Strategi Membangun Brand Image Pendidikan Diniyah

Nuzula Indana Maulidah, Siti Aimah, M. Imam Khaudli, M. Zuhri Mahendra

Abstract


Lembaga Pendidikan pada umumnya menjadikan strategi branding sebagai Teknik dalam pemasaran, seperti halnya Lembaga satuan Pendidikan muadalah di pesatren Darussalam blokagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi membangun branding image. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori milles dan hubarman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini dalam membangun strategi branding image di satuan Pendidikan muadalah Pesatren Darussalam Blokagung menggunakan kurikulum berbasis kitab kuning,metode pembelajaran model syawir dan  tugas akhir berupa karya ilmiah selain itu terdapat adanya program akselerasi dalam kenaikan taraf Pendidikan.

   TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to English
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


strategi, brand image, pendidikan diniyyah formal

References


Adib, A. (2021). METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN Oleh: 7(01), 232–246. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/73

Aimah, S. (2020). PMA Muadalah sebagai Tantangan dan Peluang Meningkatkan Standar Pendidikan Pesantren. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 12(1), 58–71. https://doi.org/10.30739/darussalam.v12i1.1176

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Arseven, I. (2018). The use of qualitative case studies as an experiential teaching method in the training of pre-service teachers. International Journal of Higher Education, 7(1), 111–125. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n1p111

Falah, R. Z., Muchlisin, I., Indriyani, D., Ulyahimawati, V., & Bihadil Haq, M. M. (2023). Strategi Membangun Brand Image Sekolah Berbasis Pesantren (Studi di SMA Syubbanol Wathon Secang Magelang). MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 145–164. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i2.7447

Hamzah, M. (2018). Transformasi Pondok Pesantren Muadalah: Antara Fakta Historis dan Tantangan Masa Depan. Jurnal Reflektika, 13(1), 25. http://ejournal.idia.ac.id/index.php/reflektika/article/view/171

Istiyani, D. (2017). EDUKASIA ISLAMIKA Jurnal Pendidikan Islam. 2(1), 127–145. https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1665

Jaelani, E., & Alexandra, A. (2019). Pengaruh Rebranding Aplikasi Mandiri Online Terhadap Brand Equity Pada Pengguna Aplikasi Mandiri Online – Nasabah Kcu Bank Mandiri Bandung Surapati. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 11(2), 29–39. https://doi.org/10.37151/jsma.v11i2.4

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Mundiri, A. (2016). STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN BRANDING IMAGE. 3(2), 58–72. http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/125

Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819

Nata, A. (2019). Pesantren dan kitab kuning. 6(2), 647–654. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/1117/957

Nawawi, I., & Swandari, T. (2022). Pengembangan Potensi Siswa Cerdas Intelektual Berbakat Islami Melalui Program Akselerasi. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 152–182. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.1611

Permatasari, M. ratih. (2023). Branding Image Strategy Pesantren Salaf Walisongo Sragen Di Era Disrupsi; Sebuah Pergeseran Paradigma Lembaga. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 48–61. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.1002

Rakhmawati, R. (2016). Syawir Pesantren Sebagai Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Manbaul Hikam Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo- Jawa Timur. AntroUnairdotNet, V(2), 349–360. http://journal.unair.ac.id

Rohimah, R. B., Maisaroh, I., & Ngulwiyah, I. (2021). Menguatkan Karakter Pesantren Melalui Konsep Muadalah. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 7(18), 161–174. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/13011

Sabiq, S. (2020). Eksisntensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 13.

Shofiyul, M. F., Mardiyah, M., & Shidiq, S. (2023). Implementasi Penjaminan Mutu Internal Di Madrasah Diniyah PP. Al-Hidayah Tanggulangin Sidoarjo. JUPE2: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 133–149. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.103

Sobri, R. (2019). Edukasi Islami : Jurnal Islam , 08 / No : 01 Vol : DAN KEAGAMAAN DI INDONESIA ( Analisis Kebijakan PP No . 55 Tahun 2007 ). https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.322

Syukron, A., Samsudi, S., & Kustiono, K. (2020). Pendidikan Diniyah Formal : a Formal Curriculum for Pesantren in Indonesia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(2), 63–71. https://doi.org/10.15294/ijcet.v9i2.36645

Wahid, A. (2016). Pendidikan Diniyah Formal Wajah Baru Pendidikan Pesantren untuk Kaderisasi Ulama’. Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam - SYAIKHUNA, 7(2), 292 – 302. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/3078

Zahro, L., & Nurul, S. H. (2021). Analisis Hadist Tarbawy Tentang Sifat Kepribadian Pendidik (Hadist Kontemporer). Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab, 4(1), 47–57. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/lahjah/article/view/1994




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.30480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.