Pelaksanaan Evaluasi P5 dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak

Muaddyl Akhyar, Remiswal Remiswal, Khadijah Khadijah

Abstract


Pelaksanaan evaluasi pada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa. Program ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila serta ajaran agama Islam ke dalam proses pendidikan, tidak hanya sebagai pengetahuan teoretis tetapi juga sebagai panduan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang pelaksanaan evaluasi P5 dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi pelaksanaan evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program P5 di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak berhasil menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam di kalangan siswa, meningkatkan pemahaman konseptual, dan mengembangkan keterampilan praktis. Dukungan dari guru, orang tua, dan komunitas, serta penggunaan metode evaluasi inovatif, merupakan kunci keberhasilan program. Evaluasi kemampuan kreativitas dan kemandirian siswa memerlukan pendekatan holistik dengan penggunaan metode penilaian otentik dan teknologi informasi. Kolaborasi antara semua pihak terlibat sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik siswa. Dengan demikian, evaluasi P5 bukan hanya alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga bagian integral dari upaya pendidikan untuk menghasilkan generasi yang kreatif, mandiri, dan berintegritas.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Evaluasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pendidikan Agama Islam

References


Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., & Ningrum, W. W. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Akhyar, M., Iswantir, M., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Strategi Adaptasi dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam di Era Digital 4.0. Instructional Development Journal, 7(1).

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam Melalui Pengintegrasian Kurikulum Merdeka Di Sman 1 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Al-Fatih, 6(2), 147–164.

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2024). The Influence Of The Profile Strengthening Of Pancasila Students (P5) Project On Student Character At SMPN 5 Payakumbuh. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1).

Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98–112.

Arwitaningsih, R. P., Dewi, B. F., Rahmawati, E. M., & Khuriyah, K. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Ranah Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hadi Mojolaban Sukoharjo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 450–468.

Astuti, M. (2022). Evaluasi pendidikan. Deepublish.

Atmojo, I. R. W., Chumdari, M. P., Matsuri, M. P., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2023). Assessment Kognitif pada Kelas Digital dalam Pembelajaran Abad 21. CV Pajang Putra Wijaya.

Cahyanto, I. (2023). Pengembangan dan Penerapan ICT Dalam Manajemen Pendidikan. Penerbit K-Media.

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219.

Faradillah, A., Hadi, W., & Soro, S. (2020). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (EPHB) Matematika dengan Diskusi dan Simulasi (DiSi) (Vol. 1). Uhamka Press.

Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904.

Fatah, M. A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 365–377.

Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661–1674.

Handayani, I. P., & Hasrul, H. (2021). Analisis kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 1–12.

Kurniawan, T., & Wijarnako, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 9(1), 1–23.

Muktamar, A., Yusri, H., Amalia, B. R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1–8.

Rahmadona, T., Desyandri, D., & Murni, I. (2023). Pelibatan Orang Tua di Sekolah Dasar: Upaya Kepala Sekolah dan Guru dalam Mencapai Tujuan Pendidikan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 352–364.

Resya, K. N. P. (2023). Evaluasi pembelajaran dalam ranah aspek kognitif pada jenjang pendidikan dasar pada MI Assalafiyah Timbangreja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2).

Rofiqi, A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2).

Samsul, A. (2021). Konsep pelajar pancasila dalam perspektif pendidikan islam dan implikasinya terhadap penguatan karakter religius di era milenial. UIN Prof. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Taridala, S., & Anwar, R. (2023). TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Wicaksono, S. R., & Mustapa, K. (n.d.). Evaluasi dalam Project Based Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.30158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.