Manajemen Pembiayaan Pendidikan pada Program Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) di BAZNAS Kabupaten Kampar

Julianto Akbar, Muhammad Syaifuddin, Tuti Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisa apakah ada pengaruh, (1) Kompetensi, (2) Pengalaman, (3) dan Kompetensi dan Pengalaman guru secara bersama-sama Terhadap Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah Tsanawiyah Swasta se-Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Guru MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, MTs Fadhillah Pekanbaru dan MTs Ummatan Washatan Teknologi Riau yang berjumlah 61 orang. Dalam pengambilan sampel peniliti menggunakan metode pengambilan teknik probability sampling yaitu teknik yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi liner berganda yaitu Y=a+b1X1+b2X2. Hasil penelitian ini menunjukkan R Square sebesar 0,407 atau 40,7%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan implementasi manajemen sumber daya manusia oleh perubahan variabel kompetensi sebesar 40,7%. (X1) Hasil penelitian ini menunjukkan R Square sebesar 0,666 atau 66,6%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan implementasi manajemen sumber daya manusia oleh perubahan variabel pengalaman sebesar 66,6 %. Untuk uji regresi berganda yaitu Y=a+b1X1+b2X2. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai R2 (koefisien determinasi) atau R Square sebesar 0,418 atau 41,8 0%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan implementasi manajemen sumber daya manusia oleh perubahan nilai variabel bebas kompetensi dan pengalaman 41,8% sedangkan 58,2% ditentukan oleh perubahan faktor lainnya

Keywords


Manajemen Pembiayaan, Manajemen Pendidikan Islam, Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS), BAZNAZ

Full Text:

PDF

References


Abdurrazaq. (2014). ‘Pengembangan Model Pembangunan Ummat melalui Lembaga Filantropi Islam Sebagai Bentuk Dakwah bil Hal’, Intizar 20 (1): 165–66.

Abidin, A, A. (2017). ‘‘Manajemen Pembiayaan Pendidikan Tinggi dalam Upaya Peningkatan Mutu”, Surabaya : Jurnal Penjaminan Mutu – Volume 3.

Asnaini. (2008). Zakat Produktif dalam Perspektif Islam. (Jogjakarta: Pustaka Pelajar).

Sudibyo. (2018). Ketua BAZNAS RI, Wawancara, tanggal 20 mei 2018 di Jakarta, dikutip dari majalah Riau Berzakat.

Rasyid, B. (2021). Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kampar, Wawancara tanggal 06 April 2021 di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kampar.

BPS Provinsi Riau tahun 2019

Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka).

Didin Hafidhuddin dkk. (2008). The Power Of Zakat Studi Perbandingan Pengelolaan Zakat Asia Tenggara, ( Malang : UIN Malang Pres, Cet. Pertama).

Didin Hafidhuddin, Panduan Praktis Tentang Zakat Infaq dan Sedekah, ( Jakarta: Gema Insani Press, 1998).

Dokumen Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kampar Tahun 2021.

Edward Sallis. (2012). Manajemen Mutu Pendidikan ,Edisi ke-17, (Yogyakarta : JRCiSoD).

Fadilah, A dkk. (2016). Efektifitas Program Pendistribusian Dana Zakat di Bidang Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor, Jurnal Syarikah Vol. 2 No. 2 Desember 2016.

Fattah, N. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan, (PT Remaja RosdaKarya Bandung).

Ferdi W. P. (2013). ‘‘Pembiayaan Pendidikan : Suatu Kajian Teoritis”, Kemendikbud : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan – Volume 19, Nomor 4. Desember.

Dessler, G. (2006). Manajemen SDM ,Edisi ke-10, (Klaten: PT Indeks).

Latief, H. (2013). ‘‘Filantropi dan Pendidikan Islam di Indonesia”, Jurnal Pendidikan Islam 28 (1): 137, https://doi.org/10.15575/jpi.v28i1.540.

Imam Machali dan Sauqi Futaqi. ‘‘Pembiayaan Pendidikan Berbasis Filantropi Islam: Strategi Rumah Pintar BAZNAS Piyungan Yogyakarta”, Yogyakarta : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam – Volume 3, No 2, November 2018.

Ir. H. Basri Rasyid, MM, MT, Ketua BAZNAS Kampar, Wawancara, tanggal 2 Februari 2021 di Bangkinang

Mufron Ali, Ilmu Pendidikan Islam, ( Aura Pustaka,Yogyakarta 2013).

Muhammad Tho’in, Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat, Jurnal Al-Anwal Vol. 9 No. 2 Tahun 2017.

Murtika Sari Siregar. ‘‘Strategi pembiayaan Pendidikan Berbasis Filantropi Islam Dalam Memberdayakan Anak Yatim Di Yayasan Yatim Mandiri Surabaya”, UIN Maulana Malik Malang: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam– Volume 5, Nomor 1, Juni 2020.

Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional, Zakat Instrumen Kemandirian Ummat Melalui Pemberdayaan Masyarakat, (Jakarta : Puskas BAZNAS, 2017).

Pusat Kajian Strategis BAZNAS, Zakat Untuk Kemandirian Ummat Melalui Pemberdayaan Umat, (Malang, UIN-Maliki Press 2010).

Pusat Kajian Strategis BAZNAS. Dampak Zakat terhadap Kesejahteraan Mustahik Evaluasi Program Zakat Produktif 2018. (Jakarta : Puskas BAZNAS, 2019).

Seafullah, Manajemen Pendidikan Islam, (CV Pustaka Setia Bandung:2012).

Umi Zulfa, ‘‘Pembiayaan Pendidikan Berbasis Potensi Umat Analisis School Levy” , Jurnal Pendidikan Islam 27 (2), (2016): 239, https://doi.org/10.15575/jpi.v27i2.509.

Umratul Khasanah, Manajemen Zakat Modern, Instrumen Pemberdayaan Ekonomi

Usman, Husaini, Manajemen Teori Praktik, dan Riset Pendidikan, (Bumi Aksara Jakarta 2013).

Veithzal Rivai dkk, Mengelola Pendidikan Secara Profesional untuk Meraih Mutu dengan Pendekatan Bisnis, ( Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2014).

Yoghi Citra Pratama, Peran Zakat dalam Penanggulangan Kemiskinan, The Journal of Tauhidinomics Vol. 1 No. 1 September, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.15344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.