Merdeka Belajar dan Pendekatan Holistik: Pendidikan Islam yang Terintegrasi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aditiya, N., & Fatonah, S. (2022). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 108–116. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116
Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 9(2), 263–285. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 17–26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2
Arif Musthofa, M., & Ali, H. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia: Kesisteman, Tradisi, Budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.666
Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783–790. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865
Darise, G. N. (2021). Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks “Merdeka Belajar”. Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 2(2), 1–18. https://doi.org/10.30984/jpai.v2i2.1762
Ependi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan Islam dalam Presfektif Islam Transitif. Hikmah, 17(1), 34–45. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i1.78
Hasbullah, J. dan A. M. (2019). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–24.
Juita, D., & Yusmaridi, M. (2021). The Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory. Spektrum: Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 20–30. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912
Khadafie, M. (2023). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Merdeka Belajar. Tadjid: Jurnal Pemikian Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 72–83. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1757
Khoirurrijal. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Staf Bagian Hukum, Tata Laksana, Dan Kepegawaian, Setditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar
Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180
Muqit, H. A. (2019). Pendidikan Agama, Antara Kesejahteraan Duniawi Dan Kebahagiaan Ukhrawi. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.1-10
Murtadlo, G., Pranada, A. R., Hidayati, A., Fransiska, D., Ananda, N. B., & Sari, P. A. (2023). Integrasi Pembelajaran al- Qur’an Hadits dalam Konteks Sains dan Ilmu Sosial. Pandu:Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i1.73
Nugraha, M. T. (2020). Integrasi Ilmu dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 29–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).3927
Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.15
Reksamunandar, R. P. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan dan Keteladanan Guru. Jurnal Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(1), 27–38. https://doi.org/10.37850/cendekia.v14i01.251
Rifa’i, A., & Choli, I. (2020). Relevansi Pendidikan Agama Islam Terintegrasi Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Digital 4.0. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 4(01), 59–76. https://doi.org/10.34005/elarbah.v4i01.1071
Saiful. (2023). Sistem Pendidikan Islam , Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1100–1107. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1659
Salsabila, U. H., Hanifan, M. L. N., Mahmuda, M. I., Nur Tajuddin, M. A., & Pratiwi, A. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pendidikan Islam. Journal on Education, 5(2), 3268–3275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.995
Setiaji, D. D. (2022). Aktualisasi Nilai-nilai Ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin di Perguruan Tinggi Umum. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.982
Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 37–48. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.240
Wulandari, F. (2021). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Membina Karakter Islami. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 158–180. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.374
Zahrudin, M., Ismail, S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.293
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.31704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.