Istima' Bahasa Arab melalui Penggunaan Gadget: Studi Kasus di PTAI Provinsi Riau

Kasmiati Kasmiati, Jon Pamil, Masbukin Masbukin, Diah Ira Utami

Abstract


Belajar menyimak bahasa asing, khususnya Bahasa Arab tidak terlepas dari problematika, namun dosen dan mahasiswa selalu berupaya untuk mencari solusinya. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget terhadap istima’ Bahasa Arab. Data digali melalui observasi, survey dan dokumentasi dan dianalisis melalui analisis deskriptif kuanitatif menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran istima’ telah terlaksana sesuai indikator yang telah dijelaskan, yaitu mahasiswa mengenal bunyi-bunyi bahasa arab, mampu membedakan huruf-huruf dan menganalisa lambang-lambang suara atau kode-kode saat pembelajaran istima’, memahami perubahan-perubahan bunyi serta dorongan dari dalam hati menjadi pendorong dalam pembelajaran istima’.

Full Text:

PDF

References


Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 5, pp. 181-188).

Alfaini, S. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 133-147.

Amalia, T. (2019). Penggunaan media google form dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab maharah kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 318-323.

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013, June). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. In Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization (pp. 362-371).

Amrina, A., & Mudinillah, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Audacity pada Pembelajaran Istima'Kelas XI MAS Madinatun Najjah. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(2), 139-155.

Aprizal, A. P. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2).

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1990). Looking at the bright side: A positive approach to qualitative policy and evaluation research. Qualitative sociology, 13(2), 183-92

Bonvillain, N. (2019). Language, culture, and communication: The meaning of messages. Rowman & Littlefield.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications Inc.

Faiqoh, N. M. R., & Baroroh, R. U. (2020). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Pada Maharah Istima'. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 213-228.

Fitriyah, T., & Fauzi, M. F. (2020). Improving quality of Arabic translation course through jigsaw cooperative learning. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(1), 17-30.

Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a Sociology of Education (pp. 374-386). Routledge.

Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Maharah Istima’Pada Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 122-129.

Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran maharah al-istima’dengan memanfaatkan media youtube: problematika dan solusi. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147-160.

Hamidah, H., & Marsiah, M. (2020). Pembelajaran maharah al-istima’dengan memanfaatkan media youtube: problematika dan solusi. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147-160.

Harrison, R. L., Reilly, T. M., & Creswell, J. W. (2020). Methodological rigor in mixed methods: An application in management studies. Journal of Mixed Methods Research, 14(4), 473-495.

Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan handphone dan hubungan teman pada perilaku sosial siswa smp muhammadiyah luwuk sulawesi tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55-70.

Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh gadget terhadap prestasi siswa smk yayasan islam tasikmalaya dengan metode tam. Jurnal Informatika, 4(2).

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78-84.

Linur, R., & Mubarak, M. R. (2020). Facebook sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 8-18.

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).

Mochammad, P. B., & Syairozi, W. M. (2017). Istiratijiyat Talamidz Al-Marhalah Al-Tsanawiyah bi Ma’had Darussalam Gontor fi Ta’allum Maharah Al-Kitabah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(1), 102-111.

Muradi, A., & Hasbullah, H. (2016). Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Prodi PBA IAIN Antasari Banjarmasin Menurut Model Oxford. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 11(1), 54-62.

Nafaida, R. (2020). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57-61.

Nuraeny, Y. (2016). Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Pada Mata Kuliah Istima’i. Al Ashriyyah, 2(1), 12-12.

Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik teknologi pendidikan: E-learning. Kencana.

Priatno, P., & Marantika, D. (2017). Analisa Penerimaan Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Anak Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. Fibonacci: jurnal pendidikan matematika dan matematika, 4(1), 25-36.

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, N. (2011). Memahami Konsep Dasar Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722-731.

Suroiyah, E. N. (2020). Manfaat Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’(Mendengar). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 16-26.

Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127-144.

Wahab, A. M. (2009). Pemikiran Tammam Hassan dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: UIN Jakarta Press.

Warisyah, Y. (2015). Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua Dalam Penggunaan Device Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.27075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.