Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Peserta Didik Melalui Pembiasaan Tadarus Di Sma Muhammadiyah 2 Surakarta

Abdul Khafid Rayhan Maulana, Mohamad Ali

Abstract


Abstract: This study aims to describe the efforts to improve the ability to read the Qur'an through the Al-Qur'an tadarus habituation program at SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. This research is a descriptive qualitative research. Researchers obtained data through observation or observation, interviews, and documentation. In analyzing the data, researchers went through several stages, including data collection, data reduction, data presentation, then conclusion drawing and verification. Based on the results of the study, it shows that the Al-Qur'an tadarus habituation program at SMA Muhammadiyah 2 Surakarta can help students to improve their ability to read the Al-Qur'an. This program is implemented every Monday-Friday and lasts for 15 minutes before learning. According to several informants, the implementation of the Al-Qur'an tadarus habituation program is carried out with the aim that children love the Al-Qur'an and are accustomed to interacting with the Al-Qur'an. In addition, with this tadarus habituation program, children can identify the right reading of the Qur'an, so that they can improve their ability to read the Qur'an. In addition, through this Al-Qur'an tadarus habituation program, because it is done repeatedly, children become accustomed to it, so that it can provide memorization experience without having to read.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pembiasaan tadarus Al-Qur’an dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat, evaluasi, solusi dan manfaat membaca Al-Qur’an melalui program pembiasaan tadarus Al-Qur’an di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti memperoleh data melalui observasi atau pengamatan, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data, peneliti melalui beberapa tahap, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa program pembiasaan tadarus Al-Qur’an di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dapat membantu peserta didik dalam upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Program ini dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat dan berlangsung selama 15 menit sebelum pembelajaran. Menurut beberapa informan, pelaksanaan program pembiasaan tadarus Al-Qur’an ini dilaksanakan dengan tujuan agar anak cinta dengan Al-Qur’an dan terbiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an. Selain itu, dengan adanya program pembiasaan tadarus ini, anak bisa mengidentifikasi bacaan Al-Qur’an yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an. Di samping itu, melalui program pembiasaan tadarus Al-Qur’an ini, karena dilakukan berulang-ulang, anak menjadi terbiasa, sehingga bisa memberikan pengalaman menghafal tanpa harus membaca.


Keywords


Al-Qur'an; Tadarus; Kemampuan Membaca; Peserta Didik

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Azizah, N., & Sukari. (2024). Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Di Sma Veteran 1 Sukoharjo: Peran Guru Dalam Membimbing Generasi Penerus. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(5), 157–160.

Fadil, K., Supriadi, D., & Nurfaidah, H. (2023). Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Sebelum Belajar Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 740–754. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1447

Febriani, B. L., Sulistiya, F., Murtopo, B. A., & Fatimah, S. (2021). Analisis Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah. SEMAI : Seminar Nasional PGMI, 238–253. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/410/141

Febriyanti, M., Hindun, H., & Juliana, R. (2022). Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama. Islamic Education Studies : An Indonesia Journal, 5(1), 15–29. https://doi.org/10.30631/ies.v5i1.36

Hargina, W. Y. D., Tamrin, K., Wijinurrohkhmah, Fatimah, S., & Rinawati, A. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Dengan Metode Pembiasaan Tadarus Al Qur’an Pada Diri Peserta Didik Tpq Nurul Islam Desa Soka, Poncowarno, Kebumen. Jurnal Tarbi ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(55), 167–179. file:///C:/Users/INV SMP-06/Downloads/464-Article Text-1077-1-10-20220627.pdf

Ida zahara Adibah, & Feny Widyawati. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Smk Islam Sudirman 1 Ambarawan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Inspirasi, 7(2), 107–138. https://doi.org/10.3923/jeasci.2017.6569.6575

Kadri, R. M., & Kirin, A. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Dan Menghafal Al-Quran Di Sd Sabbihisma Padang Sumatra Barat. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(2), 238–247. https://doi.org/10.23917/qist.v1i2.1051

Lailatul Hasanah, H. R. S. (2023). Implementasi Program Tadarus Al-Qur’an dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an di Baan Suanmark School Bangkok Thailand. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 580–591. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4910

Maryati, Z. (2023). Peningkatan Motivasi Baca Qur ’ an Melalui Metode Tadarus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2, 1–7.

Maulana, F., & Irfani , F. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Baca Al – Qur’an Melalui Metode Tilawati di SDIT Uswatun Hasanah Depok . Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 29–56. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i1.1021

Muhammad Garly Aditya, Rahminawati, N., & Nur Inten, D. (2024). Program Pembelajaran Al-Qur’an dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa di MTSN 1 Garut. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 253–258. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12136

Musarifah, U., Ifadah, L., & Azizah, A. S. (2023). Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Pagi dalam Menekankan Nilai Karakter pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Temanggung. 5(2), 1–10.

Nasution, S., & Rahman, A. (2022). Implementasi Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MTSN 1 Padang Lawas. EduInovasi : Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 85–97.

Novitasari, R. R., & Syaifulloh, A. (2020). Pembiasaan Tadadarrus Al- Qur ’ an Guna Memotivasi Siswa dalam Minat Belajar Al- Qur ’ an Hadist di MTs Miftahul Ilmiyah Mojowetan. Journal IKLILA, 3(1), 13–22.

Pangestu, A. W., Rodafi, D., & Muslim, M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Tadarus Al-Qur’an Di Smai Nu Pujon. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 177–186.

Rizik, M. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al Munawwarah Kelurahan Aur Kenali Kota Jambi. Mikraf: Jurnal Pendidikan, 4(2), 31–47.

Ruslan, Hakim, A., & Hasan, S. (2021). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Siswa SMA Negeri 15 Makassar. Journal of GAruda Education, 1(2), 80–93. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1393

Salsabilla, S., Tamrin, I., & Roswita. (2023). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Kegiatan Tadarusan Sebelum Memulai Pembelajaran Kelas Viii Di Mtsn 11 Agam. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(5), 848–856.

Siregar, W. Z. (2023). Pengaruh Pembiasaan Tadarus al-Qur’an Terhadap Pengetahuan Tentang tata cara Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas XI MAN Binjai. JPE : Jurnal Pesona Edukasi, 2(3), 58–68.

Sundari, S., & Haryati, T. (2016). Efektivitas Program Pembiasaan Pagi Di Mts Nur Anom Gringsing Batang Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an. Jurnal P4I, 4(2), 1–23.

Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. Fondatia, 6(3), 691–701. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2047




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.31493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.