Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Teater dalam Membentuk Karakter Siswa dan Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler Teater di SMKN 1 Pekanbaru

Siti Fatonah, Daviq Chairilsyah, Rr. Sri Kartikowati

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan  manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru; 2) mendeskripsikan pembentukan karakter siswa pada manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru; dan 3) menganalisis dan mendeskripsikan  prestasi ekstrakurikuler teater pada manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumen, observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian unsur di sekolah yang dapat dijadikan sebagai sumber data, dalam hal ini Kepala Sekolah, waka kesiswaan, dan pembina teater di SMKN 1 Pekanbaru. Jenis data yang diperoleh berupa data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) manajemen ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terlaksana dengan sangat baik dan sistematis merujuk pada permendikbud nomor 81 A tahun 2013; 2) karakter yang terbentuk, yaitu; religius, jujur, disiplin, kreatif, percaya diri, mandiri, kerjasama dan tanggung jawab; dan 3) prestasi ekstrakurikuler teater SMKN 1 Pekanbaru semakin baik dibuktikan dengan banyaknya tanda prestasi berupa piala kejuaraan, penghargaan, juga koneksi dengan masyarakat semakin luas. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa manajemen kegiatan ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru dilaksanakan secara optimal dan dapat membentuk karakter siswa serta meningkatkan prestasi ekstrakurikuler teater di SMKN 1 Pekanbaru.

Keywords


Manajemen ekstrakurikuler; Pembentukan karakter; Prestasi Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Amtu, Onisimus. 2013. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.

Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Juknis Penyusunan Program Pengembangan Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA

Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter On-Dikomotik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumaryanto, F. Totok. 2007. Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: Unnes Press.

Suryasubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Waluyo, Herman. 2008. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita.

Wijayanto, Asul. 2012. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Gramedia.

Asofi. 2017. Penguatan Karakter Melalui Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Teater di SMP Muhammadiyah 8 Batu (Studi kasus di SMP Muhammadiyah 8 Batu). Jurnal Pendidikan. Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan. Edisi 1 Tahun 2017. ISSN 2599-8406. Hal 27-33.

Fardillah Kurniawan. 2011. Ekstrakurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah. Jurnal Pendidikan Kepelatihan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Gina Erawati. 2013. Manajemen Ekstrakurikuler Teater (Studi Kasus di SMA Negeri 7 Kota Malang). Jurnal Ilmiah. Jurusan Administrasi Pendidikan. FKIP. Universitas Negeri Malang.

Kartika Ayu Rachman. 2016. Konstruksi Sosial Siswa terhadap Prestasi Non Akademik. Jurnal Program Studi S1 Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Airlangga.

Mansur Srisudarsono dan Eny Nurhasanah. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Ekstrakurikuler Drama (Teater) di SMAN 1 Ciampel. Jurnal ilmiah FKIP Universitas Subang. Vol 4 No 1 Februari 2018. ISSN 2461-3961.

Sri Ningsih. 2015. Pendidikan Karakter dalam Seni Teater di SMK 17 Magelang. Jurnal Kebijakan pendidikan tahun 2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wafroturrahman dan Eny Sulistiyawati. 2018. Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Kompetensi Sosial Siswa SMA. Magister Administrasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol 13 No 2 Desember 2018 hal. 139-155 ISSN 1907-4034.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.17885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.