Kontribusi Disiplin dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Kerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir

Kuswantoro Kuswantoro, Isjoni Isjoni, Daeng Ayub Natuna

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi disiplin dan budaya organisasi terhadap komitmen kerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan dengan metode Expost Facto dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan 42 responden dari 71 orang Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Selalu, Sering, Kadang-Kadang, Jarang, dan Tidak Pernah. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data diperoleh kontribusi yang siginifikan antara variabel disiplin terhadap komitmen kerja sebesar 30,5% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat 69,5% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; selanjutnya, diperoleh kontribusi yang siginifikan antara variabel budaya organisasi terhadap komitmen kerja sebesar 32,6% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat 67,4% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; dan diperoleh kontribusi yang siginifikan secara bersama-sama antara variabel disiplin dan budaya organisasi terhadap komitmen kerja sebesar 42,2% dengan tafsiran sedang, karena masih terdapat 57,8% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.

Keywords


Disiplin; Budaya organisasi; Komitmen Kerja

Full Text:

PDF

References


Abdul Hakim, Aziz., 2011, Negara Hukum dan Demokrasi di Indonesia. Pustaka Belajar; Yogyakarta.

Hasibuan, M. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.Bumi Aksara. Jakarta

Indah Woro Mahanani. 2013. Kontribusi Disiplin Dan Persepsi Tentang Pembelajaran Terhadap Keprofesionalan Staf Pengajar Fakultas Tarbiyah IAIN-SU Medan, Tesis, UNP Padang.

Mar’at. Sikap Manusia Perubahan serta Pengukurannya. Bandung: Ghalia.

Riduan. 2011. Teknik Analisis Data. Jakarta; Rineka Cipta

Robbins and Judge. 2008. Organizational Behavior. New Jersey,Pearson.

Wibowo. 2012. Hubungan Karakteristik Pekerjaan terhadap Kinerja (Studi pada Kantor Unit Caang BRI Pattimura Semarang). Tesis Magister Manajemen Undip. (Tidak dipublikasikan). Semarang: UNDIP.

Yanualimy Widhaswara. 2017. Disiplin, Kita Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.17884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.