Inovasi Pembelajaran Agama Islam: Membangun Karakter Kreatif pada Siswa di Kualuh Hulu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, Ismi, & Mitra, Oki. (2021). Permasalahan Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Madrasah. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 32–45. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.832
Fajri Farouk Npm, Muhammad. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah SMA Islam Nusantara Malang. Repository.Unisma.Ac.Id. Retrieved from http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4575
Febrianti, Mahfira. (2023). Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Eprints.Umsb.Ac.Id.
Haekal, T. M., W, Sulaiman, Hafiz, Abdul, Cakranegara, Pandu Adi, & Surahman, Susilo. (2022). Principal Policy Analysis in The Management of Distance Learning in The Covid-19. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 218–227. https://doi.org/10.33650/AL-TANZIM.V6I1.3320
Halimurosid, A. (2021). Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI. Tanzhimuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 19–34. https://doi.org/10.54213/TANZHIMUNA.V1I1.64
Ismail, Sulaiman. (2023). Pembinaan Pendidikan Islam Bagi Calon Pengantin Melalui Kursus CATIN. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V5I1.4509
Ismail, Sulaiman, & W, Sulaiman. (2023). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 10399–10408. Retrieved from https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1939
Khumairoh, Dewi. (2019). Strategi guru dalam pembentukan karakter kreatif siswa melalui pembelajaran tematik di kelas IV MI walisongo kranji 02 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Etheses.Uingusdur.Ac.Id. Retrieved from http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/
Mardhiah, Ainun, & Sulaiman, Sulaiman. (2022). Pembentukan Perilaku Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Sejak Dini Melalui Keluarga yang Berkualitas. Serambi Tarbawi, 10(2), 153–164. https://doi.org/10.32672/TARBAWI.V10I2.4766
Minah, Minah. (2022). Kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN I Mandailing Natal. Etd.Uinsyahada.Ac.Id.
Monalisa, Monalisa, Hamidah, Hamidah, & Surawan, Surawan. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Kreatif Di Sd Negeri 3 Tangkiling. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(2), 147–160. https://doi.org/10.26618/JRPD.V5I2.9025
Muchlisin, Muchlisin. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta didik di SMP Nergeri 125 Jakarta Barat. Repository.Umj.Ac.Id.
Nisak, Nur Maslikhatun, & Septi, Doni. (2021). Al Qur’an dan Hadist. In Buku Ajar Al Qur’an Hadist. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-53-7
Pangestu, Ariyanti, & Rozaq, Abd. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SMK Negeri 2 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(1), 22–36. https://doi.org/10.54437/IRSYADUNA.V3I1.902
Radika, Ammorti. (2021). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Peserta Didik Di Smp Negeri 7 Bandar Lampung. Repository.Radenintan.Ac.Id.
Rahim, Abdul. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.35326/TAKSONOMI.V2I2.2717
Ramadhan, Syahru. (2020). Kreativitas Guru SD/MI dalam Mendesain Pembelajaran PAI dan Implikasinya terhadap Penanaman Sikap Toleransi Siswa di MIN 1 Sila. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(2), 181–205. https://doi.org/10.52266/KREATIF.V18I2.512
Rati, Ni Wayan, Kusmaryatni, Nyoman, & Rediani, Nyoman. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.
Ridwan. (2014). Upaya-Upaya Peningkatan Profesionalisme. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 83–95.
Romdoni, Nur Muhamad. (2019). Kreatifitas Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Miftakhul Khoir Karangrejo Purwosari. Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(1), 38–43. Retrieved from https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3158
Salsabila, Unik Hanifah, Ramandhani, Desti Meliana, Ayunissa, Risma, Qurrata’ayun, Anisa, & Sadiah, Halimatus. (2023). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Merdeka Belajar. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 260–270. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V6I1.512
Satria, Ahmad. (2023). Islam dan Fenomena Globalisasi: Analisis Ayat Al-Qur’an dengan Metode Tafsir Maudhui. Gunung Djati Conference Series: Seminar Isu Kontemporer.
Shaleh, Muhammad, & Jamal, Muh. Junadri. (2022). Kreativitas Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15–27. Retrieved from https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/1975
Shihab, Quraish. (2005). Tafsir Al-Misbah Jilid 6 (Pesan, dan Kesan Keserasian Al-Qur’an) (Vol 2). Tangerang: Lentera Hati.
Sugiyono. (2023). Metode Peneltian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susanti, S., Qory, QSA, Nasution, HQ, Simatupang, NR, & Lubis, KH. (2023). Analisis Strategi Pembentukan Karakter dan Kreatifitas Guru Kepada Siswa di RA Maghfirah. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 182–189. https://doi.org/10.59581/JMPB-WIDYAKARYA.V1I4.1997
Tanjung, Wisudatul Ummi, & Namora, Dian. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/AL-THARIQAH.2022.VOL7(1).9796
Tetambe, Ahmad Ghifari, & Dirman, Dirman. (2021). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Ict. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 80. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2920
W, Sulaiman. (2022a). Implementasi Landasan Pengembangan Kurikulum MAN 1 Aceh Tamiang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2697–2703. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2605
W, Sulaiman. (2022b). Konsep Moderasi Beragama dalam Pandangan Pendidikan Hamka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2704–2714. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2593
Zabidi, Ahmad. (2020). Kreativitas guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran pai di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Inspirasi (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam), 3(2), 128–144. https://doi.org/10.61689/INSPIRASI.V3I2.134
Zainuddin, Zainuddin, & Sulaiman W., Sulaiman W. (2022). Pola Dasar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Anak Sholeh Perspektif Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 329. https://doi.org/10.35473/IJEC.V4I2.1780
Zainuddin, Zainuddin, W., Sulaiman, Musriaparto, Musriaparto, & Nur, Muhammad. (2022). Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4335–4346. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I5.2606
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.