Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Bagi Siswa SMP di Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir

Henny Isnaini Hartini, Jimmi Copriady, Suarman Suarman

Abstract


Penelitian ini berjudul tentang Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar bagi Siswa SMP di Kecamatan Pekaitan. Penelitian dilakukan karena adanya dorongan dari masyarakat untuk mengetahui tentang kebijakan Kartu Indonesia Pintar diKecamatan Pekaitan di harapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan dampak positif bagi semua kalangan yaitu sebuah kebijakan yang lebih transparan. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.  Adapun hasil penelitian yaitu Program Indonesia pintar di kecamatan Pekaitan mulai di implementasikan sejak 2015 hingga sekarang. Prosedur pelaksanaan Program Kartu Indonesia Pintar terdiri dari 6 tahapan yaitu: (a) tahap pengusulan, (b) penetapan penerima (c) sosialisasi kepada orang tua, (d) penyaluran dana/pencairan dana (e)pengambilan dana secara tunai oleh peserta didik (f) monitoring pelaksanaan PIP. Untuk pemanfaatan sebagai berikut Membeli buku dan alat tulis; Membeli pakaian seragam sekolah/praktik dan perlengkapan sekolah (sepatu, tas, dll); Membiayai transportasi peserta didik ke sekolah; Uang saku peserta didik; Dalam petunjuk pelakanaan KIP tidak disebutkan secara spesifik langkah yang dilakukan sekolah dalam memantau atau mengawasi penggunaan dana KIP, sehingga sekolah merasa kesulitan dalam mengawasi kesesuaian penggunaan dana KIP. Sekolah juga tidak dituntut untuk membuat laporan pertanggungjawaban terkait penggunaan dana KIP karna beasiswa KIP tidak dikelola oleh sekolah, sekolah hanya sebagai fasilitator dan wadah dalam program PIP. Dari suatu evaluasi maka dapat diketahui suatu keberhasilan dari sebuah program. Sistem Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar bagi siswa SMP di Kecamatan Pekaitan di nilai sudah efektif berdasarkan Kebijakan itu sendiri, Pelaksanaan dan Manfaatnya tepat sasaran.

Keywords


Implementasi; kebijakan Program Indonesia Pintar; PIP

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2012). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV Alfabeta.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunn, W. N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Hasbullah, H.M. (2014). Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Imron, A. (2012). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1996). Metode Penelitian Kualitatif Naturalistik. Jakarta: Sinar grafika.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Glalia Indonesia.

Patilima. (2005). Teknik Analisis Data. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah (PP) No. 25 Tahun 2005 tentang Kewenangan Pemerintah dan kewenangan provinsi sebagai daerah otonom.

Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

Saroni, M. (2013). Pendidikan Untuk Orang Miskin; Membuka Keran Keadilan dalam Kesempatan Berpendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprayogo, I., Tabrani. (2001). Metode Penelitian Soasial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan Konsep Strategis dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: PT. Rinela Cipta.

Tilaar, H.A.R & Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pedidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widodo, J. (2007). Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i2.20719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.