Integration of Amanah Educational Value in Children at A Family Institutions

Marhamah Marhamah, Zikriati Zikriati, Murazan Murazan, Muhajir Al-Fairusy

Abstract


Penelitian ini menggambarkan salah satu proses integrasi nilai-nilai pendidikan pada anak. Anak sebagai bagian penting dalam keluarga perlu dididik dan ditanamkan nilai-nilai yang menjadi landasan sikap sebagai individu, salah satunya adalah sifat dapat dipercaya dalam institusi keluarga. Sikap nilai amanah merupakan salah satu sifat mulia yang harus selalu ada dalam diri setiap orang, baik dalam membangun hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, bahkan dengan sesama manusia. Memberikan pendidikan yang amanah kepada anak merupakan suatu keharusan bagi para orang tua, karena sifat tersebut merupakan salah satu ciri yang menunjukkan sikap dan kepribadian seorang anak yang nantinya akan mewarnai kehidupannya sehari-hari. Penelitian ini berbentuk studi literatur deskriptif dengan mengkaji berbagai sumber bacaan yang berkaitan dengan pendidikan kepercayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi sifat amanah dapat dilakukan oleh orang tua dalam lingkungan keluarga melalui keteladanan, meskipun begitu disertai dengan nasehat dan pendidikan lainnya. seperti dalam berinteraksi, berkomunikasi dan berkepribadian. Semua tindakan tersebut dapat dilakukan oleh orang tua dengan cara berkomunikasi dan memberi contoh kepada anak, terutama saat berinteraksi dengan sesama anggota keluarga.

Full Text:

PDF

References


Abdi, K., & Anom, E. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak Di Kepenghuluan Panipahan Darat Kecamatan Pasir Limau Kapas. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 16(02). https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6270

Achlami, H. (2015). Tasawuf Sosial Dan Solusi Krisis Moral. Ijtimaiyya, 8(1).

Ahmad, E. S. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlakul Karimah Anak. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 19(1). https://doi.org/10.47467/mk.v19i2.430

Al haq, A. F., Raharjo, S. T., & Wibowo, H. (2015). KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK DI INDONESIA. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13233

Asfar, I. T. (2019). ANALISIS-NARATIF-ANALISIS-KONTEN-DAN-ANALISIS-SEMIOTIK. ResearchGate .

Asy Mas’udi. (2000). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. PT. TigaSerangkai.

Aunur Rahim Faqh. (2004). Bimbingan dan Konseling dalm Islam. UII PRESS.

Efendi, B. (2021). Dinamika komunikasi (telaah atas sejarah, perkembangan dan pengaruhnya terhadap teknologi kontemporer). El-Hikam: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 14(2).

EL-Quusy, A. A. (1997). Pokok-Pokok Kesehatan Jiwa/Mental. In Bulan Bintang.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SEORANG ANAK DARI USIA DINI. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28257

Hardiono, H. (2020). SUMBER ETIKA DALAM ISLAM. JURNAL AL-AQIDAH, 12(2). https://doi.org/10.15548/ja.v12i2.2270

Harlina, D., Novitasari, V., Sari, M. N., M, R. A. A., & Rianti, E. (2018). Sikap Over Protective Orangtua Terhadap Perkembangan Anak. Jurnall Penelitian Guru Indonesiia, 2(2).

Hasan Langgulung. (1990). Azas-azas Pendidikan Islam. Pustaka Husna.

Hernita Wati. (2017). Pemakai Busana Muslimah dan Akhlak Peserta Didik SMP 1 Gunung Terang Tulang Bawang Barat [Master Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Hirashita, C. M., Nisa, A., & Evitarini, A. (2018). Pengenalan Psikologi Anak dalam Pembentukan Karakter. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2035

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Keikazeria, V. M., & Ngare, F. (2020). Komunikasi Interpersonal Ibu dan Anak dalam Pembentukan Karakter Beribadah Anak. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2). https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2406

Luthfan Ariq Alfaridzi, & Kurniadi, O. (2023). Komunikasi Orang Tua Tunggal Ayah dalam Membentuk Karakter Remaja. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.5493

Marhamah. (2018). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2).

Mitra, O., & Adelia, I. (2021). Profil Orang Tua Sebagai Pendidik Menurut Al Qur’an. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.759

Mustafa Fahmi. (1997). Kesehatan Jiwa: Dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Bulan Bintang.

Mutafarrida, L. (2023). Hubungan Orang Tua, Lingkungan Dan Guru Dalam Pendidikan Anak. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7655

Nasution, S. B. (2019). Peran Orangtua Dalam Menghadapi Anak Yang Kecanduan Media Sosial Di Desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Doctoral Dissertation, IAIN Padangsidimpuan.

Nuraisyah Annas, A. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spritual Pendidikan Islam. Tadbir: Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).

Purwanto, N. A. (2006). Kontribusi pendidikan bagi pembangunan ekonomi negara. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY.

Putra, H. M., Setiawan, D.-, & Fajrie, N.-. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5088

Rehani Idris. (2005). Keluarga Sebagai Institusi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Baitul Hikmah Press.

Samsuar A. Rani, Zikriati Zikriati, Aan Muhammady, Syukran Syukran, & Banta Ali. (2023). Arabic Language Learning Based on Technology (Opportunities and Challenges in the Digital Era). Nternational Journal of Education, Language, and Social Science, 1(1), 1–11.

Subagio Atmodiwirio. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Rena Cipta.

Sulaiman, M., Al Hamdani, M. D., & Aziz, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.156

Suriani Sudi, F. M. S. dan P. Y. (2017). Spiritual in the Quran: concepts and constructs: Spiritual di dalam al-Quran: konsep dan konstruk. Al-Irsyad: Journal of Islamic and Contemporary Issues, 2(1).

Syamsuar, Saputra, R., Yusoff, Z. Bin, Islamiyah, U. H., Zikriati, & Wathan, N. (2019). The strategies of Teungku Chiek Dirundeng to develop islamic education in Aceh, Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 18(5).

Syamsul Hadi, S. H. (2013). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.104

Syarifah Rohana, Erizar, Hanifuddin, & Syamsuar. (2022). THE ROLE OF THE DEPARTMENT OF EDUCATION IN IMPROVING THE QUALITY OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(5).

Tekerop, E. P., Elisabeth, R., & Munte, A. (2022). Kontribusi Kecerdasan Naturalis Anak Menurut Filosofi Jean-Jacques Rousseau: Studi Literatur. Journal Elmentary Education P.Issn, 1(2).

Waruwu, M., & Panjaitan, F. (2023). Pembentukan Karakter pada Anak Usia Dini: MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1). https://doi.org/10.55967/manthano.v2i1.29

Yunita, Y., Akzam, I., & Pebrian, R. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Muwashafat Pada Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4288

Zakiah Daradjad. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.29269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.