Melampaui Tradisi: Pendekatan Kontemporer terhadap Pendidikan Terpadu di Pesantren

Muhammad Zuhri Mahendra, Siti Aimah, Imam Khaudli, Nuzula Indana Maulidah

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis pendekatan kontemporer terhadap pendidikan terpadu di pesantren. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori milles dan hubarman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi menerapkan sistem pendidikan terpadu yakni penggabungan antara sistem pendidikan salaf dan modern dengan menggunakan beberapa langkah yaitu: Penggunaan Teknologi Digital untuk Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan melalui adanya BLK (Balai Latihan Kerja), Sistem Pembayaran terpadu menggunakan virtual account, saluran pengajian menggunakan TV diberbagai asrama; pendekatan multikultural dalam pengajaran dengan menerapkan kurikulum multikultural diantaranya terwujud pada kegiatan bahtsul masaail; dan Inovasi Metode Evaluasi Pendidikan dalam bentuk: program evaluasi pengajian kitab ihya’ dan tafsir melalui program LTIT (Lajnah Taftis Ihya’ dan Tafsir) dan juga pengadaan program Evaluasi Akhir Tahun (EAT).TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Pendekatan Kontemporer Pendidikan Terpadu Pesantren

References


Abdussamad, Z. (2021). metode penelitian kualitatif (1st ed.). syakir media press.

Aimah, S. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Di Pesantren. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 15(2), 195–226. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v15i2.1608

Aini, A. Q. (2022). Sistem, Tantangan Dan Prospek Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 94–113. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.690

Bani, S. (2015). Kontribusi Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Auladuna, 2(36), 264–273.

Barton, K. C., & Ho, L.-C. (2020). Cultivating sprouts of benevolence: A foundational principle for curriculum in civic and multicultural education. Multicultural Education Review, 12(3), 157–176.

Bran, F., Niculescu, M. A., Dumitrache, V. M., & Gombos, S. P. (2021). The dynamics of innovation in the ex-communist countries in Europe in the context of globalization. SHS Web of Conferences, 92, 4003.

Deb, S. K., & Nafi, S. M. (2021). Assessing Critical Success Factors of ICT Based Learning: An Analysis. The Cost and Management, 49(04).

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54.

Fitriadi, F., Sinaga, R. M., & Muhammad, R. R. (2024). A Literature Review on the Cultural Perspective Study in Elementary School Education in Indonesia. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 5(1), 51–61.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285.

Hamim, A. H., Muhidin, M., & Ruswandi, U. (2022). Pengertian, Landasan, Tujuan dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 220–231. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.899

Harahap, B. A., Idham, P. B., Kusuma, A. C. M., & Rakhman, R. N. (2017). Perkembangan Financial Technology Terkait Central Bank Digital Currency (CBDC) Terhadap Transmisi Kebijakan Moneter Dan Makroekonomi. Bank Indonesia, 2, 1–80.

Huda, N. (2023). Peran UPT Balai Latihan Kerja Kediri Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Kabupaten Kediri Tahun 2022. IAIN Kediri.

Indah, S., & Zain, S. G. (2024). Pengembangan E-Modul Rangkaian Elektronika Lanjut. 3(2), 20–23.

Jubba, H., Awang, J., Qodir, Z., Hannani, & Pabbajah, M. (2022). The contestation between conservative and moderate Muslims in promoting Islamic moderatism in Indonesia. Cogent Social Sciences, 8(1), 2116162.

Khasanah, N., Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2022). Pesantren Salafiyah dalam Lintasan Sejarah. Penerbit NEM.

Kholiq, A. (2023). Peran Etika Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 86–91.

Ma, K., Lee, K. C. S., Wong, S. Y., Pan, X., Qi, T., & Wang, Y. (2024). Developing a Diversified Evaluation System of Student Development: Innovation from Education Informatisation in China. Educational Administration: Theory and Practice, 30(2).

Milasari, D., & Nugraheni, N. (2024). Integrasi pendidikan konservasi dan teknologi untuk mewujudkan pendidikan inklusif dan berkualitas dalam pencapaian SDGs. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 119–125.

Muhajir, A. aril. (2022). Inclusion of Pluralism Character Education in the Islamic Modern Boarding Schools during the Pandemic Era. Journal of Social Studies Education Research, 13(2), 196–220.

Obiakor, F. E. (2021). Multiculturalism still matters in education and society: Responding to changing times. IAP.

Panut, P., Giyoto, G., & Rohmadi, Y. (2021). Implementasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren Terhadap Pengelolaan Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 816–828. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2671

Pelayo-Dacanay, J. A., Pinili, L. C., Etcuban, J. O., Padillo, G. G., Manguilimotan, R. P., & Capuno, R. G. (2023). Technology-Supported Instruction In General Mathematics: Its Intuitive Implications Among Marginalized Filipino Students Amidst The Post-Pandemic Period. Journal of Positive Psychology and Wellbeing, 7(3), 86–99.

Pesantren, T., Nusant, D. I., & Said, H. A. (n.d.). Garuda1405256. 9(2), 178–193.

Ramdhani, D., Asy’arie, M., Maksum, M., & Rochim, N. (2021). The Development of Implementing Multicultural Education at an Indonesian Islamic Boarding School. Review of International Geographical Education Online, 11(7).

Rubiherlan, Y., Juningsih, J., Nursanti, F. E., Soleh, W. S., Rostini, D., & Wasliman, E. D. (2024). Manajemen Kurikulum Berbasis Digital di Pondok Pesantren Al Riyadl Cipanas. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 133–143.

Shi, D., Zhou, J., Wang, D., & Wu, X. (2022). Research status, hotspots, and evolutionary trends of intelligent education from the perspective of knowledge graph. Sustainability, 14(17), 10934.

Sholeha, M., Hidayati, T. R., Umam, K., & Supriadi, A. (2024). The Strategy of Typical Islamic Boarding Schools in Preparing Moderate and National-Minded Kyai-Ulama Cadres. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).

Suparji, M., & Julianto, A. (2023). Sistem Pengelolaan Pendidikan Pesantren Modern (Studi Kasus Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Bogor). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(2), 93–103.

Suradi, A. (2017). Transformasi pondok pesantren (analisis dampak transformasi sistem pendidikan terhadap penanaman panca jiwa pondok pesantren kepada santri di provinsi Bengkulu). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 272–297.

Titik, W., Hidayatullah, & Benyy, P. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Akuntabilitas Manajerial terhadap Keunggulan kompetitif. AL-TANZIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1115–1125. https://doi.org/http://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3227

Zhan, Z., Shen, W., Xu, Z., Niu, S., & You, G. (2022). A bibliometric analysis of the global landscape on STEM education (2004-2021): towards global distribution, subject integration, and research trends. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 16(2), 171–203.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.30511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.