Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VI

Joni Herwanto, Sofyan Sofyan, Ali Idrus

Abstract


Penelitian ini berawal dari keterbatasan bahan ajar di sekolah yang hanya mengandalkan buku tema sebagai satu-satunya sumber pembelajaran. Kurangnya alat bantu untuk memahami konsep bilangan bulat, terutama dalam operasi yang melibatkan bilangan bulat negatif, mendorong pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, mencakup tahap Analisis, Perancangan, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan tingkat validitas yang tinggi, sementara tanggapan praktisi dan siswa juga positif. Hasil uji kemampuan siswa menunjukkan efektivitas LKPD dalam meningkatkan pemahaman. Berdasarkan uji coba dan validasi, dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Inkuiri ini sangat layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi bilangan bulat pada siswa kelas VI.

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, E. (2019). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4R) Pada Matei Trigonometri Kelas Xi. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1).

BSNP. (2012). Standar Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: BSNP.

Chodijah, S., Fauzi, A., & Wulan, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, hlm. 1-19.

Darni, D., Akmal, A., Ramadhan, D., & Ismail, I. (2023). Model Student Self Assessment for Geography Teacher at MAN. International Journal of Educational Dynamics, 5(2), 163-170.

Das Salirawati. (2004). Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. UNY

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Depdiknas

Dewi, L. N., dkk .(2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar ipa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3.

Eliza, F. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif mata kuliah gambar listrik yang menggunakan Autocad pada program studi pendidikan teknik elektro FT UNP. Jurnal teknologi informasi & pendidikan.

Endang Widjajanti. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan Penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanna Uly Yunitasari. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Terpadu Berpendekatan SETS dengan Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP. Skripsi. UNS.

Hapsari, Dwi P., Suciati SudariSDn, Marjono (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biologi. 4 (3): halaman 21-22.

Hasbullah. 2014. Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Rajawali Pers. Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K., dan Caspari, A.K., (2007), Guided Inquiry :Learning in 21st Century School, Greenwood Publishing Group, USA.

Lindawati, Sri. 2014. “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan UNSIKA Vol.2, No.1 ISSN 2338-2996.

O'Connel S., Bamberger J. H. & Oberdorf C. (2007). Introduction to Connection, Grade 3-5. The Math Process Standars Series. Portsmouth: Heinemann.

Paidi. (2007). Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Winarsi, Oktavia. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tempel. (http://eprints.uny.ac.id/ 22214/5/1.HALAMAN%20 DEPAN.pdf, diakses pada 16 Juni 2023).

Movitaria, M. A., & Shandra, Y. (2020). Improving Teachers’ Abilities In Video Based Learning By Using Microsoft Powerpoint Application Through Workshop. Jurnal Basicedu, 4(4), 1423–1428.

Rosita, R & Basyah, L. M. A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Inkuiri Terbimbing di Kelas IV SD Inpres 3 Terpencil Baina’a. Jurnal Kreatif Tadulako, 4 (6), 244— 256.

Amelya, R. & Suprayitno. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Membuat Motif Hias Dekoratif Kelas III SD. Jurnal PGSD, 8 (5), 1054-1065.

Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.29382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.