Inovasi Pembelajaran Agama Islam: Membangun Karakter Kreatif pada Siswa di Kualuh Hulu

M Fauzi Rifqi, Muhammad Rapono

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pemahaman bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan karakter kreatif siswa. Pendidikan  Agama Islam mengajarkan nilai-nilai yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, berinovasi, dan mencari solusi kreatif dalam menghadapi berbagai masalah. Oleh karena itu, guru-guru  Pendidikan  Agama   Islam  di  SMAS Muhammadiyah  09  Kualuh  Hulu berusaha untuk mengintegrasikan nilai-nilai Agama Islam dengan pembelajaran kreatif untuk membentuk  karakter  kreatif  siswa. Studi ini mencakup penelitian terhadap bagaimana guru mempengaruhi karakter kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis Penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam upaya pembentukan karakter kreatif siswa, guru-guru Pendidikan Agama Islam di SMAS Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu harus menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang inovatif. Para guru juga harus menerapkan pendekatan yang berpusat pada siswa, memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir kritis, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam membentuk karakter kreatif siswa. Terkait hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dapat membentuk karakter kreatif siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru dan pendidik lainnya dalam meningkatkan pembelajaran dan pengembangan karakter siswaTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Kreativitas Guru, Karakter, Kreatif Siswa

Full Text:

PDF

References


Adelia, Ismi, & Mitra, Oki. (2021). Permasalahan Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Madrasah. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 32–45. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.832

Fajri Farouk Npm, Muhammad. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah SMA Islam Nusantara Malang. Repository.Unisma.Ac.Id. Retrieved from http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4575

Febrianti, Mahfira. (2023). Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Eprints.Umsb.Ac.Id.

Haekal, T. M., W, Sulaiman, Hafiz, Abdul, Cakranegara, Pandu Adi, & Surahman, Susilo. (2022). Principal Policy Analysis in The Management of Distance Learning in The Covid-19. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 218–227. https://doi.org/10.33650/AL-TANZIM.V6I1.3320

Halimurosid, A. (2021). Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI. Tanzhimuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 19–34. https://doi.org/10.54213/TANZHIMUNA.V1I1.64

Ismail, Sulaiman. (2023). Pembinaan Pendidikan Islam Bagi Calon Pengantin Melalui Kursus CATIN. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V5I1.4509

Ismail, Sulaiman, & W, Sulaiman. (2023). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 10399–10408. Retrieved from https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1939

Khumairoh, Dewi. (2019). Strategi guru dalam pembentukan karakter kreatif siswa melalui pembelajaran tematik di kelas IV MI walisongo kranji 02 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Etheses.Uingusdur.Ac.Id. Retrieved from http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Mardhiah, Ainun, & Sulaiman, Sulaiman. (2022). Pembentukan Perilaku Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Sejak Dini Melalui Keluarga yang Berkualitas. Serambi Tarbawi, 10(2), 153–164. https://doi.org/10.32672/TARBAWI.V10I2.4766

Minah, Minah. (2022). Kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN I Mandailing Natal. Etd.Uinsyahada.Ac.Id.

Monalisa, Monalisa, Hamidah, Hamidah, & Surawan, Surawan. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Kreatif Di Sd Negeri 3 Tangkiling. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(2), 147–160. https://doi.org/10.26618/JRPD.V5I2.9025

Muchlisin, Muchlisin. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta didik di SMP Nergeri 125 Jakarta Barat. Repository.Umj.Ac.Id.

Nisak, Nur Maslikhatun, & Septi, Doni. (2021). Al Qur’an dan Hadist. In Buku Ajar Al Qur’an Hadist. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-53-7

Pangestu, Ariyanti, & Rozaq, Abd. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SMK Negeri 2 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(1), 22–36. https://doi.org/10.54437/IRSYADUNA.V3I1.902

Radika, Ammorti. (2021). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Peserta Didik Di Smp Negeri 7 Bandar Lampung. Repository.Radenintan.Ac.Id.

Rahim, Abdul. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.35326/TAKSONOMI.V2I2.2717

Ramadhan, Syahru. (2020). Kreativitas Guru SD/MI dalam Mendesain Pembelajaran PAI dan Implikasinya terhadap Penanaman Sikap Toleransi Siswa di MIN 1 Sila. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(2), 181–205. https://doi.org/10.52266/KREATIF.V18I2.512

Rati, Ni Wayan, Kusmaryatni, Nyoman, & Rediani, Nyoman. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Ridwan. (2014). Upaya-Upaya Peningkatan Profesionalisme. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 83–95.

Romdoni, Nur Muhamad. (2019). Kreatifitas Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Miftakhul Khoir Karangrejo Purwosari. Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(1), 38–43. Retrieved from https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3158

Salsabila, Unik Hanifah, Ramandhani, Desti Meliana, Ayunissa, Risma, Qurrata’ayun, Anisa, & Sadiah, Halimatus. (2023). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Merdeka Belajar. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 260–270. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V6I1.512

Satria, Ahmad. (2023). Islam dan Fenomena Globalisasi: Analisis Ayat Al-Qur’an dengan Metode Tafsir Maudhui. Gunung Djati Conference Series: Seminar Isu Kontemporer.

Shaleh, Muhammad, & Jamal, Muh. Junadri. (2022). Kreativitas Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15–27. Retrieved from https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/1975

Shihab, Quraish. (2005). Tafsir Al-Misbah Jilid 6 (Pesan, dan Kesan Keserasian Al-Qur’an) (Vol 2). Tangerang: Lentera Hati.

Sugiyono. (2023). Metode Peneltian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanti, S., Qory, QSA, Nasution, HQ, Simatupang, NR, & Lubis, KH. (2023). Analisis Strategi Pembentukan Karakter dan Kreatifitas Guru Kepada Siswa di RA Maghfirah. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 182–189. https://doi.org/10.59581/JMPB-WIDYAKARYA.V1I4.1997

Tanjung, Wisudatul Ummi, & Namora, Dian. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/AL-THARIQAH.2022.VOL7(1).9796

Tetambe, Ahmad Ghifari, & Dirman, Dirman. (2021). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Ict. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 80. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2920

W, Sulaiman. (2022a). Implementasi Landasan Pengembangan Kurikulum MAN 1 Aceh Tamiang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2697–2703. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2605

W, Sulaiman. (2022b). Konsep Moderasi Beragama dalam Pandangan Pendidikan Hamka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2704–2714. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2593

Zabidi, Ahmad. (2020). Kreativitas guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran pai di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Inspirasi (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam), 3(2), 128–144. https://doi.org/10.61689/INSPIRASI.V3I2.134

Zainuddin, Zainuddin, & Sulaiman W., Sulaiman W. (2022). Pola Dasar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Anak Sholeh Perspektif Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 329. https://doi.org/10.35473/IJEC.V4I2.1780

Zainuddin, Zainuddin, W., Sulaiman, Musriaparto, Musriaparto, & Nur, Muhammad. (2022). Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4335–4346. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I5.2606




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.