Pemanfaatan Media Audio Visual Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa

Alvathera Bima Praditya, Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana, Dafiq Nur Muttaqin, Elisa Putri Kholifah

Abstract


Dalam proses pembelajaran, komunikasi menjadi bagian terpenting yang menunjang tercapainya tujuan belajar. Melalui komunikasi maka akan tercipta sebuah kesepakatan dan hal imbal balik antara dua orang atau lebih dan juga penyampaian pesan yakni antara monitor dan audiens atau antara gauru dan murid. Penyampaian monitor kepada audiens terbilang banyak jenisnya, ada symbol, pesan verbal atau non verbal. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui seberapa efektifnya pembelajaran dengan media yang cukup menesankan yakni media audio-visual dalam kesiapan dan hasil belajar peserta didik yang terkhusus di pondok pesantren Ibnu Qayyim Yogyakarta, yang subyeknya adalah para siswa-siswi kelas VII. Dari data yang kami peroleh dari hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal yang sangat berpengaruh dari proses belajar mengajar dengan media audio-visual. Bahkan banyak dari para peserta doidik yang tertarik dan menyukai proses pembelajaran menggunakan media audio visual. Dalam pembelajaran materi PAI pun media audio visual ini sangat cocok. Di sisilain pembelajaran audio visual ini digunakan untuk meningkatkan jiwa kekreafifan peserta didik dalam bekerjasama, disiplin, teliti dan tanggung jawab.

Keywords


Pemanfaatan Media Audio Visual, Pembelajaran PAI, Media Audio Visual, Kemampuan Berpikir

Full Text:

PDF

References


Amir Hamzah Suleiman (1988), Media Audio Visual utuk Pengajaran Penerangan dan Penyuluhan, Jakarta: PT Gramedia

Hamzah B Uno, (2008), Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif), Jakarta: Bumi Aksara

Aprilia, Eka Fitri, (2015), Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran PAI di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang, Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Tony, Dwi, (2020). Metode Penelitian Tindakan (Action Research). https://notes.its.ac.id/tonydwisusanto/2020/09/05/metode-penelitian-tindakan-action-research/. diakses 25 Juli 2021

Arifin, Nur. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi Sarjana. Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro.

Budiman Haris, 2016, Penggunaan Media Audio Visual dalam Proses Pembelajaran. Al-TAdzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7, November.

Pawiro, M, (2020). Pengertian Perencanaan : Fungsi, Tujuan, dan Jenis-jenis Perencanaan. https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-perencanaan.html. diakses 25 Juli 2021.

Cecep dan Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.

Diahfitrianingsih, (2015). Pembelajaran yang berhasil. URL https://diahfitrian.wordpress.com/2015/06/28/pembelajaran-yang-berhasil/. diakses pada 26 Juni 2021.

Ernanida, Rizki Al Yusra. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Vol. 2: 104-108.

Selasar, (2020). 15+ Media Pembelajaran (Pengertian, Contoh, Fungsi, Jenis). https://www.selasar.com/media-pembelajaran/. diakses 25 Juli 2020.

Ernawati. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI pada Siswa Kelas V SDN Kalianget Timur X. Vol. 3: 81-83.

Frans Cleophas, (2011). Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. URL https://kursusinggris.wordpress.com/2011/01/19/penggunaan-media-pembelajaran-yang-tepat-dapat-menunjang-keberhasilan-dalam-proses-pembelajaran/. diakses pada 26 Juni 2021.

Hayati, Najmi. Yusuf. Febri. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik. Al Hikmah. Vol.14(2). hal:1. https://core.ac.uk/download/pdf/322503048.pdf. diakses pada 26 Juni 2021.

Aziz, Amrullah, (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Vol. 10. No. 2. Panca Wahana: Pasuruan.

Neswari, Ardani Praba. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Media CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugu-03 Kecamatan Kalasan Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sapriyah, (2019), Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar, Prosiding Seminar Internasional FKIP. Vol.l2(1). hal:18. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5798/4151. diakses pada 26 Juni 2021.

psikologi multitalent, (19 September 2015). Pengertian observasi, Manfaat, dan Tujuan observasi. URL https://www.psikologimultitalent.com/2015/09/pengertian-observasi-manfaat-dan-tujuan.html?m=1. diakses pada 26 Juni 2021.

Sardiman, Arief S. Media Pendidikan. (Jakarta: Raja Grafindo Persada). 1993

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta). 2006

Sondang P. Siagian,Op. Cit., h.138

Hamzah B uno dan Nina lamatenggo, teori kinerja dan pengukuran, (Jakarta: bumi aksara, 2012), h.16




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i1.13746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.