Pengaruh Penerapan Sistem Work From Home terhadap Kinerja Guru SMPN 2 Tanjungpinang

Milasari Milasari, Hernawati Hernawati, Uray Ferry Haryanto, Ahmad Fadhil Rizki

Abstract


Tujuan penelitian ini sejalan dengan rumusan masalah yang di di bahas, yaitu : 1) untuk  mengetahui Penerapan Sistem Work From home. 2) Untuk mengetahui Kinerja Guru di SMPN 2 Tanjungpinang. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem Work From Home Terhadap Kinerja Guru Di SMPN 2 Tanjungpinang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 orang guru SMPN 2 Tanjungpinang. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pengumpulan data melalui angket  dilakukan secara online dengan menyebar angket kepada guru di SMPN 2 Tanjungpinang. Angket disebar menggunakan google form  yang berisi pertanyaan yang berhubungan dengan variabel yang di teliti, angket yang di gunakan adalah model skala likert. Metode yang di gunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menyajikan persyaratan analisis serta pengujian hipotesis.Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis korelasi sederhana dengan menggunakan  Pearson Product Moment melalui aplikasi SPSS Versi 18.00 for windows. Hasil dari Penelitian ini adalah Penerapan sistem work from home di SMPN 2 Tanjungpinang di kategorikan baik. Kinerja guru SMPN2 Tanjungpinang juga di kategorikan Baik. Terdapat pengaruh positif signifikan Penerapan sistem Work from home terhadap Kinerja guru SMPN 2 Tanjungpinang.


Keywords


Work From Home, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


A.Tabrany, Kusnidarn Arifin. (2000). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anglin, L. W., Anglin, J. S., & Goldman, R. M. (1982). Teaching: What it's all about. Harper & Row.

Arikunto, S. (1986). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashal, R. A. (2020). Pengaruh Work From Home terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 14(2), 223-242.,

Barnawi & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Burhanudin. (2007). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dharma, A. (2003). Manajemen supervisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Bandung: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grant, C.A., Wallace, L.M. and Spurgeon, P.C. and Spurgeon,An Exploration of the Psychological Factors Affecting Remote e‐worker's Job Effectiveness, Well‐being and Work‐life Balance, Employee Relations, 35(5), pp.527-546,

Hadi, S. (1995). Potret Guru. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Hariandja, M. T. E. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management). Jakarta: PT Grasindo.

Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Himpunan UU RI. (2009). Guru dan Dosen Sisdiknas. Surabaya: Waca Intelektual.

Https://arrow.tudublin.ie/tfschcafcon, Kathleen Farrell , Working from home: A double edged sword, Technological University Dublin,London,2017.

Https://blog.mokapos.com/Sintia Astarina keuntungan-dan-kerugian-work- from-home , Diunduh Tanggal 28 Oktober 2020

Https://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/kebijakan/article/view/1125/di unduh 24 Desember 2020

Https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200803074343-92 531468/daftar-perusahaan-yang-terapkan-wfh-hingga-2021-dan-selamanya

Https://www.Liputan6.com/global/read/44326

Hynes, M. Telework isn’t Working: a Policy Review, The Economic and Social Review

Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Mustajab, D., Bauw, A., Rasyid, A., Irawan, A., Akbar, M. A., & Hamid, M. A. (2020). Working from home phenomenon as an effort to prevent COVID-19 attacks and its impacts on work productivity. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(1), 13-21.

Nasution, I., & Rosanti, R. (2020). Pengaruh Bekerja dari Rumah (Work From Home) Terhadap Kinerja Karyawan BPKP. Jurnal Budgeting, 1(1), 9-14.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah, 4(1).

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi dampak Work from Home (WFH) terhadap kinerja guru selama pandemi COVID-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100.

Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rokhani, C. T. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424-437.

Saifudin, A. (2010). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Saifudin, A. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saondi & Suherman. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.

Sekretariat Negara RI, Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2007.

Simarmata, R. M. (2020). Pengaruh Work From Home terhadap Produktivitas Dosen Politeknik Negeri Ambon. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(01), 73-82.

Subroto, S. (1997). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Surat Edaran Kemdikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, di unduh tanggal 28 Oktober 2020

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19)

Surat edaran wali kota tanjungpinang Nomor : 443.1/754/4.2.03/2020, tanggal 29 Mei 2020. Yaitu tentang Perpanjangan Tahap Keempat Penyesuaian Sistem Kerja Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Timbal, A. and Mustabsat, A. Flexibility or Ethical Dilemma: An Overview of the Work from Home Policies in Modern Organizations around the World, Human Resource Management International Digest, 24(7),2016

Undang-Undang Guru Dan Dosen, UU No 14 Tahun 2005

Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Sinar Grafika, 2003.

Uno, & Lamatenggo, TN. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, B. H & Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H. (2006). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

www.kemdikbud.go.id: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, edaran Nomor 19 tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.Tahun 2020, di unduh tanggal 27 oktober 2020.

Yamin, Martinis dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i2.13659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.