PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN BATANG GANSAL INDRAGIRI HULU

Masfufatul Hikmah, Kadar Kadar, Risnawati Risnawati

Abstract


penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Batang Gansal Indragiri Hulu. Tujuan yang 1. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan belajar siswa. 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. 3. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik penelitian ini dilakukan di lapangan dengan jumlah populasi 1445 siswa. Sample penelitian sebanyak 313 siswa tekhnik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui hasil awal pada penelitian kemudian menggunakan uji prasyarat, untuk hasil akhir menggunakan uji Regresi linier berganda dengan menggunakan uji F. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 67.182 > 0,05 sedangkan nilai signifikan 000 < 0,05 yang artinya nilai pengaruh keluarga dan peneratapn tata tertib sekolah lebih besar dari 0,05 dan nilai signifikan lebih rendah dari 0,05 maka ditarik kesimpulan Ha di terima dan H0 ditolak. Untuk mengetahui persentase dari perolehan hasil penelitian penulis menggunakan uji regresi berganda dengan melihat R Square sebesar 0,302 yang artinya sama dengan 30% terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa.

Keywords


Lingkungan Keluarga; Penerapan Tata Tertib; Kedisiplinan; Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Agus Wibowo, (2012), Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Andy Chandra dan Arihta Perangin Angin, (2017), Hubungan Perhatian Orang tua dan iklim Sekolah dengan Disiplin pada Siswa SMPN 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat, JURNAL PSYCOMUTIARA, (Vol. 1, No. 1, Tahun

Ania Susanti, DKK, (2018), Kiat-Kiat Orang Tua Tangguh Menjadikan Anaka Disiplin dan Bahagia, JURNAL TUNAS SILIWANGI, Vol. 4, No. 1, April

Ayi Lasturi Komala Ningrum, DKK, (2018), Peranan Penegakan Tata Tertib Sekolah Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Cisolok Kabupaten Suka Bumi, FOKUS, Vol. 1, No. 1, Januari

Departemen Agama RI, (2012), Al-Hikam Al-Qur’An dan Terjemah, (Bandung: Diponegoro

Desi Ulandari, DKK, (2019), Pelayanan Siswa yang Melanggar Tata Tertib Sekolah (Studi Pada Siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol. 4, No. 3

Erdina Indrawati dan Sri Rhimi, (2019), Fungsi Keluarga dan Self Kontrol Terhadap Remaja, IKRAITH-HUMANIORA, Vol. 3, No. 2 Juli

Erna Octavia, (2017), Analisis Pelaksanaan Sekolah Sebagai SaranaPembinaan Moran Di SMATaman Mulya Kecamatan Sungai Raya, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 1, Juni

Hadianti, (2008), Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib sekolah Terhadap Kedisiplinan belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 02, No. 01

Hartono, (2015), Statistk Untuk Penelitian, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, Cet. VII

Hasbullah, (2006), Dasar-Dasar Pendidikan,Edisi Revisi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Pers

Hendra Prasetia, (2019), Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Hak dan Kewajibab Siswa Sekolah Dasar SebagaiWarga Negara, Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, (Vol. 5, No. 2, Mei

Husman Jamil, (2014)Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan, ECONOMICA Jurnal Of Economic and Economic Education, Vol. 2, No.2

Ihsan, (2018), Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa, Nalar: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, Vol. 02, No. 01 Juni

Lailatul Fitri, (2013), Penerapan Layanan Informasi Tentang etika dan Disiplin di Sekolah untuk Mengurangi Pelanggaran tata Tertib pada Siswa SMP, Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, Vol. 1, No. 1

Leli Siti Hadianti, (2008), Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Srekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, (Vol. 02, No. 01

M.Syahran Jailani, (2014), Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No.2, Oktober

Maisarah, (2018), Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Ketidak disiplinan Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Ibnu Qoyyim, JURNAL RAUDAH, (Vol. 06, No. 01, Januari-Juni

Mardiyah, (2015), Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnak Kependidikan, Vol. III, No. 2, November

Muhammad Muhlis, (2016), Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SDN Limbangan, Syintax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 1, No. 4, Desember

Muhammad Rifa’i, (2011), Sosiologi Pendidikan: Struktur Interaksi Sosial di dalam Institusi Pendidikan, Cet. I (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Nada Febriani, DKK, (2013), Hubungan Antara Kualitas Kehidupan Sekolah Degan Kedisiplinan Siswa Kelas Berpindah Pada Kelas XII SMAN 3 Semarang, Jurnal Psikologi Undip, vol. 12, No. 02 Oktober

Siska Yuliantika, (2017), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Sisiwa, Jurnal Penddikan Ekonomi Undiksha, Vol. 9, No 1 Tahun

Sri Ipnuwati, (2014), Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Sangsi Pelanggaran Kedisiplinan Siswa Pada SMK PGRI 1 Kedondong, Jurnal Informatika, Vol. 14, No. 02, Desember

Suradi, (2017), Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah, BRILIANT, Jurnal Riset dab Konseptual, (Vol. 2, No. 4, November

Tumtum Kurniasih dan Sumaryati, (2014), Tingkat Kepatuhan Tata Tertib Sekolah Oleh Siswa Kelas VII SMP Mohammadiyah 5 Yogyakarta, Jurnal Citizenship, (Vol. 3, No.2, Januari

Wahyu Supriyanto dan Rini Iswandiri, (2012), Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi Untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi, Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, (Vol. 13, No.1, Juni

Weni Hulukati, (2015), Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak, MUSAWA, Vol. 7, No. 2, Desember

Yuli Yanti, (2017), Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa, Economic Education Analysis Journal, Vol. 6, No.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i1.12381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.