Pengaruh Supervisi dan Integritas terhadap Kinerja Guru

Ninawati Ninawati, Suarman Suarman, Gimin Gimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pengaruh Supervisi dan Integritas terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hilir kepada Guru SD di Kecamatan Bangko. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 181 orang guru yang dipilih secara random.  Data diperoleh dengan cara angket yang sebelumnya dilakukan uji coba untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis secara diskriptif dan statistic (analisis regresi berganda) menggunakan program SPSS versi 1. Hasil penelitian diketahui menunjukan bahwa secara umum ke tiga variabel tersebut yaitu supervisi, integritas dan kinerja guru masih tergolong kategori sedang, karena itu perlu ditingkatkan kualitasnya. Namun demikian ternyata pengaruh supervisi dan integeritas terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara silmultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan kontribusi sebesar 28%, sementara sisanya ditentukan oleh faktor lain sepeerti motivasi, kompensasi, pengalaman dan lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dengan demikian apabila ingin meningkatkan kinerja guru maka diperlukan supervisi yang baik dan tepat baik oleh Kepala Sekolah maupun oleh  Pengawas terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, serta juga diharapkan kepada guru untuk juga meningkatkan integritasnya

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. A. L. W. (2006). Penciptaan sistem penilaian kinerja yang efektif dengan assessment centre. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), 23-34.

Badrudin, B. (2014). Pengaruh Supervisi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada MTs Negeri Anyar Kabupaten Serang Propinsi Banten. Jurnal Reformasi Administrasi, 1(1).

Drajat, Z. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Fetrianis, F. (2014). Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Pemerintah RI No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. 2009. Jakarta: CV. Novindo Pustaka Mandiri.

Suarna, I. M., Dantes, N., & Natajaya, N. Determinasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik Dan Sikap Guru Terhadap Profesinya Dengan Kinerja Guru SD Negeri Gugus II Di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.19066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.