Menangkap Pesan-pesan Akhlak dalam Novel Moga Bunda disayang Allah Karya Tere Liye

Gusma Afriani, Viska Putri Zelma

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pesan-pesan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye.Penelitian ini adalah penelitian kepustakan (Library Research), sedangkan teknik pengumpulan data menggunakun studi dokumentasi, dan analisis data menggunakan content analysis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan-pesan Akhlak dalam Novel Moga Bunda Disayang Alah Karya Tere Liye. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primemya adalah buku Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye. Hasil penelitian ini adalah pesan-pesan akhlak dalam Novel Moga Bunda Di Sayang Allah karya Tereliye terdiri dari: (1)Akhlak terhadap Allah, diantaranya selalu berdoa dan menyembah Allah, bersyukur atas apa yang diberikannya, dan bersabar ketika diberi ujian; (2)Akhlak terhadap diri sendiri, diantaranya selalu sabar, bersyukur, optimis,tidak mudah putus asa, jujur, malu, dan pekerja keras : (3)Akhlak terhadap keluarga, diantaranya harus selalu menjaga dan ,menyayangi anggota keluarga, sebagai seorang anak harus berbakti, berbuat baik kepada orang tua yang telah merawat dan membesarkan; (4)Akhlak terhadap sesama, diantaranya harus memiliki sikap husnuzan, dan senantiasa berbuat tolong menolong.

Keywords


Pesan-Pesan Akhlak; Novel Moga Bunda Disayang Allah; Tere Liye

Full Text:

PDF

References


Abu abdurrahman ali bin as-Sayyid al-Washif, Qadha dan Qadar, 2005, Jakarta Pustaka Azzam

Achmad Sunarto, Ringkasan lhya' Ulumuddin, 2019, Surabaya: Mutiara Ilmu

Adjat Sudrajat dkk, Din Al-Islam, Pendidikan Agama lalom di Perguruan Tingi, 2008, Yogyakarta Uny Press

Akmal dan Masyhuri," Konsep Syukur" Jurnal Komunikasi dan Pendilikan Islam, Volume 7, Nomor 2, Desember 2018, hal 7

Ali Mustofa, Fitria Ika Kurnia Sari, "Konsep Akhlak Mahmudah Dan Mazmumah Perspektif Hafidz Al Mas'udi Dalam Kitab Taysir AI Khallag", Jurnal Ilmuna, 2020, Vol. 2, No. 1 Marct, hal 53

Amir Hamzah, Metode Penelitian Kepustakaan Library Research, 2020, Malarg Litera Nusantara

Andri Wicaksono, Pengkajian Proasal Fiksi, 2014, Yogyakarta Garudha Wacha

Animuddin, Pengantar Apresiasi Karya Sastra, 2011, Bandung Sinar Baru Algesindo

Antilan Purba, Satra Indonesia Kontemporer, 2010, Yogyakarta: Graha limu

Aura Husna, Kaya Dengan Bersyukar. Menemukan Makna Sejan Nahaga dengan Mensyukuri Nikmat Allah, 2013, Jakarta: PT Gramodia Pusaka Utama

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahan Special For Woman, 2009, PT Sygma Examedia Arkanleema

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2003, Jakarta: Depdikbud

Dr. Akhiyar, M. Ag, Akhlak, 2019, Pekarbaru: Kreasi Edukasi

E Kosasih, Apresiasi Sastra lndonesia, 2008, Jakarta: Nobel Edumedia

E Mulyasa, Meniadi Guru Profeskonal: Aienciprakan Pembelajaran Kreatif dun Menyenangkan, 2011 Bandung PT Remaja Rosdakarya

Henry Guntur Tarigan, Prinsip-prinsip Dasar Sastra, 2015, Bandung: CV Angkasa

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter, 2014, Bandung Alfabeta

http://id. m.wikipedia.org/wiki/penulis, diakses pada 24 maret 2021 pukul 11:55.

http://jateng.inews.id/berita/9-manfaat-shalat-tahajud-wajah-berseri-hingga diringankan-hisab di-akhirat. Diakses pada 25 maret 2021 pukul 20:10.

http://www.infobiografi.com/biografi-dan-profil-lengkap-tere-liye diakses pada 24 maret 2021 pukul 12:08.

https://www.e-jurnal com/2014/02/pengertian pesan html'm=1 diakses pada 24 maret 2021 pukul 10:45.

Ibnu al-qayyim al-Jauziyah, Sabar dan Syukur, 2010, Semarang: Puataka Nun.

Kaelan, Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, seni, Agama, Humaniora, 2012, Yogyakarta: Paradigma

Khozin, Khazanah Pendidikan Agama Islam, 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

M. Noor Rohinah, Pendidikan Karakter Berbasis Sastra, 2011, Jogjakarta: Ruzz Media

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah, 2006, Jakarta Lentera Hati.

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, 2008, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Moh Amin, 10 Induk Akhlak Terpuji, 1997, Jakarta: Kalam Mulia.

Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2011, Jakarta: PT Raja Grafindo

Muhammad Ismail Al Muqaddam, Fikih Malu, 2008, Jakarta: Nakhlah Pustaka

Nasharuddin, Akhlak (Ciri manusia paripurna), 2015, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi, 2012, Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Nursisto, Ikhtisar Kesusteraan Indonesia, 2000, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, 2005, Jakarta: PT Balai Pustaka Utama

Rohisan Anwar, Asas Kebudayaan Islam, 2010, Bandung: Pustaka Setia

Roli Abdul Rohman, Menjaga Akidah dan Akhlak, 2009, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Shofaussamawati, "Ikhlas Perspektif Alqur'an Kajian tafsir Mudhu'T", Jurnal Hermeunetika, vol. 7, No. 2, Desember 2013, (Kudus: STAIN Kudus Jawa Tengah Indonesia, 2013)

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualıratif, 2014, Bandung Alfabeta

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Swatu Pendekatan Praktek, 2002, Jakarta: Rhineka Cipta

Sukino, "Konsep Sabar Dalam Al-Qur'an dam Kontekstualnya Dalam Tujuan Hidup Manusia Melalui Pendidikan", Jurnal RUHAMA, Volume 1 No 1, Mei 2018, ISSN : 2615-2304, hal 66

Syarifah Habibah, "Akhlak Dan Etika Dalam Islam", Jurnal Pesona Dasar, Vol. 1 No. 4 Oktober 2015, ISSN: 2337-9227

Tereliye, Moga Bunda Disayang Allah

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008, Jakarta: Balai Pustaka, hal 1399

Usman, Filsafat Pendidikan, 2010, Yogyakarta Teras.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.17883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.