Penerapan Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 009 Tanjungpinang Timur

Zaimah Zaimah, Suhardiman Suhardiman, Nursita Husaini, Ahmad Fadhil Rizki

Abstract


Pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada pelaksanaan pendidikan dimana sekolah-sekolah banyak melaksanakan pendidikan jarak jauh, salah satunya dengan sistem daring. Hal ini menyebabkan tidak adanya tatap muka secara langsung antara guru dan siswa yang menyebabkan pendidikan karakter tidak terlaksana dengan baik, karena guru tidak bisa mengontrol karakter peserta didik secara langsung. Hampir semua guru di sekolah mengalami permasalahan yang sama, yaitu kesulitan dalam menyampaikan nilai-nilai karakter dan mendidik karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di di SDN 009 Tanjungpinang Timur karena Sekolah Dasar dianggap sebagai dasar pembentukan karakter anak didik sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah seluruh guru yang berjumlah 17 orang dan siswa berjumlah 110 orang dari kelas 2 sampai kelas 6. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang dibagikan, hasil pengamatan, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 01 Desember 2020 sampai dengan 15 Januari 2021. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di SDN 009 Tanjungpinang Timur terintregasi dalam materi pembelajaran dan proses pembelajaran. Sedangkan, nilai-nilai karakter tidak sepenuhnya dapat diterapkan, diantara nilai-nilai karakter yang berhasil diterapkan antara guru dan siswa adalah religius, disiplin, mandiri, kerja keras, tanggungjawab, demokratis, toleransi, bersahabat, dan kebangsaan.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


nilai-nilai karakter, pembelajaran daring, pandemi covid

Full Text:

PDF

References


Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghufron, A. (2010). Integrasi nilai-nilai karakter bangsa pada kegiatan pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Buchory, M. S. (2012). Guru: Kunci pendidikan Nasional. Yogyakarta: LeutikaPrio.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2016). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2, Oktober), 33-42.

Hendarman. (2020). Penanaman Karakter dalam Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Education Vol. 10.

Dani, J. A., & Mediantara, Y. (2020). Covid-19 dan perubahan komunikasi sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94-102.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Washington, DC: Character Education Partnership.

Musclih, M. (2011). Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. The Internet and higher education, 14(2), 129-135.

Mursi, M. M. (2006). al-Tarbiyah al-Islamiyah Ushuluha wa Tathawwuruha fi al-Bilad al-Arabiyah. Kairo: Alam al-Kutub.

Soyomukti, N. (2010). Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019, March). Penggunaan aplen (aplikasi online) sebagai upaya kemandirian belajar siswa. In seminar nasional pendidikan dasar (Vol. 1).

Pratt, D. (1980). Curriculum Design and Development. New York: Harcourt Brace Jovanovich.

Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samsudi. (2009). Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lickona, T. (2022). Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharyat, Y. (2020). Covid-19 dan Spiritualitas Diri. Buletin al-Fatah; Dakwah, Hikmah, Ihsan Vol. 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i2.13660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.