Pengembangan E-Modul Ajar berbasis Science Environment Technology and Society (SETS) terhadap Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Diana Annisa, Astri Sutisnawati, Luthfi Hamdani Maula, Din Azwar Uswatun

Abstract


Pengembangan e-modul ajar berbasis SETS ini bertujuan untuk mengukur kelayakan e-modul ajar yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan SETS terhadap literasi sains peserta didik. model yang digunakan dalam pengembangan produk ini yaitu Borg and Gall . Penelitian ini dilakukan pada satu kelas eksperimen, yaitu penelitian hanya dilakukan di kelas tersebut mulai dari pretest , treatment dan posttest . Berdasarkan hasil olah data pada pretest dan posttest pengaruh e-modul ajar terhadap literasi sains yaitu dalam kategori sedang dan cukup efektif. Sedangkan hasil validasi ahli mendapatkan nilai dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi praktisi dengan kategori layak. Kesimpulannya e-modul ajar berbasis SETS ini layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di sekolah dasarTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


E-Modul Ajar, SETS, Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Asyhari, Ardian. 2015. “Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 4(2): 179–91.

Class, Open et al. “Malebbi Malebbi.” (1): 12–18.

Etistika Y W, Dwi A S, and Amat N. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan.” Jurnal pendidikan 1: 263–78. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Feriyanti, Nindy, Sholeh Hidayat, and Luluk Asmawati. 2019. “Pengembangan E-Modul Matematika Untuk Siswa SD (The Development of E-Modul Mathematics For Primary Students).” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran: 1–12.

Hayati, Isna Amanatul, Dadan Rosana, and Sukardiyono Sukardiyono. 2019. “Pengembangan Modul Potensi Lokal Berbasis SETS.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 5(2): 248–57.

Herawati, Nita Sunarya, and Ali Muhtadi. 2018. “Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5(2): 180–91.

Pembelajaran, Dalam, Seni Tari, and D I Sekolah. 2023. “3 1,2,3.” 09: 1585–95.

Putri, Inayah Adini, Rohmat Widiyanto, and Marzuki Mahmud. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research).” Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar 1(2): 141–60.

Rini, Candra Puspita. 2017. “Pengaruh Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2(1): 56.

Sugihartini, Nyoman, and Nyoman Laba Jayanta. 2017. “Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 14(2): 221–30.

Susanti, Erina Dwi. 2021. “Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada.” Range: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1): 37–46.

Tulandi, Djeli Alvi, and Maria Resbal. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Eksploratif Tentang Konsep Dan Proses Fisika Di Permukaan Air Danau Tondano.” Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika 3(3): 29–34.

Ulfah, Nurul, Ibrahim Ibrahim, and Vlorensius Vlorensius. 2020. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society) Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Tarakan.” Borneo Journal of Biology Education 2(1): 24–32.

Veirissa, Audi Hifi. 2021. “Kualitas Guru Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 4: 267–72.

Winatha, Komang Redy. 2018. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 15(2): 188–99.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.28981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.