Pengaruh Self Control Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulsive Buying
Abstract
impulsive buying adalah pembelian barang yang tidak direncanakan sebelumnya. Perilaku ini biasanya dipengaruhi oleh promo menarik atau ketika seseorang tiba-tiba menemukan barang yang didambakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Self Control dan hedonic shopping motivation terhadap impulsif buying pada pria dan Wanita yang gemar melakukan kegiatan berbelanja. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Teknik accidental sampling melalui google form dengan jumlah responden sebanyak 233 dengan kriterian berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dan sering melakukan aktivitas berbelanja. variabel self control diukur dengan skala berdasarkan aspek-aspek milik Tangney yang di adaptasi oleh Arifin, H., variabel hedonic shopping diukur menggunakan skala milik Hedonic shopping motivations Mark J. Dan variabel impulsive buying diukur menggunakan slaka milik Varplanken dan Herbadi, Pengelohan data menggunakan software Jamovi versi 2.3 dengan model Regresi Linear Berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: self control berpengaruh terhadap impulsive buying, hedonic shoping motivation berpengaruh positif terhadapimpulsive buying, self control dan hedonics hoping motivation berpengaruh positif secara simultan terhadap impulsive buying sebesar 46,2%. dengan nilai F 100 (p<001). Impulsive buying didorong oleh motivasi belanja yang tinggi, hal tersebut terjadi karena rendahnya perilaku control diri
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, I., & Indasari, F. (2018). Analisis perbedaan pembelian impulsif ditinjau dari gender konsumen pada puncak toserba Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(1).. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V6i1.439
Arifin, H. H., & Milla, M. N. (2020). Adaptasi dan properti psikometrik skala kontrol diri ringkas versi Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(2), 179-195.. Https://Doi.Org/10.7454/Jps.2020.18
Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2003). Hedonic shopping motivations. Journal of retailing, 79(2), 77-95. Https://Doi.Org/10.1016/S0022-4359(03)00007-1
Baumeister, R. F. (2002). Reflections And Reviews Yielding To Temptation: Self-Control Failure, Impulsive Purchasing, And Consumer Behavior. In Journal Of Consumer Research, Inc. • (Vol. 28). Https://Doi.Org/10.1086/338209
Beni, H. (2023). Dampak Negatif Minuman Beralkohol Terhadap Kontrol Diri Remaja (Studi Kasus Di Kelurahan Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon). Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 6(2). Http://Syekhnurjati.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Prophetic
Dhurup, M. (2014). Impulsive Fashion Apparel Consumption: The Role Of Hedonism, Fashion Involvement And Emotional Gratification In Fashion Apparel Impulsive Buying Behaviour In A Developing Country. Mediterranean Journal Of Social Sciences, 5(8), 168–177. Https://Doi.Org/10.5901/Mjss.2014.V5n8p168
Diba, D. S. (2013). Peranan kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada remaja berdasarkan perbedaan jenis kelamin di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3330
Edy, I. C., & Haryanti, S. S. (2018). Impulsive buying behavior pada konsumen online. The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018.. Http://Hdl.Handle.Net/11617/9971
Elnina, D. R. (2022). Kemampuan self control ditinjau dari perilaku impulsive buying terhadap produk fashion pada mahasiswa. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 2(1), 01-19.. Https://Nasional.Sindonews.Com/Read
Iftitah, N., & Hidajat, W. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee. In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 12, Issue 2). Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jiab
Kosyu, D. A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Pelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya). In Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol (Vol. 14, Issue 2). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116544
Larasati, M. A., & Budiani, M. S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Pembelian Impulsif Pakaian Pada Mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Surabaya Yang Melakukan Pembelian Secara Online. Character : Jurnal Penelitian Psikologi. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/11000
Leha, J. M., & Subagio, H. (2014). Pengaruh Atribut Café Terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utulitarian Dan Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee Di The Square Apartement Surabaya. In Jurnal Manajemen Pemasaran Petra (Vol. 2, Issue 1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/notification
Lianto, A. L., & Kurniawati, M. (2024). Pengaruh Konformitas Terhadap Impulsive buying dengan Self-control sebagai Moderator pada Dewasa Awal. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 22(1), 66-76. Https://Jurnal.Ubd.Ac.Id/Index.Php/Ds
Lina, L., & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2(4), 5-14. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol2.iss4.art1
Nguyen, T. T. H., & Wong, W. K. (2021). Do State Ownership And Business Environment Explain Corporate Cash Holdings? Empirical Evidence From An Emerging Country. Asian Academy Of Management Journal Of Accounting And Finance, 17(1), 1–33. Https://Doi.Org/10.21315/Aamjaf2021.17.1.1
Pranggabayu, B., & Lestari, A. A. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Store Atmsophere Terhadap Impulsive Buying (Studi Pada Pengunjung Miniso Tunjungan Plaza). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 951–966. Https://Doi.Org/10.54443/Sibatik.V1i6.112
Rook, D. W. (1987). The buying impulse. Journal of consumer research, 14(2), 189-199.. https://doi.org/10.1086/209105
Rotter, J. B. (1966). Generalized expectancies for internal versus external control of reinforcement. Psychological monographs: General and applied, 80(1), 1. https://doi.org/10.1037/h0092976
Savitri, R. (2018). Pusat Perbelanjaan Modern (Mall) Dengan Penekanan Ruang Terbuka Publik. JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur, 6(2). Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.26418/Jmars.V6i2.30631
Syafri, H., & Besra, E. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Store Atmosphere Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying (Survey: Pada Konsumen Kosmetik Transmart Kota Padang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Accredited Sinta, 4(4). https://doi.org/10.24815/jimen.v4i4.13279
Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of personality, 15(1_suppl), S71-S83. Https://Doi.Org/10.1002/Per.423
Vohs, K. D., & Faber, R. J. (2007). Spent Resources: Self-Regulatory Resource Availability Affects Impulse Buying. Journal Of Consumer Research, 33(4), 537–547. Https://Doi.Org/10.1086/510228
Widawati, L. (2011). Analisis perilaku “impulse buying” dan “locus of control” pada konsumen di carrefour Bandung. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 27(2), 125-132. https://doi.org/10.29313/mimbar.v27i2.320
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.30114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.