The Effectiveness of Outdoor Study at the Siak Palace Site in Learning Social Studies to Improve Students' Nationalistic Value
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2008). “Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Adelia, Vera (2012). “Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Study)”. Yogyakarta: Diva Press
Ahmad, Susanto. (2013). “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ahmad Rivai dan Nana Sudjana. (2007). “Media Pengajaran”. Bandung: Sinar Baru Algensindo
A. Kolb, David, (2015). Experiential Learning: Experience As The Source Of Learning And Development, USA.
Banks, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies: Inquiry, Valuing, And Decision-Making, Fourth Edition. New York: Longman Ltd.
Bertens, K. (1993). Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Berkowitz, M.W. (2002). The Science of Character Education.In Damon, W. Bridging in a New Erain Character Education. USA: Hoover Institution Press.
Creswell, J.W. (2014). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset (Memilih Di Antara Lima Pendekatan). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Creswell, J.W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Farida, Anna dkk. (2012). Sekolah yang Menyenangkan: Metode Kreaktif Mengajar dan Pengembangan Karakter Siswa. Bandung: Nuansa
Dimyati, M. (2006). “Belajar Dan Pembelajaran”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ellya, R. (2010). Penyerahan Sumbangan Kerajaan Siak kepada Pemerintah RI di Gedung Agung Yogyakarta. Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Pekanbaru
Hasan, dkk .(2010). Inovasi Pembelajaran IPS : Implementasi Pembelajaran IPS dalam Menghadapi Tantangan Global. Bandung: Rizqi Press.
Hasan, S. H., 1996. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta, Depdikbud, P2TA.
Husamah. (2013). “Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning)”. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Lickona, Thomas. (2012). Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Terj. Juma Wadu Wamaungu Dan Editor Uyu Wahyuddin Dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksar.
Lickona, T. (2013). “Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik”. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sapriya. (2012). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2011). Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Suwardi, M. S. (2005). Sultan Syarif Kasim II: Pahlawan Nasional dari Riau. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau.
Tanjung, Salman. (2017). Nilai-Nilai Karakter dan Kearifan Lokal Dalam Cerita Rakyat Istana Siak Untuk Alternatif Bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di SD. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Tilaar, H.A.R. (2000). “Paradigma Baru Pendidikan Nasional”. Jakarta: Rineka Cipta.
Watts, P., Fullard, M., & Peterson, A. (2021). Understanding Character Education: Approaches, Applications And Issue. Londong: Open University Press.
Winecoff, H.L. (1987). Values Education, Learning Package. Fakultas Pasca Sarjana - IKIP Bandung.
Zaini, Marhalim. (2018). Pelajaran Penting dari Sultan Syarif Kasim II. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Jurnal:
Aji Bagus Priyambodo (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Pada Sekolah Berlatar Belakang Islam Di Kota Pasuruan. Vol. 6 (1). http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i12017p9-15
Atika, Nur Tri, dkk. (2019). “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air”, Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 (1). https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Labellapansa, Ause, dkk (2017). Augmented Reality Bangunan Bersejarah Berbasis Android (Studi Kasus: Istana Siak Sri Indrapura). Vol 1(2). https://doi.org/10.25299/itjrd.
Lismawati, Aprilia, dkk. (2022). Meningkatkan Sikap Semangat Kebangsaan Siswa Melalui Model Value Clarification Technique (VCT) Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Vol. 2(2). https://doi.org/10.37150/perseda.v2i2.694
Mirza, Edwin Chaerulsyah (2014). Persepsi Siswa Tentang Keteladanan Pahlawan Nasional Untuk Meningkatkan Semangat Kebangsaan. Vol 3 (1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7849.
Nisa, Jakiatin. (2015). “Outdoor Learning Sebagai Metode Pembelajaran IPS dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan”. Vol. 2 (1).
Nurdiansyah. (2021). Pemanfaatan Sejarah Lokal Kerajaan Siak sebagai Sumber Belajar untuk Mengembangkan Kesadaran Sejarah Siswa. Vol 4 (2). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1341
Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. vol. 9, no. 3. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1145/0
Resmiwaty. (2010). Degradasi Kultural Dalam Kehidipan Remaja. Vol 2, No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/28549-ID-degradasi-kultural-dalam-kehidipan-remaja.pdf
Saputro, J. D., dan Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7 (11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.
Sitti Uswatun Hasanah (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa. Vol 3 (2). 10.31571/pkn.v3i2.1443
Supriyadi, Edy. (2010). “Pengembangan Pendidikan Karakter Disekolah”. Vol. 5 (1).
Wahyuni, Murni (2020). Siak Masa Revolusi (1945-1949). Vol 4 (1). http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/yupa
Karya Ilmiah:
Setiawati, Nanda Ayu. (2017). “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa”. Prosiding Seminar Nasional Tahunan FIS Universitas Negeri Medan. Medan: Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan
Pane, M Rina Patriana. (2016). “The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life”. Elsevier Ltd. Procedia - Social and Behavioral Sciences 222 (2016) 244 – 252. Bina Nusantara University, Character Building Development Center. Jakarta. Indonesia. Diakses Senin, 13 februari 2017, jam 16:27.
Trahati, MR. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap”. FKIP UNY: Yogyakarta.
Undang-Undang:
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Dasar Republik Indoneisa tahun1945. Pasal 27 ayat 3 Tentang Bela Negara dan Hak dan Kewajiban Warga Negara. Jakarta: Sekretariat Negara.
Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tantang Pertahanan negara Pasal 9 ayat 1 dan 1
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional (2006). Undang-Undang No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. (2007). Undang-undang No 17 Tahun 2007 tentang RPJPN 2005-2025. Jakarta: Legalit
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.30142
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.