Pengaruh Budaya Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SDN pada Gugus II Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Riau

Emniswati Emniswati, Sudarno Sudarno, Jaka Warsihna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya kerja, gaya kepemimpinan dan motivasi guru terhadap kinerja guru di SDN Gugus II Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Riau. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja, gaya kepemimpinan, dan motivasi guru berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara parsial setiap variabel juga berpengaruh terhadap kinerja guru. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah perlunya mempertahankan dan meningkatkan return dengan cara memaksimalkan kuantitas kerja karyawan seperti memberikan promosi kepada karyawan yang memiliki kualitas kerja yang baik.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Abasilim, U. D., Gberevbie, D. E., & Osibanjo, O. A. (2019). Leadership Styles and Employees’ Commitment: Empirical Evidence From Nigeria. SAGE Open, 9(3), 1–15. https://doi.org/10.1177/2158244019866287

Achadah. A. (2019). Evaluasi dalam Pendidikan Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar. Jurnal Kajian Islam, Pendidikan dan Budaya dan Sosial, Vol 6, No. 1, 91–107.

Ansyari, A. (2021). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada yayasan H. Datuk Abdullah Tanjung Morawa. Tesis Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Ardeswati. M dan Luturlaen. B.S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Satria Raksa Buminusa Jakarta. E-Proceeding of Management, vol. 6 No. 3.

Arianto. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Vol. 12 No. 2.

Asl, S. G., & Osam, N. (2021). A Study of Teacher Performance in English for Academic Purposes Course: Evaluating Efficiency. SAGE Open, 11(4), 1–9. https://doi.org/10.1177/21582440211050386

Damayani. T., Arafat. Y dan Eddy. S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, Vol 1, No 1, 46-57.

Daud. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Penggunaan Alat Peraga Dengan Pembelajaran Langsung di SDN 007 Rokan IV Koto. Jurnal Pendidikan Rokania, Vol III, No 2, 230-244.

Englasari, (2017). Pengaruh kemampuan manajerial dan kingkungan serta motivasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Musi Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 127-139.

Fau, M. W., Sarmini dan Aisyah, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di yayasan pendidikan Charitas. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 9, No 1, 60-71.

Ferdian. A dan Devita. A.R. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi dan Knowledge Management Terhadao Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian IPTEKS, Vol. 5 No. 2.

Gandung. M. (2019), Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Pada Yayasan Pendidikan Darussalam Ciputat, Kota Tangerang Selatan). Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 7, No 1, 103-114.

Geong. F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Agama, Pendidikan, Dan Budaya Vol 2, No 1, 76-84.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Manajemen, Vol. 4 No. 1.

Isik, U., Tahir, O. El, Meeter, M., Heymans, M. W., Jansma, E. P., Croiset, G., & Kusurkar, R. A. (2018). Factors Influencing Academic Motivation of Ethnic Minority Students: A Review. SAGE Open, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.1177/2158244018785412

Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Manafe. L. A dan Nugraha. J. 2021. Karakteristik Budaya Organisasi Unggul Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Freelancers pada PT. Indah Jawara Utama. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 1 No. 2.

Markonah, S. & Sunarto. (2018). Pengaruh Motivasi dan kompetensi terhadap kinerja guru dimediasi komitmen organisasional (studi kasus di SMAN 1 Jakenan Pati). Mahasiswa Pasca Sarjana Stikubank, 1(1), 1–8.

Muizu, W. O. Z., Kaltum, U. & Sule, E. T. (2019). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Perwira. Vol.2, No.1, 62-78.

Putra, R., Ernila, Komardi, D. & Suyono. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru pada SMKN 4 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(4), 470–483.

Putra, R., & Renaldo, N. (2020). Peningkatan Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru melalui Komitmen, Budaya Organisasi, Motivasi, dan Gaya Kepemimpinan Guru SLTA Sederajat di Kabupaten Rokan Hilir. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 125–139.

Saharbanun. T. (2021), Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Instructional Development (IDJ), Vol 4, No 2, 130-144




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i1.25398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.