An Exploration of Students’ Foreign Language Speaking Anxiety in Classroom Presentation at SMAN 1 Kampar Timur

Sellina Rosa Zumarnis, Zelly Putriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kecemasan berbicara siswa dalam bahasa asing dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadapnya dalam presentasi kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMAN 1 Kampar Timur pada tahun ajaran 2022-2023. Sebanyak empat siswa kelas sepuluh dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara satu lawan satu. Kuesioner FLCAS (Foreign Language Classroom Anxiety Scale) digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan berbicara siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa mengalami tingkat kecemasan yang bervariasi, termasuk tingkat sangat cemas dan cemas. Dalam analisis data, delapan faktor yang berkontribusi terhadap kecemasan berbicara siswa diidentifikasi. Faktor-faktor ini meliputi kurangnya rasa percaya diri, tata bahasa yang kurang baik, pengucapan yang buruk, ketakutan akan membuat kesalahan, ketakutan akan dicemooh, ketakutan akan penilaian negatif, kurangnya persiapan, dan ketakutan akan ujian. Hasil penelitian ini juga menyoroti pentingnya keterampilan tata bahasa dalam mengatasi kecemasan berbicara siswa. Terakhir, penelitian ini menyimpulkan bahwa kecemasan berbicara siswa tidak dapat hanya dinilai dari tingkat kecemasannya, melainkan juga harus mempertimbangkan faktor-faktor yang berkontribusi terhadapnya. Salah satu faktor utama adalah kurangnya persiapan untuk presentasi di kelas.

Full Text:

PDF

References


Agustin, N., Mulyadi, & Elfrida. (2019). The analysis of factors that affect students anxiety in speaking for presentation class (A study of the fourth semester students at the English education study program of University of Bengkulu in academic year 2018/2019. Journal of English Education and Teaching. 3(1). 3(1), 117–126.

Alnahidh, F., & Altalhab, S. (2020). The Level and Sources of Foreign Language Speaking Anxiety among Saudi EFL University Students. Advances in Language and Literary Studies, 11(1), 55. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.11n.1p.55

Brown, H. D. (2001). Teaching by principles: An inteteractive approach to language pedagogy. San Fransisco: Longman.

Christy, A., Jufri, & Mukhaiyar. (2021). The effect of speaking anxiety on students performance in speech class: Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020), Padang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210325.043

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research method in education. 6th edition. New York: Taylor and Francis e-Library.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). New York: Pearson.

Harmer, J. (2001). Essential teacher knowledge: Core concepts in English Language Teaching. Cambridge: Longman.

Horwitz, E. (2001). Language anxiety and achievement. Annual Review of Applied Linguistics, 21, 112–126. https://doi.org/10.1017/S0267190501000071

Horwitz, E. K., Horwitz, M. B., & Cope, J. (1986.). Foreign language classroom anxiety. The Modern Language Journal, 70(2), pp. 125-132.

Liu, M. (2006). Anxiety in EFL classroom: Cause and consequence. TESL Reporter, 39, 13–32.

Oetting, E. R. (1983). Manual Oetting’s Computer Anxiety Scale (COMPAS). Ft. Collins, Colorado: Tri-Ethnic Center for Prevention Research, Colorado.

Parmawati, A. (2018). Using analytic teams technique to improve students’ speaking skill. Journal UNISDA, 3(2).

Permatasari, D. (2021). Speaking anxiety in virtual classroom presentations: How did secondary school students experience it? Journal of Teaching English, 6(3).

Saito, Y., & Samimy, K. K. (1996). Foreign Language Anxiety and Language Performance: A Study of Learner Anxiety in Beginning, Intermediate, and Advanced-Level College Students of Japanese. Foreign Language Annals, 29(2), 239–249. https://doi.org/10.1111/j.1944-9720.1996.tb02330.x

Sugiono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutarsyah, C. (2017). An Analysis of Student’s Speaking Anxiety and its Effect on Speaking Performance. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 1(2), 143. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v1i2.14

Tseng, S. F. (2012). The factors cause language anxiety for ESL/EFL learners in learning speaking. WHAMPOA - An Interdisciplinary Journal, 63, pp. 75-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.25468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.