Implementasi Kebijakan Sekolah Gratis di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Madani Pekanbaru

Hamidi Agus, Isjnoni Isjnoni, Azhar Azhar

Abstract


Salah satu sekolah swasta yang mengimplementasikan kebijakan sekolah gratis adalah SMP IT Madani Pekanbaru. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil analisis “Implementasi kebijakan sekolah gratis di SMP IT Pekanbaru” Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan dan anlisa data dengan observasi, wawancara, dokumentasi selanjutnya dilakukan Trianggulasi data. Tenik analisa data mengikuti flow model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian: 1) Realisasi implementasi kebijakan sekolah gratis di SMP IT Madani Pekanbaru sudah memenuhi tujuan utamanya yakni menghadirkan sekolah gratis dan berkualitas. 2) Sasaran dari kebijakan sekolah gratis ini sesuai dengan visi sekolah yakni membantu pendidikan siswa yang kurang mampu dan sebagai persyaratan administrasi siswa baru dengan melampirkan surat keterangan kurang mampu, serta alokasi dana bantuan BOS dianggarankan satu juta persiswa. 3) Dukungan utama yang diperoleh SMP IT Madani Pekanbaru dari Yayasan Swadaya Ummah dan dari para donatur-donatur dan pemerintah kota Pekanbaru yang telah memberikan izin operasional sekolah serta bantuan operasional sekolah. 4) Untuk meminimalisir kendala dalam keterbatasan tenaga pengajar pihak sekolah melakukan pemberdayaan guru untuk mengajar mata pelajaran lain selain bidang yang diampunya, keterbatasan lahan sekolah sudah dilaporkan kepada pihak yayasan agar diupayakan pembelian lahan untuk perluasan sekolah, untuk fasilitas yang belum lengkap dilakukan upaya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada misalnya pemberian sekat diruang perpustakaan yang sebagian ruangannya dijadikan labor IPA.

Keywords


Implementasi; Kebijakan Sekolah Gratis; Islam Terpadu

Full Text:

PDF

References


Airlanda, G. S. (2016). Analisis Kualitas Pendidikan Ditinjau dari Penerapan Kebijakan Sekolah Gratis di SMA Negeri 1 Weru Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 43-50.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Fadoli, M. I., Yuwono, T., & Yuniningsih, T. Implementasi Kebijakan Sekolah Swasta Gratis di Kota Semarang.

Fattah, F. (2002). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fattah, F. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gerston. (2002). Kebijakan Publik. Jakarta: Gramedia.

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hogwood, B. W., Gunn, L. A., & Archibald, S. (1984). Policy analysis for the real world (Vol. 69). Oxford: Oxford University Press.

Mahilda, R., Azhar, A., & Chairilsyah, D. (2016). Implementasi Kebijakan Sekolah Gratis di SMP Juara Kota Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 2(2), 231-241.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Munandar, A. S. (2011). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press.

Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Parsons, W. (2012). Pengantar Teori Praktik Analisis Kebijakan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyatno. (2010). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Gratis di SDN Cilengsi dan Cinyosog Bogor. Fisip UI.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyahman, S. (2016). Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Dalam Kaitannya Dengan Kualitas Pendidikan Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1047-1054.

Supriyatno. (2010). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Gratis: Kasus di SD Negeri Cileungsi 06 dan SD Negeri Cinyosog 02 Bogor. Jakarat: UI.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i2.20718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.