Peningkatan Keterampilan Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Teknik Guiding Question di SMP Negeri 1 Koto Kampar Hulu

Helmawati Helmawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis siswa di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Koto Kampar Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan Teknik Guiding question daam meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Koto Kampar Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa dalam penerapan teknik guiding question. Adapun hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik guiding question dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 koto kampar hulu.  Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan Siklus II  dari 74,98 meningkat menjadi 87,80. Selanjutnya, terdapat peningkatan pada aktivitas guru siklus I dan siklus II dengan persentase berurutan yaitu 75% dan 90%. Hal ini juga terlihat dari aktivitas siswa, aktivitas siswa pada siklus I adalah 78,57% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93,75%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Brown, H. D. (2003). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Guntur T, H. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Penerbit Angkasa.

Marsya, N., Nurweni, A., & Flora, F. (2018). The Implementation of Guiding Question Technique in Increasing the Students’ Writing Analytical Exposition Text. U-JET, 7(2).

Raymond, J. C. (1980). Writing (Is an Unnutural Act), New York: Harper & Row Publisher.

Toana, M. A. N. (2020). Improving The Ability in Writing Descriptive Text Through Guided Questions Technique (A Classroom Action Research at the Tenth Grade Students of SMK Pancasila Surakarta in the Academic Year of 2017/2018).

Traver, R. (1998). What is a good guiding question?. Educational Leadership, 55, 70-73.

Yurizqi, A. (2014). Writing recount text using picture series and guided questions for eighth acceleration class of SMPN 5 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.19068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.