Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Laju Reaksi Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA

Nur Khalishah, Zurweni Zurweni, Yusnaidar Yusnaidar

Abstract


Abstract: This research aims to develop interactive learning multimedia based on Articulate Storyline for the topic of reaction rates oriented toward Chemo-Entrepreneurship. The Research and Development Lee & Owens method was employed, using instruments such as interviews, questionnaires, pre-tests, and post-tests. The validation results from content and media experts indicated a high level of suitability. Evaluation by teachers and feedback from students also demonstrated a high level of satisfaction. The pre-test and post-test showed a significant improvement in creative thinking ability with an N-Gain score of 0.635. In conclusion, this multimedia is conceptually and procedurally sound, practical, and sufficiently effective in enhancing creative thinking skills related to reaction rate topics.


Keywords


Articulate Storyline, Chemo-Entrepreneurship, Media Pembelajaran, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Alqadri, S. N. Z., Iriani, R., & Hamid, A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually Dan Repetition (Air) Pada Materi Larutan Penyangga, JCAE (Journal of Chemistry And Education), Vol 4, No 3, 108-115.

Andrean, D, M., Yerimadesi, Gazali, F. (2019). Validitas dan Praktikalitas Modul Sistem Koloid Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) untuk Kelas XI IPA SMA/MA. Edukimia Journal, 1(1), 62-68.

Darni, D., Akmal, A., Ramadhan, D., & Ismail, I. (2023). Model Student Self Assessment for Geography Teacher at MAN. International Journal of Educational Dynamics, 5(2), 163-170.

Dewi, C. A., & Mashami, R. A. (2019). The effect of Chemo-Entrepreneurship oriented inquiry module on improving students’ creative thinking ability. Journal of Turkish science education, 16(2), 253-263.

Dito, B, S., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65.

Farkhati, A. (2019). Implementasi manajemen pembelajaran kimia berbantuan e-lkpd terintegrasi Chemo-Entrepreneurship untuk menganalisis soft skill siswa. Chemistry Education, 8(2), 2-3.

Fitriza, Z., & Elvira, S. (2023). Analysis of the Structure and Content of the Independent Curriculum on Basic Law of Chemistry. Journal of Educational Sciences. 7(2), 358-368.

Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hanifa, E., Hairida, Rasmawan, R., Masriani & Lestari, I. (2024). Kesiapan Guru Kimia dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 957-964.

Hasan & Milawati. (2021). Media Pembelajaran.Tahta Media Group.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). “Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).” Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 (021): 1–20.

Lubis, D. A., Maulina, J., & Pohan, L. A. (2018). Pengembangan Multimedia Menggunakan Endekatan Saintifik Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Cheds: Journal Of Chemistry, Education, And Science, 2(2), 11-21.

Mandasari, Y. D., Subandowo, M., & Gunawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 4, No 3, 309-318.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning Second Edition, New York: Cambridge: Cambridge University Press.

Minarni, M., Epinur, E., Yusnidar, Y., Syahri, W., Rusdi, R., & Afrida, A. (2023). Penggunaan Laboratorium Virtual Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 3 Muaro Jambi. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 11-18.

Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17-23.

Nismalasari, N., Santiani, S., & Rohmadi, M. (2016). Penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran harmonis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2).

Nirwana, E., & Yenti, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Kimia dengan Pendekatan Chemo-Enterprenneurship (CEP) berorientasi Green Chemistry Pada Materi Asam Basa. Konfigurasi, 5(1), 49-56.

Nurlina, S. S., Nurfadilah, S. P., & Bahri, A. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran,Makassar: LPP UNISMUH Makassar .

Pangestu, N. S., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215– 226.

Putriani, D, J., & Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 831-838.

Qonita, N. A., Sari, W. K., & Mardhiya, J. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan Articulate Storyline. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(2), 109-120.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.

Saselah, R, Y. (2021). Pengembangan Media Pugar dalam Pembelajaran Berbasis Proyek berorientasi Chemo-Enterpreneurship (CEP) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 4(2), 174-190.

Sinaga E, S, W., Yusnaidar, Syahri, W., & Muhaimin. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Multipel Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 81-91.

Sundari, C., & Silitonga, M, P. (2022). Penerapan Media Interaktif Articulate Storyline dalam Pembelajaran Ikatan Kimia di SMA. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 421-427.

Syahputra, F., & Maksum, H. (2020). The Development ofInteractive Multimedia Learning inInformation and Communication Technology Subjects. Journal of Educational Research and Evaluation, 4(4), 428-434.

Mariani, R., Marzal, J., & Zurweni, Z. (2021). Pengembangan media mobile learning dengan pendekatan saintifik berbasis keterampilan berpikir kritis matematis siswa kelas XI MAN 2 kota jambi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3295-3310.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Santoso, B. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Prinsip Mayer Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis untuk Siswa SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. journal.iaingorontalo, 16(2), 41-49.

Sari, F. A., Pratiwi, U., & Fatmaryanti, S. D. (2022). Pengembangan media interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatakan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1), 24-32.

Septiani, D. B., & Okmarisa, H. (2023). Pengembangan media pembelajaran menggunakan construct 2 dengan pendekatan scaffolding pada materi laju reaksi. Journal of Research and Education Chemistry (JREC), 5(1), 13.

Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33.

Sinaga, W. S. E., Yusnaidar, Y., Syahri, W., & Muhaimin, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Multipel Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 81-91.

Sugilar, H. (2019). Multimedia Matematika di Era Digital. Seminar Nasional Teknik Elektro. 442-451.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik, Jember: Pustaka Abadi.

Wibowo, T., dan Ariyatun, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Terhadap Kreativitas Siswa SMA Modern Pondok Selamat Pada Materi Kelarutan dan KSP, JTK (Jurnal Tadris Kimiys), Vol 03, No 1: 62-72.

Widiyatmoko Arif. (2023). Teori Pembelajaran IPA. Pekalongan : PT Nasya Expanding Management.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.29483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.