Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS di Kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru Tahun Pelajaran 2022/2023

Sri Rezeki

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Biologi pada siswa kelas XII IPS di MA Hasanah Pekanbaru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan selama Januari hingga Maret 2023 dengan dua siklus penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Penerapan model pembelajaran Kooperatif TPS berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Sebelumnya, tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 47%. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 82%, mengalami peningkatan sebesar 35%. Pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 100%, dengan peningkatan sebesar 10% dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Selain peningkatan ketuntasan belajar, daya serap siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum perbaikan dilakukan, tingkat daya serap siswa adalah 71%. Namun, setelah perbaikan pada siklus I, tingkat daya serap siswa meningkat menjadi 81%, dengan peningkatan sebesar 10%. Pada siklus II, tingkat daya serap siswa dapat ditingkatkan lagi menjadi 86%, mengalami peningkatan sebesar 5% dibandingkan dengan siklus sebelumnya.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe TPS; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2002). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, (online), (http://www.farhan-bjm.web.id/2011/09/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html, Diakses 13 Maret 2012).

Anonimus. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom). Jakarta: Gaung Persada Press.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: (terjemahan Helly Prajitno S. dan Sri MS). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arislan. (2008). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis dengan Penerapanan Metode Pemerian Tugas Siswa Kelas II SMAN 3 Bengkalis Tahun Pelajaran 2007/2008 (PTK). Bengkalis: SMAN 3 Bengkalis.

Baharudin. (2008). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis dengan Penerapanan Model PAKEM Siswa Kelas I SMAN 3 Bengkalis Tahun Pelajaran 2007/2008 (PTK). Bengkalis: SMAN 3 Bengkalis.

Bakkidu, N. (2010). Model–Model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro.

Depdiknas. (2004). Model-Model Pembelajar IPA. Jakarta: Balitbang Puskur.

Depdiknas. (2006). Sistem Penilaian Kurikulum 2006. Jakarta: Balitbang Puskur.

Hernawan. (2006). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Hudojo, H. (2000). Strategi Mengajar Belajar IPS. Malang: IKIP.

Ibrahim. (2000). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Press.

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ismail. (2003). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kagen. (1993). Cooperative Learning; Theori Research and Practice. Allyn Bacon. Boston.

Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. PT Grasindo.

Posamentier. (1999). Artikel Inovasi Pembelajaran. www.kompasiana.com. (16 September 2012).

Sardiman, AS. (2004). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Rajawali Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Sudjana, N. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, Muhidin. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjokrodiharjo. (2003). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Biologi Anak Tunarungu. (21September 2012).

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Widyantini. (2006). Model Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Kooperatif




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i1.24154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.