Kreativitas Guru PAI dalam Menerapkan Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Novia Fehbrina, Asnil Aidah Ritonga

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut guru untuk bisa menyesuaikan diri agar dapat menghadapi tantangan mengajar generasi Z. Namun, pada kenyataannya masih terdapat banyak guru yang belum mampu bersaing di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kreativitas guru PAI dalam menerapkan media pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, tepatnya di SMP Swasta Muhammadiyah 01 Medan, Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh peneliti melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memiliki pemahaman yang baik dan menyadari akan pentingnya media. Sehingga, guru menggunakan media yang bervariasi yang meliputi PowerPoint, video pembelajaran, gambar, e-book, dan games edukasi. Kebaharuan dalam penelitian ini adalah penerapan media yang dilakukan dengan melibatkan siswa dan teknologi dalam pembuatannya, yang masih jarang dilakukan di sekolah-sekolah lain sebagaimana penelitian terdahulu peneliti. Kontribusi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswaTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Kreativitas Guru PAI, Media Pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Abdul Mun’im Amaly, Muhammad, Giantomi, Erihadiana, Muhammad, & Zaqiah, Qiqi Yuliati. (2021). Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 88–104. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712

Abdurrahman, Abdullah bin Muhammad bin. (2003). Tafsir Ibnu Katsir 1 c.pdf. Tafsir Ibnu Katsir, p. 789.

Adam, Adiyana. (2023). Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Amanah Ilmu IAIN Ternate, 3(1), 13–23.

Amin, Nurdin, Oviana, Wati, & Ghassani, Fildzah. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Web Menggunakan Web Anyflip pada Materi Sistem Pencernaan. Bioeducation Jurnal, 5(2), 99–110.

Asqalani, Ibnu Hajar Al. (2002). Fathul Baari Buku I. In Pustaka Azzam.

Dewantara, Andi Harpeni, B., Amir, & Harnida. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.

Dwistia, Halen, Sajdah, Meilisa, Awaliah, Octa, & Elfina, Nisa. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33

Dwiyono. (2017). Game Media Pembelajaran Interaktif Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Penggunaan Peralatan Tangan ( Hand Tools) Dan Peralatan Bertenaga (Power Tools). Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(4), 343–351.

E.M, Abdul Ghafar. (2003). Tafsir Ibnu Katsir 5.1.pdf.

Fitri Amaliyah Batubara, Nurhalima Tambunan, Nanda Rahayu Agustia. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Power Point. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.

Hafizah, Nurul. (2023). Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1675. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2699

Hamzah Pagarra, Ahmad syawaluddin, Wawan Krismanto, Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, Khairani, HarahapTuti, & Tahrim, Tasdin. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hasanah, Nurul. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 34–41.

Hibana, Susilo Surahman. (2021). Kompetensi Digital Guru dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidkan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4, 607–615. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1392

Hilali, Muhammad. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban. Jurnal Hasbuna, Vol. 2, 103–111.

Humaidi, Humaidi, & Sain, Moh. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 146–160. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.238

Husaini. (2021). Eksistensi Guru dalam Proses Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid-19 di Kota Lhokseumawe Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe Eksistensi guru dalam Proses Belajar Mengajar ( PBM ) menjadi keniscayaan . Tanpa adanya guru , pembelajaran akan sulit dilak. 12(2), 299–322.

Ina Magdalena, Roshita, Sri Pratiwi, Alfiana Pertiwi, Anisa Putri Damayanti. (2021). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 334–346. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139

Ismail, Sulaiman, & W, Sulaiman. (2023). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 10399–10408. Retrieved from https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1939

Kamilah, Mila Nurul, Noor, E. Tajuddin, & Mustofa, Taufik. (2021). Kreatifitas Guru PAI dalam Penggunaan Media Powerpoint di SMPN 1 Karawang Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 223–226. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.204

Khairani, Miftahul, Sutisna, Sutisna, & Suyanto, Slamet. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaraan. Surabaya: Bintang Surabaya.

Kuswanto, Endik, & Romelah. (2020). Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Islam. Jurnal Penelitian Humano, 11(1), 33–38.

Lubis, Yudha Wijaya, & Ritonga, Asnil Aidah. (2019). Mobilization School Program: Implementation of Islamic Religious Education Teacher Preparation in Elementary Schools. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 144–158. https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.632

Makdis, Nasrul. (2020). Penggunaan e-book pad era digital. Al-Maktabah, 19, 77–84.

Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 1–13.

Qolbiyah, Aini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48.

Rahayuningsih, Yayu Sri, & Muhtar, Tatang. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. 6(4), 6960–6966. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433 ISSN

Rahmatika, Adelya Widyana, & Nadlir, Nadlir. (2023). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Berbasis Digital pada Fiqih Kurikulum Merdeka di MI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 763–768. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.685

Rizal, Setria Utama, Hamdi, Nurul Hikmah. (2023). Digitalisasi Pembelajaran PAI dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Prosiding The 3nd Annual Conference on Islamic Religious Education, (3), 1–9.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sa’i, Mad, & Jinan, Rihatul. (2022). Media Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Gunung Djati Conference Series, 10, 404–406.

Salsabila, Unik Hanifah, Ramandhani, Desti Meliana, Ayunissa, Risma, Qurrata’ayun, Anisa, & Sadiah, Halimatus. (2023). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Merdeka Belajar. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 260–270. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V6I1.512

Septianti, Nevi, & Afiani, Rara. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2 [The Importance of Understanding the Characteristics of Elementary School Students at SDN Cikokol 2]. Septiani, Nevi Afiani, Rra, 2(1), 7–17.

Syahroni, Mashud, Dianastiti, Firstya Evi, & Firmadani, Fifit. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. 4, 170–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847 Pelatihan

Tanjung, Wisudatul Ummi, & Namora, Dian. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/AL-THARIQAH.2022.VOL7(1).9796

Tetambe, Ahmad Ghifari, & Dirman, Dirman. (2021). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Ict. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 80. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2920

Wahyuni, Septia, Rahmadhani, Elfi, & Mandasari, Lola. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.131

Wella Ayu Ningkrum, Hidayatus Sholihah. (2021). Kreativitas Guru PAI dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 di SMPN 02 Juwana. Prosiding Seminar Nasional Konstelasi Ilimiah Mahasiswa Unisulla (KIMU) Klaster Humaniora, 120–127.

Yulianti, Ari, & Ekohariani. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 527–533.

Yuswanti. (n.d.). Pengunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. (september 2016), 1–6.

Zaim, Muhammad. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Di Era Milenial 4.0. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i1.9200




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.