Istima' Bahasa Arab melalui Penggunaan Gadget: Studi Kasus di PTAI Provinsi Riau
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 5, pp. 181-188).
Alfaini, S. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 133-147.
Amalia, T. (2019). Penggunaan media google form dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab maharah kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 318-323.
Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013, June). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. In Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization (pp. 362-371).
Amrina, A., & Mudinillah, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Audacity pada Pembelajaran Istima'Kelas XI MAS Madinatun Najjah. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(2), 139-155.
Aprizal, A. P. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2).
Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1990). Looking at the bright side: A positive approach to qualitative policy and evaluation research. Qualitative sociology, 13(2), 183-92
Bonvillain, N. (2019). Language, culture, and communication: The meaning of messages. Rowman & Littlefield.
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications Inc.
Faiqoh, N. M. R., & Baroroh, R. U. (2020). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Pada Maharah Istima'. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 213-228.
Fitriyah, T., & Fauzi, M. F. (2020). Improving quality of Arabic translation course through jigsaw cooperative learning. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(1), 17-30.
Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a Sociology of Education (pp. 374-386). Routledge.
Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Maharah Istima’Pada Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 122-129.
Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran maharah al-istima’dengan memanfaatkan media youtube: problematika dan solusi. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147-160.
Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran maharah al-istima’dengan memanfaatkan media youtube: problematika dan solusi. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147-160.
Harrison, R. L., Reilly, T. M., & Creswell, J. W. (2020). Methodological rigor in mixed methods: An application in management studies. Journal of Mixed Methods Research, 14(4), 473-495.
Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan handphone dan hubungan teman pada perilaku sosial siswa smp muhammadiyah luwuk sulawesi tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55-70.
Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh gadget terhadap prestasi siswa smk yayasan islam tasikmalaya dengan metode tam. Jurnal Informatika, 4(2).
Kurniawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78-84.
Linur, R., & Mubarak, M. R. (2020). Facebook sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 8-18.
Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).
Mochammad, P. B., & Syairozi, W. M. (2017). Istiratijiyat Talamidz Al-Marhalah Al-Tsanawiyah bi Ma’had Darussalam Gontor fi Ta’allum Maharah Al-Kitabah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(1), 102-111.
Muradi, A., & Hasbullah, H. (2016). Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Prodi PBA IAIN Antasari Banjarmasin Menurut Model Oxford. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 11(1), 54-62.
Nafaida, R. (2020). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57-61.
Nuraeny, Y. (2016). Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Pada Mata Kuliah Istima’i. Al Ashriyyah, 2(1), 12-12.
Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik teknologi pendidikan: E-learning. Kencana.
Priatno, P., & Marantika, D. (2017). Analisa Penerimaan Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Anak Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. Fibonacci: jurnal pendidikan matematika dan matematika, 4(1), 25-36.
Rosyidi, A. W., & Ni’mah, N. (2011). Memahami Konsep Dasar Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press.
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722-731.
Suroiyah, E. N. (2020). Manfaat Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’(Mendengar). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 16-26.
Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127-144.
Wahab, A. M. (2009). Pemikiran Tammam Hassan dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: UIN Jakarta Press.
Warisyah, Y. (2015). Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua Dalam Penggunaan Device Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.27075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.