Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Standar Penilaian Oleh Guru PAI di SMPN 3 Pariangan

Romi Maimori, Zulfani Sesmiarni, Eliwatis Eliwatis, Susi Herawati, Nining Yus Mei

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksaanaan penilaian beerdasarkan standar penilaian oleh guru pendidkan agama Islam di SMPN 3 Pariangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjuukan bahwa guru pendidikan agama Islam sudah melaksanakan penilaian sesuai dengan standar penilaian, namun belum terdapat pengembangan rubrik terhadap instrument penilaian yang sesuai dengan keadaan siswa secara kontekstual di sekolah. Guru melakukan penilaian melalui form penilaian, baik aspek sikap (sikap spiritual dan Sikap sosial), aspek pengetahuan dan keterampilan, akan tetapi belum tertuang secara detail ke dalam laporan capaian kompetensi peserta didik, hal ini disebabkan guru hanya terpola oleh program penilaian yang sudah diberikan oleh pemerintah. Meskipun demikian, sudah ada sebagian guru menyiapkan dengan baik ada pula hanya sekedar memenuhi kelengkapan mengajarnya. Kondisi inilah yang bagi sebagian guru belum dilaksanakan dengan sepenuhnya, sehingga pelaksanaan penilaian hanya terkesan sebagai rutinitas formal

Keywords


Pelaksanaan, Penilaian Pembelajaran, Guru PAI

Full Text:

PDF

References


Amrulloh, A. (2015). Sistem penilaian dalam pembelajaran. Al Bayan, 7(2).

Anwar, S., & Fakhruddin, A. (2016). Pelaksanaan Standar Penilaian Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Studi Evaluatif terhadap Guru PAI SMP dan SMA di Bandung). Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 14(2).

Brown, G. T. L. (2019). Is Assessment for Learning Really Assessment? Frontiers in Education, 4. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00064

Depdiknas, D. P. N. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Djali dan Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Grasindo.

Hilaliyah, T. (2018). PENILAIAN BERBASIS KELAS. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 73. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3747

Irhamni. (2018). Prinsip-Prinsip Dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar. JUrnal Pendidikan, 1(5).

Ismanto, I. (2014). EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.773

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekloah Menengah Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

.

Khamim, K. (2019). Analisis Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Indonesia. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 4(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v4n1.125-144

Maimori, R. (2017). THE DEVELOPMENT OF AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC ON HISTORY OF ISLAMIC CULTURE SUBJECT AT ISLAMIC EDUCATION DEPARTMENT OF IAIN BATUSANGKAR. Ta’dib. https://doi.org/10.31958/jt.v20i2.674

Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. PT Remaja Rosdakarya.

Michael Quinn, P. (2006). Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.

Miftahurrohmah, M. (2014). MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PAI. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.772

Mulyasa, E. (2008). Implementasi Kurikulum TIngkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. EduTech, 2(1).

Putra, N. (2016). PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 PARIAMAN. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.31958/jaf.v3i2.403

Rahayu, Y. N., Rosyadi, R., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Analisis Standar Penilaian Pada Pendidikan Menengah Atas: Studi Literatur Review. Gema Wiralodra, 11(1).

Rismanto, B. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 4 TANJUNG JABUNG BARAT. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.402

Sajidan, Baedhowi, Triyanto, Totalia, S. A., & Masykuri, M. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. In Kemendikbud.Jakarta.

Saumi, S., Saiful, & Ruslan. (2016). Proses Penilaian oleh Guru PPKn di SMP Se-Kecamatan Syamtalira Aron. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1).

Schellekens, L. H., Bok, H. G. J., de Jong, L. H., van der Schaaf, M. F., Kremer, W. D. J., & van der Vleuten, C. P. M. (2021). A scoping review on the notions of Assessment as Learning (AaL), Assessment for Learning (AfL), and Assessment of Learning (AoL). In Studies in Educational Evaluation (Vol. 71). https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101094

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). PROFIL PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetatan Ke). CV Alfabeta.

Suwarno, S., & Muhtarom, M. R. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENILAIAN SISWA DENGAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING). Computer Based Information System Journal, 9(1). https://doi.org/10.33884/cbis.v9i1.3594

Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259

Yunita, Y., & Afrianto, Y. (2021). PENGINPUTAN NILAI BERBASIS APLIKASI E-RAPOT DI SMA KADER PEMBANGUNAN. INOVA-TIF, 4(1). https://doi.org/10.32832/inova-tif.v4i1.5476

Zulfani Sesmiarni, dkk. (2022). Analysis the Ability of Islamic Education Teacher in Comprehending the Procedure to Make Learning Evaluation. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2248




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.20350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.