Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Di MAN 2 Banyuwangi

Yurda Bakhtiar, Ainur Rofiq, Ali Wafa, Fatma Aslikhatul Amaliyah

Abstract


Kepemimpinan dalam dunia pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam menentukan kualitas mutu pendidikan sebuah institu. Kepemimpinan visioner, khususnya, telah dikenal sebagai faktor yang mampu membawa perubahan signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang tinggi. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan ini dipilih karena tujuan utama penelitian adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana kepemimpinan visioner Kepala Madrasah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di madrasah Jenis penelitian deskriptif memungkinkan untuk menggambarkan fenomena secara detail, mengidentifikasi pola-pola, dan menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang ada. Hasil dari kepemimpinan visioner Kepala MAN 2 Banyuwangi dapat dilihat dari peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Capaian akademik siswa meningkat, tingkat partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler bertambah, dan keharmonisan lingkungan belajar semakin terjaga. Ini semua menjadi bukti nyata bahwa kepemimpinan yang visioner mampu menciptakan perubahan yang positif dan berkelanjutan dalam sebuah institusi Pendidikan

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Mappaenre. 2014. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Kepemimpinan Diri Guru Dan Sekolah Efektif.” JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara) 12(4): 217–28. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JIANA/article/view/2211.

Alir, Diagram. 2005. “Metodelogi Penelitian.”

Amalia, Dina, and Umar Samsudin. 2022. “JALINAN KOMUNIKASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH.” AL Fikrah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:269820720.

Arsyam, Muhammad, and M Yusuf Tahir. 2021. “Ragam Jenis Penelitian Dan Perspektif.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2(1): 37–47.

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. 2023. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3(01): 1–9.

Habe, Hazairin, . Marsanuddin, and Annisa Carolina Natasya. 2022. “Kepemimpinan Visioner Dan Budaya Organisasi Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) 7(2): 159–78.

Istanto, Istanto. 2022. “Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 16(6): 1991.

Miftachul Choiri, Widya Agustin Ningrum; 2021. “Pentingnya Pentingnya Pola Komunikasi Orang Tua Dan Wali Kelas Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Paguyuban.” AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(1): 46–52.

Prastiwi, Meilinda Ade, and Agus Widodo. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Era 5.0, Pendidikan Dan Teknologi, Pada Kompetensi 21St Century.” PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(5): 536–44.

Prima, Kurniawan, Muhammad Giatman, and Ernawati Ernawati. 2021. “PENTINGNYA KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” https://api.semanticscholar.org/CorpusID:244604418.

Rachman, Ervin Aulia, Dita Humaeroh, Daris Yolanda Sari, and Agus Mulyanto. 2023. “Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(2): 1024–33.

Roosinda, Fitria Widiyani et al. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.

Salasiah, Salasiah. 2022. “Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 1(2): 304–22.

Santika, I Gusti Ngurah. 2017. “Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis.” Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra 7(1): 1–11. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/898.

Suastika, I Ketut, Vivi Suwanti, Rosita Dwi Ferdiani, and Wahyudi Harianto. 2022. “Analisis Kepuasan Stakeholder Pada Implementasi Kurikulum MBKM Fakultas Sains Dan Teknologi.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2): 1657–67.

Sucianti, Cita et al. 2024. “Analisis Kepemimpinan Visoner Untuk Mencapai Visi Misi Lembaga.” Jurnal Sains Riset 14(1): 186–94.

Takeran, Smpn, and Septeria Shinta Dewi N H. 2022. “Excelencia.” (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.31086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.