Implementasi Manajemen Sumber Daya Guru dalam Mewujudkan Generasi Qur’ani di Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Kabupaten Padang Lawas

Fahmi Anwar Nasution, Tuti Andriani, Ellya Roza, Agustiar Agustiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model integrasi agama dan sains di SMA Muhammadiyah Pekanbaru. Data penelitian dikumpulkan dengan mewawancarai beberapa orang guru, alumni, dan menganalisa kandungan beberapa buku teks. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa guru-guru dan beberapa alumni mengetahui pengertian integrasi secara umum dan mereka mengetahui bahwa visi dan misi sekolah mengandung potensi integrasi agama dan sains. Namun, mereka memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang model operasionalnya. Model integrasi agama dan sains di SMA Muhammadiyah lebih menitikberatkan kepada menanamkan nilai-nilai keislaman pada individu-individu yang akan berkecimpung di dalam perkembangan ilmu pengetahuan

Keywords


Implementasi, Manajemen Sumber Daya Guru, Generasi Qur’ani

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Wahid,2001. Menggerakkan Tradisi, Esai-Esai Pesantren, (Yogyakarta: LKIS).

Andi Prastowo. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Abdul Hadis. Nurhayati. 2014. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Abdul Hadi. “Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan”. Modeling, Jurnal Program Studi PGMI Vol. 5, No. 2, September 2018.

A. R. Tilaar, 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21, (Magelang: Tera Indonesia).

Baharuddin, 2007. Psikologi Pendidikan: Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. 2000. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, (Jakarta: Sinar Grafika,

Dekdikbud, 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Balai Pustaka Jakarta, Cet. Ke III).

Djohar, 2003. “Profil Religiusitas Sosial dalam Pendidikan Islam”, dalam Abdul Munir Mulkan dkk., Religiusitas IPTEK, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar Offset).

BPS Kampar. 2017. Kecamatan Kampar Kiri Hulu Dalam Angka 2017. Bangkinang: BPS Kabupaten Kampar.

Fikri Farikh, 2019. Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Yasinat Jember).

Fu’ad Asy Syalhub, 2006. Guruku Muhammad, Terj. Nashirul Haq, (Jakarta: Gema Insani,).

Hartono. 2019. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Hamam Faizin, 2012. Sejarah Pencetakan Al-Qur‟an, (Yogyakarta: Era Baru Pressindo).

Husaini Usman. 2019. Administrasi Manajemen dan Kepemipinan Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

HR Bukhari, Dalam Kitab Jenazah, Bab. Jika Anak Kecil Masuk Islam Lalu Mati, Apakah Wajib Disholati. No.1271.

HR Muslim, Dalam Kitab Shalatnya Musafir, Di Bab Shalat Malam, No. 1233.

Ismail Solihin,2012. Manajemen Strategik, (Bandung: Erlangga

Juharyanto. 2017. “Kepemimpinan Unggul Kepala Sekolah Dasar Daerah Terpencil (Studi Multisitus Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Bondowoso)”. 26 No 1.

Malayu S.P Hasibuan, 2017. Manajamen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

Moh. Haitami Salim, Syamsul Kurniawan, 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam, (Jogjakarta: Arr-Ruzz Media,

ulyadi. 2016. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru”. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Muhammad Muntahibun Nafis, 2011. Ilmu Pendidikan Islam.(Yogyakarta: Teras,)

M. Syamsul Ma’arif. 2012. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Bogor: Percetakan IPB.

M. Quraish Shihab, 2005. Wawasan Al Quran, (Bandung: Mizan).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.15347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.