Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS di Kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. (2002). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, (online), (http://www.farhan-bjm.web.id/2011/09/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html, Diakses 13 Maret 2012).
Anonimus. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom). Jakarta: Gaung Persada Press.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: (terjemahan Helly Prajitno S. dan Sri MS). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arislan. (2008). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis dengan Penerapanan Metode Pemerian Tugas Siswa Kelas II SMAN 3 Bengkalis Tahun Pelajaran 2007/2008 (PTK). Bengkalis: SMAN 3 Bengkalis.
Baharudin. (2008). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis dengan Penerapanan Model PAKEM Siswa Kelas I SMAN 3 Bengkalis Tahun Pelajaran 2007/2008 (PTK). Bengkalis: SMAN 3 Bengkalis.
Bakkidu, N. (2010). Model–Model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro.
Depdiknas. (2004). Model-Model Pembelajar IPA. Jakarta: Balitbang Puskur.
Depdiknas. (2006). Sistem Penilaian Kurikulum 2006. Jakarta: Balitbang Puskur.
Hernawan. (2006). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Hudojo, H. (2000). Strategi Mengajar Belajar IPS. Malang: IKIP.
Ibrahim. (2000). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Press.
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ismail. (2003). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Kagen. (1993). Cooperative Learning; Theori Research and Practice. Allyn Bacon. Boston.
Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. PT Grasindo.
Posamentier. (1999). Artikel Inovasi Pembelajaran. www.kompasiana.com. (16 September 2012).
Sardiman, AS. (2004). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Rajawali Press.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slameto. (2003). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Sudjana, N. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syah, Muhidin. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tjokrodiharjo. (2003). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Biologi Anak Tunarungu. (21September 2012).
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Widyantini. (2006). Model Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Kooperatif
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i1.24154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.