Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IX SMPN Kuantan Hilir Seberang
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Cahyani, I. G. A. A. N., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pkn. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJTP/article/view/5607.
Kamar, A., & Usman, A. (n.d.). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran Pkn Tipe Stad. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(4), 1–16.
Mudjiono, D. (2009). Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara., Dimyati, A., & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta., Hlm 200 1. 15–49.
Musayana. (2019). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Di Sekolah Dasar Se-Gugus 1 Kendit Kabupaten Situbondo (Skripsi). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/8801/1/43822.pdf
Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968
Rusmini. (2015). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 11–24.
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553.
Sugiyono, P. D. (2016). Minat Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Susilawati, N. D. (2013). Penerapan Strategi Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Berorientasi Pendalaman Konseptual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengetahui Tingkat Miskonsepsi Siswa Terkait Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 38.
Tarigan, R. M. R. B. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Quality, 4(80), 4."
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.24036/8851412020171264
Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement division (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 196-207. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021
Suardika. (2019). Pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa SMP kelas IX.
Suriyani. (2018). Pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap minat belajar siswa pada kelas VIII SMP Jabung Timur. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 119-128.
Daryanti. (2013). Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi perekonomian Indonesia kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang sidimpuan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 36-48.
Aunurrahman. (2013). Peningkatan minat belajar sejarah melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan multimedia di SMP Negeri 1 Garut. Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1), 50 - 61.
Marliana, E. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di Sebuah SMA di kota Padang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 103 - 109.
Slavin, R. E. (2012). Pembelajaran kooperatif dan prestasi akademik: Mengapa kerja kelompok efektif? Anales De Psicología/Annals of Psychology, 28(3), 676-687.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.25444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.