Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Benda Asli pada materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX-4 SMPN 1 Tanah Merah Tahun Pelajaran 2016/2017

Susi Tri Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bangun ruang di sekolah menengah pertama dengan memanfaatkan media pembelajaran benda asli, khususnya bangun tabung dan kerucut dalam ukuran sebenarnya. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dengan perencanaan dan tindakan yang disesuaikan berdasarkan hasil observasi pada siklus sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran benda asli signifikan dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Terdapat peningkatan yang nyata dalam kategori kesiapan belajar, interaksi antar siswa, interaksi siswa dan guru, serta pemahaman materi pada siklus ketiga. Penelitian ini memberikan implikasi penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memanfaatkan sumber daya di sekitar kita.

Full Text:

PDF

References


Andri, A., Zagir, Z., & Dores, O. J. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2), 414-426.

Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.

Budianti, Y., & Arrahim, D. R. B. (2022). Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(2), 220-233.

Delarosa, T., & Pujiastuti, H. (2023). SLR: Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Newman. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 83-93.

Dina, S. R., Nafiah, M., & Siregar, R. (2022). Analisis Penggunaan Media Realia Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta Didik Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 2(1), 1-9.

Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 124-134.

Hasibuan, A., Setiawan, A., Daud, M., Siregar, W. V., Baidhawi, B., Hendrival, H., ... & Safina, P. A. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Variasi Pembelajaran Online di Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(2), 62-67.

Jamil, A., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2022). Media Google Classroom berbantuan animasi PowerPoint terhadap hasil belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 339-348.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.

Mawardi, A. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 10-18.

Santrock, J. W. (2019). Educational Psychology (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Saputro, K. H., Prasasti, P. A. T., & Raharjo, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Padas pada Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1593-1611.

Supriadi, D. (2018). Implementasi manajemen inovasi dan kreatifitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125-132.

Trianto. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.

Ulandari, N. K. S., & Suantara, I. W. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 1 Bebalang. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 40-45




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.25951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.