Merdeka Belajar dan Pendekatan Holistik: Pendidikan Islam yang Terintegrasi

Edi Utomo, Miftahir Rizqa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep “Merdeka Belajar” dan bagaimana pendekatan ini dapat diadopsi dalam konteks pendidikan Islam. Melalui pemahaman mendalam terhadap ajaran Islam, penelitian ini menggali potensi pembelajaran holistik yang mencakup aspek akademik, moral, spiritual, dan sosial. Metode penelitian ini melibatkan analisis literatur dan pendekatan kualitatif untuk menggali perspektif agama terkait pembelajaran mandiri dan pendidikan Islam. Data dikumpulkan dari buku, jurnal, dan sumber terkait lainnya, yang kemudian dianalisis, dirangkum, dan disimpulkan. Hasil analisis mengidentifikasi kesesuaian antara konsep “Merdeka Belajar” dengan prinsip agama Islam. Di bawah bimbingan ajaran agama, pembelajaran mandiri dapat menjadi sarana untuk membentuk individu yang memiliki pemahaman mendalam terhadap ilmu pengetahuan dan moralitas serta mampu mengambil keputusan yang bertanggung jawab dalam berbagai konteks kehidupan. Kesimpulannya, integrasi antara konsep “Merdeka Belajar” dengan nilai-nilai agama Islam mempunyai potensi besar dalam membangun pendidikan yang lebih bermakna dan relevan. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan potensi akademiknya sekaligus memperkuat dimensi moral dan spiritualnya. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menggagas pendekatan pendidikan yang memadukan kebijakan pendidikan modern dengan prinsip-prinsip agama, menuju pengembangan individu secara komprehensif dalam masyarakat yang semakin kompleks..

Full Text:

PDF

References


Aditiya, N., & Fatonah, S. (2022). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 108–116. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116

Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 9(2), 263–285. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 17–26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2

Arif Musthofa, M., & Ali, H. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia: Kesisteman, Tradisi, Budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.666

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783–790. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865

Darise, G. N. (2021). Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks “Merdeka Belajar”. Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 2(2), 1–18. https://doi.org/10.30984/jpai.v2i2.1762

Ependi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan Islam dalam Presfektif Islam Transitif. Hikmah, 17(1), 34–45. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i1.78

Hasbullah, J. dan A. M. (2019). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–24.

Juita, D., & Yusmaridi, M. (2021). The Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory. Spektrum: Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 20–30. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912

Khadafie, M. (2023). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Merdeka Belajar. Tadjid: Jurnal Pemikian Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 72–83. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1757

Khoirurrijal. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Staf Bagian Hukum, Tata Laksana, Dan Kepegawaian, Setditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Muqit, H. A. (2019). Pendidikan Agama, Antara Kesejahteraan Duniawi Dan Kebahagiaan Ukhrawi. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.1-10

Murtadlo, G., Pranada, A. R., Hidayati, A., Fransiska, D., Ananda, N. B., & Sari, P. A. (2023). Integrasi Pembelajaran al- Qur’an Hadits dalam Konteks Sains dan Ilmu Sosial. Pandu:Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i1.73

Nugraha, M. T. (2020). Integrasi Ilmu dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 29–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).3927

Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.15

Reksamunandar, R. P. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan dan Keteladanan Guru. Jurnal Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(1), 27–38. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.251

Rifa’i, A., & Choli, I. (2020). Relevansi Pendidikan Agama Islam Terintegrasi Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Digital 4.0. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 4(01), 59–76. https://doi.org/10.34005/elarbah.v4i01.1071

Saiful. (2023). Sistem Pendidikan Islam , Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1100–1107. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1659

Salsabila, U. H., Hanifan, M. L. N., Mahmuda, M. I., Nur Tajuddin, M. A., & Pratiwi, A. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pendidikan Islam. Journal on Education, 5(2), 3268–3275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.995

Setiaji, D. D. (2022). Aktualisasi Nilai-nilai Ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin di Perguruan Tinggi Umum. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.982

Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 37–48. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.240

Wulandari, F. (2021). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Membina Karakter Islami. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 158–180. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.374

Zahrudin, M., Ismail, S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.293




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.31704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.