAN BARAYA KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR. TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn), 1(1), 1–13.

Dina Lestari dan Muqowim. (2020). PENGEMBANGAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 77–85.

Dwi, F., & Mukti, W. (2019). KENAKALAN REMAJA ( JUVENILE DELINQUENCY ) : SEBUAH STUDI KASUS PADA REMAJA LAKI-LAKI YANG TERJERAT KASUS HUKUM. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 6(1), 1–9.

Emil Diana, F., Pandang, A., & Saman, A. (2023). Perilaku Membolos Dan Penanganannya: Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Enrekang Ditching Behavior and Handling: A Case Study of Junior High School Students in Enrekang Regency. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 3(4), 143–149.

Hadi, S. (2022). Peranan Guru PAI Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Pembiasaan Pada Siswa SMP Negeri 10 Mukomuko - Bengkulu. Urwatul Wutqo, Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 11(1), 81–96.

Hamka. (2015). Tafsir al-Azhar Jilid 1: Diperkaya dengan Pendekatan Sejarah, Sosiologi. Gema Insani.

Hamka. (2020). Tafsir Al-Azhar Jilid 6. Gema Insani.

Jamal, H., Abdullah, A. Z., Abdullah, M. T., Epidemiologi, B., Masyarakat, F. K., Hasanuddin, U., Kespro, B., Masyarakat, F. K., & Hasanuddin, U. (2020). Determinan Sosial Perilaku Merokok Pelajar di Indonesia : Analisis Data Global Youth Tobacco Survey Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(3).

Kementrian Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemah. PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mahdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Hadis, 2(2), 143–168.

Matthew B. Miles, A. M. H. dan J. S. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage Publication, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press,.

Moh. Jalaluddin dan Abdul Aziz. (2022). PERGAULAN BEBAS GENERASI MUDA DALAM PERSPEFKTIF HUKUM ISLAM (ALQUR’AN). Al Irsyad: Jurnal Studi Islam, 1(1), 41–56.

Muharram, H. Z., Prathama, A. G., Psikologi, F., & Padjadjaran, U. (2022). Identifikasi Faktor Risiko Kenakalan Remaja pada Komunitas Kampung Kota yang Terdampak Penggusuran. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 6(1), 92–111. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.2738

Nabilla Amalia dan Arlina. (2023). The Role of Islamic Religious Education Teachers in Preventing Juvenile Delinquency at Budi Agung Private High School Medan. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 7(2), 3676–3684.

Observasi. (2024). di Linkugan Sekolah SMP Swasta Bandung.

RI, K. A. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Al-Hadi Media Kreasi.

Sendy Agus Setyawan et al. (2019). Pergaulan Bebas di Kalangan Maha. Law Research Review Quarterly, 5(2), 135–158.

Simorangkir, J., Agustina, W., Nababan, M. L., & Simamora, M. R. (2022). Menggali Potensi Diri Remaja Sebagai Kunci Sukses Masa Depan. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 217–221.

Sisi Renia Alviani dan Yani Osmawati. (2021). Tinjauan Teori Kriminologi Kultural terhadap Pemaknaan Tawuran: Studi Kasus Tawuran di Wilayah Manggarai, Jakarta Selatan. DEVIANCE JURNAL KRIMINOLOGI, 5(2), 194.

Sudarsih, S., Widisuseno, I., Budaya, F. I., & Semarang, U. D. (2019). Pentingnya membangun karakter generasi muda di era global. Harmoni, 3(2), 55–59.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sulastri et al. (2020). Dampak Kenakalan Remaja Untuk Meningkatkan Kesadaran Dari Bahaya Kenakalan Remaja Bagi Masa Depan. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(1), 15–24.

Wawancara. (2024). Dengan Bapak Ilham Ilyas Guru PAI di SMP Swasta Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.31961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.