Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya melalui Model Role Playing di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang

Syamsiar Syamsiar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar seni budaya siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran role playing pada mata pelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik test, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran role playing. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran role playing pada siklus I adalah 79.76 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89.28. 2) aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran role playing pada siklus 1 adalah 70.98 dan pada siklus 2 adalah 82.58. 3) Hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 73.37 sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 82.58. Hal ini membutikan bahwa model pembelajaran role playing  dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya siswa SMP Negeri 3 Tambang.

Full Text:

PDF

References


Arifninetrirosa. (2005). Pemeliharaan Kehidupan Budaya Kesenian Tradisional dalam Pembangunan Nasional. Jurnal USU Repository Universitas Sumatera Utara.

Arikunto Suharsimi, D. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Harosid, H. (2017). Kurikulum 2013 Revisi 2017. Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Pondok Cabe: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Karnengsih, (2020). Model Pembelajaran Role-Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Seni Budaya Siswa di SMA Negeri 1 Cirebon. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol. 5, No. 3, September - Desember 2020

Malik, M. S. (2020). Analisis Materi Pokok SBdP MI/SD Kurikulum 2013 Abad 21. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 59-82.

Marta, R. F., & Rieuwpassa, J. S. (2018). Identifikasi nilai kemajemukan Indonesia sebagai identitas bangsa dalam iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 37-50.

Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press.

Nurambia. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Role Playing Pada Materi Seni Rupa Dua Dimensi di SMAN 1 Labuhan Deli. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(1), 152-163.

Sinaga, D. R. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Role playing dalam Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII-5 Smp Negeri 1 Patumbak. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 1(1), 24-29. https://doi.org/10.51178/jetl.v1i1.32

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.19072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.