Tinjauan Teoritis terhadap Pembelajaran Puasa dengan Pendekatan Kesehatan Melalui Pembelajaran Kolaboratif

Umni Afifah, Ibnu Hasan, Wage Wage

Abstract


Abstract: Teaching fiqh material must be thoroughly understood so that fatal understanding does not occur, one of which is material about fasting. Fasting is not only taught according to religious rules because it will create an understanding that fasting is worship and an obligation that has no influence on every human being. Therefore, fasting learning needs to be done with a health approach and implementing collaborative learning. The aim of this research is to provide effective, interactive learning to increase understanding and perfect practice that fasting is not just worship. This research uses library research by reviewing literature accessed via the Harzing's Publish or Perish application. Searches using keywords include the process of learning fasting material, the effect of fasting on body health, the function of fasting for health, collaborative learning, collaborative learning on fasting material. Search for scientific articles from 2018 to 2023 which are then discussed based on content. The results of this research are that teachers convey fasting learning with a health approach through collaborative learning in the form of contextual learning, student team achievement divisions, games, and learning media in the form of playing audiovisual videos related to fasting in health aspects.

Abstrak: Mengajarkan materi fikih harus dengan pemahaman secara menyeluruh agar tidak terjadi pemahaman yang fatal  salah satunya adalah materi tentang puasa. Puasa tidak hanya diajarkan sesuai kaidah agama saja karena akan menimbulkan pemahaman bahwa puasa sebagai ibadah dan kewajiban  yang tidak memiliki pengaruh bagi setiap insan. Maka dari itu pembelajaran puasa perlu dilakukan dengan pendekatan kesehatan dan menerapkan pembelajaran kolaboratif. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan pembelajaran yang efektif, interaktif untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan sempurna bahwa puasa bukan hanya ibadah . Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka  dengan meninjau literature yang diakses melalui aplikasi Harzing’s Publish or Perish. Pencarian menggunakan kata kunci antara lain proses pembelajaran materi puasa, pengaruh puasa kesehatan tubuh, fuction of fasting in health, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kolaboratif pada materi puasa. Pencarian arikel ilmiah dari tahun 2018 hingga 2023 yang setelah itu dianalisis berdasarkan isi. Hasil penelitian ini adalah guru  menyampaikan pembelajaran puasa dengan pendekatan kesehatan  melalui  pembelajaran kolaboratif berupa  contextual teaching learning, students teams achievement divison, games, dan media pembelajaran berupa audiovisual pemutaran video berkaitan dengan puasa pada aspek kesehatan.  

 


References


Afifah, U., Darodjat, & Sriyanto. (2023). The Role Of Humanistic Theory In Authentic Assessment Of The Affective Domain In Islamic Education Learning. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences, ICONESS 2023. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2023.2335493

Afifah, U., & Sulaeman, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Question Card. Alhamra Jurnal Studi Islam, 3(2).

Afifah, U., & Sulaeman, A. (2023). Peningkatan Intelektualitas Melalui Implementasi Teori Belajar Kognitif dan Board Game pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alhamra Jurnal Studi Islam, 4(1), 73–81.

Al-Zuhayly, W. (2005). Puasa dan Itikaf Kajian Berbagai Mazhab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), 5(1), 24–32.

Anton, S. D., Moehl, K., Donahoo, W. T., Marosi, K., Lee, S. A., III Mainous, A. G., … Mattson, M. P. (2018). Flipping the Metabolic Switch: Understanding and Applying the Health Benefits of Fasting. Obesity Biology and Integrated Phsiology, 26(2), 254–268. https://doi.org/10.1002/oby.22065

Chanifudin, & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77

Dzulhijah, F., Safa Salsabila, S., Bisma, M., & Daidaban, L. (2023). Puasa Senin Kamis dalam Segi Kesehatan. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(5), 303–310. Retrieved from https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index

Erbil, D. G. (2020). A Review of Flipped Classroom and Cooperative Learning Method Within the Context of Vygotsky Theory. Frontiers in Psychology, 11(June). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01157

Erniza, I. (2022). Snowball Throwing dalam Pembelajaran PAI Materi Puasa untuk Siswa Kelas VIII SMP N 8 Bintan. GHIROH : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 25–34.

Gifari, M. H. C. Al, & Firdaus, M. F. (2023). Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan Pencernaan. Jurnal Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(6), 742–756.

Habib, A. N., Indria, D. M., & Firmansyah, M. (2022). Pengaruh Proses Pembelajaran Mandiri dan Kolaboratif dalam Problem Based Learning ( PBL ) The Impact of Independent and Collaborative Learning Method in Problem Based Learning ( PBL ) on The Academic Performance of Medical Students Based on the Grade Poin. Jurnal Kedokteran Komunitas, 10(01).

Harianto. (2021). Teologi “Puasa” Dalam Perspektif Kesehatan, Psikologis Dan Spiritual Untuk Meningkatkan Kualitas Manusia Hidup. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5(2), 155–170. https://doi.org/10.51730/ed.v5i2.82

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 1, 12–21. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/download/396/359

Jamaluddin, S. (2015). Kuliah Fiqh Ibadah. Yogyakarta: LPPI UMY.

Khosiah, F. N. (2023). Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Materi Puasa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 37–49. https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v4i1.561

Makhful, & Hasan, I. (2021). Learning Model of Islamic Religious Education and Character During the Pandemic Period at SMP Negeri 8 Purwokerto. Ijtim ā ’ Iyya : Journal of Muslim Society Research, 6(2), 147–163.

Mitchell, S. J., Bernier, M., Mattison, J. A., Aon, M. A., Kaiser, T. A., Anson, R. M., … de Cabo, R. (2019). Daily Fasting Improves Health and Survival in Male Mice Independent of Diet Composition and Calories. Cell Metabolism, 29(1), 221–228. https://doi.org/10.1016/j.cmet.2018.08.011

Nuraini, N. S., Asari, F. A., Nur’ Aini, R., & Habibah, S. S. (2023). Pengaruh Puasa Terhadap Kesehatan Tubuh Dan Mental Dalam Islam. JIS : Journal Islamic Studies, 1(2), 235–241.

Nurjanah, Cahyono, N. A. S., & Fathan, M. N. (2023). Pengaruh PuasaTterhadap Kesehatan Tubuh, Kesehatan Mental, dan Prestasi Belajar. Joural Islamic Education, 1(4), 71–84.

Nurrita, T. (2018). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Misykat, 03.

Pakaya, I. I., & Ibrahim, D. (2019). Pembelajaran Kolaboratif pada Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogika, 10(1), 15–26.

Paoli, A., Tinsley, G., Bianco, A., & Moro, T. (2019). The Influence of Meal Frequency and Timing on Health in Humans: The Role of Fasting. Nutrients, 11(719), 1–19. https://doi.org/10.3390/nu11040719

Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.817

Purwati, Z. D. (2020). Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Eprints.Uad.Ac.Id. Jogjakarta. Retrieved from http://eprints.uad.ac.id/20206/1/BUKU REF_COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.pdf

Ratnaningsih, D., & Septiana. (2019). Pembelajaran Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Negeri 1 Kotabumi. Jurnal Elsa, 17(1).

Rifani, I., & Lobja, X. E. (2020). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Manado. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 5(1), 45–49.

Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Sastri, E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Pada Materi Puasa Ramadhan Kelas 5 DI SDN 68 Bengkulu Tengah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3), 355–364. Retrieved from http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/375%0Ahttp://202.162.210.184/index.php/guau/article/download/375/346

Seambaga, A. A., & Ramadhan, M. R. (2023). Pengaruh Puasa terhadap Sistem Pencernaan Tubuh bagi Umat Muslim. Jurnal Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(6), 895–904.

Siregar, R. (2020). Pendekatan-Pendekatan Islam Untuk Mencapai Kesehatan Mental. AL-IRSYAD: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 251–264. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/5163/3688

Sutami. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Puasa Ramadhan Melalui Pendekatan Cooperative Model STAD. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(2), 108–123. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.120

Thobroni. (2015). Belajar & Pembelajaran Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Wahyuningrum, P. M. E. (2021). Analisis Penerapan Collaborative Learning dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 3(4), 568–574. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.3060

Widiandari, F., & Hamami, T. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pendekatan Humanistik Di Indonesia. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14, 164–174.

Winata, K. A. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif dan Kreatif untuk Mengahadapi Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 12–24.

Yati Oktavia, S., Putri, E. M., Yolanda, S. H., Anggraini, V., Alfajar, T., Setiawan, & Akbar, T. K. (2023). Pengaruh Puasa Terhadap Kesehatan Mental Siswa. PROCEEDING CONFERENCE ON PSYCHOLOGY AND BEHAVIORAL SCIENCES, 2(1), 82–85.

Zuhriyah, A. (2022). Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(2), 100–108. https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1016




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.29515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.